gunung semeru

Erupsi Gunung Semeru yang terjadi membuat panik warga di sekitarnya. Menariknya, banyak pihak mengaitkan kejadian ini dengan Ramalan Jayabaya.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), juga mencatat erupsi Gunung Semeru, Lumajang Jawa Timur, kembali terjadi pada Senin (6/12/2021) pukul 07.53 WIB.

Dilansir dari CNNIndonesia, erupsi ini meluncurkan awan panas 2,5 km dari pusat guguran mengarah ke wilayah Besuk Kobokan.

Namun, tahukah kamu bila gunung tertinggi di Pulau Jawa ini punya riwayat letusan yang panjang lo.

Riwayat Gunung Semeru Meletus

gunung semeru

Mengutip dari laman Okezone.com, setidaknya gunung dengan puncak bernama Mahameru itu memiliki sejarah panjang letusannya.

Hal tersebut seperti dijelaskan oleh Plt Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari.

Semeru telah meletus sejak tahun 1818 hingga 1913, namun tidak banyak informasi yang dapat terdokumentasi.

Kemudian, sejumlah aktivitas vulkanik tercatat beruntun terjadi pada tahun 1945 hingga 1960. Gunung Semeru juga tercatat meletus beberapa kali pada bulan Mei tahun tahun 2008.

Semeru kembali erupsi dan memakan korban meninggal sebanyak 14 jiwa serta 35 orang mengalami luka berat. Hal ini seperti dilansir dari tribunnews.com.

Gunung Semeru dan Ramalan Jayabaya

gunung semeru

Menariknya, di balik erupsi Semeru ada banyak orang yang mengakitkannya dengan Ramalan Jayabaya.

Dirangkum dari berbagai sumber, Raja Kediri abad ke-12 itu meramalkan bahwa wilayah Pulau Jawa suatu saat akan terbelah.

Untuk diketahui, Gunung Semeru merupakan gunung berapi tertinggi ketiga di Indonesia. Jadi, bila melihat dahsyatnya letusan dianggap dapat membelah Jawa.

Ramalan Jayabaya mengenai Pulau Jawa tersebut juga dikaitkan dengan aktivitas vulkanik di Gunung Slamet. Lokasi Gunung Semeru dan Gunung Slamat berada di tengah-tengah Pulau Jawa.

Apalagi, gunung dengan ketinggian 3.428 mdpl itu berada di lima kabupaten di Jawa Tengah, yakni Brebes, Banyumas, Purbalingga, Pemalang dan Tegal.

Kendati demikian, hingga saat ini mitos Ramalan Jayabaya tersebut belum dapat dibuktikan secara nyata dan ilmiah.

Itulah cerita mengenai meletusnya Gunung Semeru dan kisah Ramalan Jayabaya, yang menjadi mitos di tengah masyarakat.

Rumah123.com pernah membahas mengenai mitos yang dikenal orang Indonesia seperti mitos Ratu Pantai Selatan.

Situs properti Rumah123.com selalu menghadirkan artikel dan tips menarik mengenai properti, desain, hukum, hingga gaya hidup.

Saatnya kamu memilih dan mencari properti terbaik untuk tempat tinggal atau investasi properti seperti Azalea Residence.

Bagikan:
478 kali