rumah di atas bukit

Tertarik membeli atau membangun rumah di atas bukit? Sebelum memutuskan, simak penjelasan berikut tentang keuntungan dan kerugiannya berikut ini.

Memiliki rumah impian memang bisa di mana saja. Ada orang yang memimpikan rumah di dekat pantai, atau di dekat mal, bahkan ada pula yang menginginkan rumah di atas bukit.

Umumnya, seseorang yang menginginkan tinggal di atas bukit karena merasa udara di perbukitan terasa lebih segar dan bersih.

Tidak hanya itu, memiliki rumah di daerah dataran tinggi tentu sangat menyenangkan karena dapat menikmati pemandangan yang indah dari ketinggian.

Nah, sebelum kamu membangun atau membeli sebuah rumah di dataran tinggi, ada baiknya untuk mencari tahu keunggulannya terlebih dahulu.

Keuntungan Rumah di Atas Bukit

1. Bukit Memiliki Energi yang positif

Menurut feng shui, memiliki rumah di perbukitan dapat menghadirkan energi yang positif dan baik bagi kehidupan kamu.

Hal ini dikarenakan posisi bukit yang berada di atas dapat menarik keberuntungan, kesuksesan hingga kekayaan.

Terlebih lagi, jika lingkungan di sekitar rumah kamu masih banyak yang tertutup pepohonan hijau atau mungkin hutan.

Sebaliknya, jika memiliki rumah di bagian dasar perbukitan, maka energi yang dihasilkan akan buruk karena mudah terkena banjir dan tanah longsor.

2. Tingkat Stres yang Rendah

Konon, memiliki rumah di atas bukit memiliki tingkat stres yang lebih rendah. Dilansir dari laman bbc.com, kamu yang tinggal di dataraan tinggi memiliki peluang lebih kecil terkena penyakit kronis.

Terutama bagi mereka yang tinggal di ketinggian sekitar 1.500-2.500 mdpl (meter di atas permukaan laut). Hal ini dikarenakan kualitas udara di perbukitan lebih baik daripada di perkotaan.

3. Jauh dari Polusi

Tentu kita ketahui, udara di atas bukit lebih bersih dibandingkan di daerah perkotaan. Udara di perbukitan jauh lebih sejuk dan segar daripada kota.

Hal ini tentu saja dikarenakan masih banyaknya pepohonan, sehingga dapat memproduksi udara segar alias oksigen yang lebih banyak.

Memiliki rumah di atas bukit juga membuat hidup kamu lebih merasa tenang, karena jauh dari kebisingan dan hiruk pikuk perkotaan.

Kamu hanya mendengar suara burung berkicau, gemericik air, serangga dan lainnya yang dapat membuat tubuh lebih rileks.

4. Pemandangan yang Lebih Indah

Hal yang paling menyenangkan tinggal di atas bukit adalah dengan pemandangan yang sangat cantik, baik saat malam hari dan ketika matahari terbit.

Di malam hari, kamu dapat melihat kerlap-kerlip lampu dari perkotaan, sedangkan ketika pagi hari, udara segar dengan pemandangan kabut.

5. Privasi Lebih Terjaga

Salah satu keuntungan lain tinggal di daerah perbukitan adalah dengan terjaminnya privasi penghuni. Hal ini dikarenakan akses menuju hunian cukup berat dan berliku.

Sehingga tidak banyak orang yang berlalu-lalang di kawasan rumah kamu, apalagi jarak ke rumah tetangga bisa jadi jauh.

Rumah di atas bukit

Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Membangun Rumah di Atas Bukit

1. Cari Tahu Syarat Membangun Rumah di Perbukitan

Sebelum membangun, cari tahu tentang ketentuan dan batasan dalam membangun rumah di area berbukit.

Misalnya mengenai ketinggian maksimal rumah, jarak rumah dengan tebing, hingga batasan dalam mendesain supaya tidak merusak lingkungan.

2. Pastikan Area Lahan Aman untuk Berbagai Akses

Rumah di perbukitan harus berada di lokasi yang aman untuk akses listrik, air PAM hingga kabel telepon. Hal ini tentu untuk memudahkan kamu nantinya.

Selain itu, akses jalan yang mudah pun harus kamu pertimbangkan, baik akses roda dua atau pun roda empat.

3. Cari Informasi Tentang Kontur Tanah

Sebelum membangun rumah di perbukitan, cari tahu area tersebut apakah memiliki kemiringan yang cukup ekstrem atau rawan bencana.

Tidak hanya itu, cari tahu jenis tanah di area tersebut, apakah cenderung kering, berbatu, lembek atau berlumpur dan kurang stabil.

4. Kondisi Air

Area pegunungan atau perbukitan tidak terlepas dari kekeringan, terutama musim kemarau sehingga air sangat terbatas.

Nah, pastikan area perbukitan yang akan kamu bangun memiliki ketersediaan air yang cukup untuk kebutuhan sehari-hari.

Itulah beberapa tips bagaimana membangun rumah di atas bukit serta keuntungan memiliki hunian di dataran tinggi.

Situs properti Rumah123.com selalu menghadirkan artikel dan tips menarik mengenai properti, desain, hukum, hingga gaya hidup.

Saatnya kamu memilih dan mencari properti terbaik untuk tempat tinggal atau investasi properti seperti The Grand Stand Apartemen.

Bagikan:
1230 kali