OK

Lokasi Rawan Longsor di Indonesia Terbanyak Ada di Pulau Jawa, Kawasan Mana Saja?

07 Februari 2023 · 2 min read · by Gadis Saktika

Lokasi Rawan Longsor

Badan Geologi Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) mengatakan bahwa ada 75 persen di Pulau Jawa yang menjadi lokasi rawan longsor di Indonesia. Data tersebut dihimpun sepanjang 2022 di Pulau Jawa.

Melansir dari liputan6.com, Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dari Badan Geologi Kementerian ESDM menyebutkan bahwa rincian daerah yang terjadi tanah longsor tersebut adalah 401 kejadian di Jawa Tengah, 250 di Jawa Barat, dan 120 di Jawa Timur.

Menurut Kepala PVMBG Badan Geologi Kementerian ESDM, Hendra Gunawan, total kejadian adalah 1.085 tanah longsor mengakibatkan 208 orang meninggal dunia, 2.030 pengungsi dan 2.043 rumah rusak.

“Lima lokasi rumah rusak terbanyak karena tanah longsor berada di Maluku yang terdiri dari longsor dan banjir, disusul Jawa Barat, Jawa Tengah, Banten dan Sumatera Utara. Kemudian lima lokasi korban tewas karena longsor, terbanyak ada di Jawa Barat. Termasuk dalam hal ini karena gempa Cianjur, kemudian di Kalimantan Barat karena tambang rakyat, di Kalimantan Selatan karena tambang rakyat dan lainnya ada di Sumatera Barat serta di Jawa Tengah,” ujar Hendra ditulis Bandung, Senin (6/2/2023).

Lokasi Rawan Longsor di Jawa Barat

longsor

Untuk Provinsi Jawa Barat, Koordinator Mitigasi Gerakan Tanah PVMBG, Badan Geologi Kementerian ESDM, Sumaryono mengemukakan bahwa kawasan yang paling rawan terjadi gerakan tanah adalah di Kawasan Cianjur, Bogor, Majalengka dan Kuningan.

“Yang paling tinggi itu adalah Cianjur dan Bogor di Jawa Barat. Di Cianjur itu di jalur Cugenang – Ciloto itu kategori tinggi rawan gerakan tanah, makanya longsoran pada waktu itu kan kejadiannya disitu – situ saja. Baik akibat gempa maupun curah hujan tinggi, Puncak Bogor hingga Cianjur tuh sangat tinggi terjadinya tanah longsor,” kata Sumaryono.

Banjarnegara dan Brebes Rawan Gerakan Tanah

Sementara untuk Provinsi Jawa Tengah, disebutkan lokasi rawan gerakan tanah paling tinggi berada di Kawasan Banjarnegara dan Brebes.

Untuk Provinsi Jawa Timur dilaporkan, kejadian tanah longsor terahir berada di Songgokerto, Batu, Kota Batu, Jawa Timur pada Kamis, 29 Desember 2022 pukul 23.30 WIB.

“Penyebabnya adalah saat curah hujan yang tinggi terjadi pelapukan tanah, kemiringan lereng yang terjal dipicu oleh pemotongan lereng yang tidak sesuai,” tulis Peneliti Gerakan Tanah Badan Geologi Kementerian ESDM, Iqbal Eras Putra.

***

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu, ya.

Baca juga informasi menarik lainnya seputar kabar properti hanya di artikel.rumah123.com.

Ikuti terus akun Google News kami untuk mendapatkan berita terbaru, ya.

Sedang mencari rumah di Bogor? Bisa jadi, The Mansion Jasmine Boulevard adalah pilihan terbaikmu.

Yuk, cek selengkapnya di Rumah123.com dan dapatkan berbagai penawaran menarik lainnya karena kami selalu #AdaBuatKamu.


Tag: , ,