OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

5 Kultum Singkat tentang Adab dan Akhlak, Sampaikan di Bulan Ramadan!

27 Februari 2024 · 6 min read Author: Alya Zulfikar · Editor: Bobby Agung Prasetyo

kultum singkat tentang adab dan akhlak

kultum singkat tentang adab dan akhlak | ibnu alias / Shutterstock

Adab dan akhlak adalah salah satu hal yang penting ditanamkan pada generasi muda. Guna memupuk itu, berikut contoh kultum singkat tentang adab dan akhlak!

Kultum adalah ceramah atau dakwah secara singkat yang merupakan singkatan dari (kuliah tujuh menit), meskipun tidak harus diadakan selama 7 menit.

Tema ceramah yang disampaikan dalam kultum sangatlah luas, bisa tentang rasa syukur, ketakwaan, keimanan, hingga tentang adab dan akhlak.

Apakah kamu hendak menyampaikan kultum tentang adab dan akhlak?

Yuk, jadikan kultum singkat tentang adab dan akhlak berikut ini sebagai referensi!

Kultum Singkat tentang Adab dan Akhlak

1. Adab dan Akhlak terhadap Guru

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Hadirin yang saya hormati,

Pernahkah kita terbayang bagaimana susahnya belajar tanpa guru? Bagaimana kita bisa membaca, menulis, dan memahami berbagai ilmu pengetahuan tanpa bimbingan mereka? Guru adalah lentera yang menerangi jalan kita menuju ilmu dan kebijaksanaan. Oleh karena itu, sudah sepatutnya kita menghormati dan memuliakan mereka.

Adab dan akhlak terhadap guru merupakan pondasi penting dalam menuntut ilmu. Berikut beberapa contohnya:

  1. Menjaga sopan santun dan ucapan
  • Memberi salam dan menyapa dengan ramah
  • Mendengarkan dengan seksama saat guru mengajar
  • Bertanya dengan sopan dan tidak menyela pembicaraan guru
  • Menghindari berkata kasar atau membantah guru
  1. Menunjukkan rasa hormat dan penghargaan
  • Berdiri saat guru memasuki ruangan
  • Memperhatikan penampilan saat berada di kelas
  • Menyelesaikan tugas tepat waktu dan dengan maksimal
  • Mengucapkan terima kasih atas ilmu yang diberikan
  1. Menjaga sikap dan perilaku
  • Duduk dengan tenang dan rapi saat di kelas
  • Tidak mengganggu teman saat belajar
  • Menjaga kebersihan dan kerapian kelas
  • Menjadi contoh yang baik bagi teman-teman lainnya

Hadirin yang berbahagia,

Guru adalah orang tua kedua kita di sekolah. Mereka telah berjasa dalam mengantarkan kita menuju gerbang kesuksesan. Oleh karena itu, marilah kita teladani adab dan akhlak yang baik terhadap guru. Dengan begitu, ilmu yang kita peroleh akan menjadi berkah dan manfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

2. Adab dan Akhlak kepada Orang Tua

kultum singkat tentang adab dan akhlak kepada orang tua

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Hadirin yang saya hormati,

Surga di bawah telapak kaki ibu. Ungkapan ini bukan sekadar kalimat indah, tapi mengandung makna yang mendalam tentang pentingnya menghormati dan memuliakan orang tua. Orang tua adalah sosok yang telah berjasa melahirkan, membesarkan, dan mendidik kita dengan penuh kasih sayang.

Adab dan akhlak terhadap orang tua merupakan perintah Allah Swt.. Dalam Al-Qur’an surat An-Nisa ayat 36, Allah berfirman:

“Dan sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun. Dan berbuat baiklah kepada kedua orang tuamu…”

Berikut beberapa contoh adab dan akhlak terhadap orang tua:

  • Menundukkan pandangan dan berbicara dengan lemah lembut
  • Mentaati perintah mereka selama tidak maksiat kepada Allah
  • Membantu pekerjaan mereka dengan senang hati
  • Mendoakan mereka agar selalu sehat dan dipanjangkan umurnya
  • Menjaga nama baik mereka dan tidak membuat mereka malu

Hadirin yang berbahagia,

Orang tua adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Pengorbanan dan kasih sayang mereka kepada kita tidak ternilai harganya. Oleh karena itu, marilah kita teladani adab dan akhlak yang baik terhadap orang tua. Semoga Allah Swt. meridai dan membalas kebaikan mereka dengan pahala yang berlimpah.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

3. Adab dan Akhlak Seorang Pemuda dalam Islam

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Hadirin yang berbahagia,

Masa muda merupakan masa yang penuh dengan semangat dan energi. Di masa ini, pemuda didorong untuk menjadi agen perubahan dan pembawa kebaikan bagi bangsa dan agama. Namun, semangat dan energi tersebut perlu diimbangi dengan adab dan akhlak yang mulia, sebagaimana diajarkan dalam Islam.

Pertama, pemuda Islam haruslah beriman dan bertaqwa kepada Allah Swt.. Hal ini menjadi landasan utama dalam berperilaku dan bertindak. Pemuda yang beriman akan selalu ingat kepada Allah dalam setiap langkahnya, dan senantiasa berusaha untuk melakukan kebaikan.

Kedua, pemuda Islam haruslah berakhlak mulia. Akhlak mulia meliputi berbagai sifat terpuji, seperti jujur, adil, amanah, bertanggung jawab, rendah hati, dan saling menghormati. Dengan berakhlak mulia, pemuda akan menjadi contoh dan panutan bagi orang lain.

Ketiga, pemuda Islam haruslah memiliki ilmu pengetahuan yang luas. Ilmu pengetahuan akan menjadi bekal bagi pemuda untuk berkarya dan membangun bangsa. Pemuda Islam haruslah rajin belajar dan menuntut ilmu, baik ilmu agama maupun ilmu umum.

Keempat, pemuda Islam haruslah aktif dan kreatif. Pemuda tidak boleh berdiam diri dan berpangku tangan. Mereka haruslah aktif dalam berbagai kegiatan positif dan kreatif, baik dalam bidang agama, sosial, maupun budaya.

Kelima, pemuda Islam haruslah menjadi pembawa dakwah Islam. Dakwah tidak harus dengan cara berceramah di atas mimbar. Pemuda dapat berdakwah dengan cara yang sederhana, seperti dengan menjadi contoh yang baik bagi orang lain, dan menyebarkan nilai-nilai Islam melalui media sosial.

Marilah kita bersama-sama membangun generasi muda Islam yang beradab dan berakhlak mulia. Generasi muda yang akan menjadi penerus bangsa dan agama yang membawa rahmat bagi seluruh alam.

Semoga Allah Swt. membimbing kita semua.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

4. Adab dan Akhlak Penuntut Ilmu

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Hadirin yang berbahagia,

Menuntut ilmu merupakan sebuah kewajiban bagi setiap muslim. Dalam prosesnya, adab dan akhlak menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Berikut adalah beberapa adab dan akhlak yang harus dimiliki oleh seorang penuntut ilmu:

Pertama, niat yang ikhlas. Menuntut ilmu haruslah diniatkan karena Allah Swt., bukan untuk mencari kedudukan, harta, ataupun pujian manusia.

Kedua, menghormati guru. Guru adalah orang yang berjasa dalam menyampaikan ilmu. Oleh karena itu, seorang penuntut ilmu haruslah menghormati gurunya dengan cara bersikap sopan, santun, dan mendengarkan dengan seksama.

Ketiga, rajin dan tekun belajar. Menuntut ilmu membutuhkan ketekunan dan kesabaran. Seorang penuntut ilmu haruslah rajin belajar dan tidak mudah menyerah.

Keempat, berlapang dada dan menerima kritik. Seorang penuntut ilmu haruslah berlapang dada dan menerima kritik dengan baik. Kritik merupakan masukan yang dapat membantu kita untuk menjadi lebih baik.

Kelima, beramal dengan ilmu. Ilmu yang dipelajari haruslah diamalkan dan dibagikan kepada orang lain. Dengan beramal, ilmu akan menjadi lebih bermanfaat dan berkah.

Semoga Allah Swt. memberikan kemudahan kepada kita semua dalam menuntut ilmu.

Amin.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

5. Adab dan Akhlak Rasulullah

kultum singkat tentang adab dan akhlak rasulullah

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Hadirin yang berbahagia,

Rasulullah saw. diutus Allah Swt. bukan hanya sebagai pembawa wahyu, tetapi juga sebagai teladan terbaik bagi umat manusia. Beliau memiliki akhlak mulia yang patut kita contoh dalam kehidupan sehari-hari.

Pertama, beliau selalu rendah hati. Beliau tidak pernah sombong meskipun beliau adalah pemimpin tertinggi umat Islam. Beliau selalu bersikap ramah dan sopan kepada semua orang, bahkan kepada orang yang berbeda keyakinan.

Kedua, beliau selalu memaafkan orang lain. Beliau tidak pernah menyimpan dendam meskipun beliau pernah disakiti. Beliau selalu mengajarkan umatnya untuk saling memaafkan dan berlapang dada.

Ketiga, beliau selalu berkata jujur. Beliau selalu berkata benar dalam segala hal, bahkan dalam hal yang kecil sekalipun. Beliau tidak pernah berbohong atau menipu orang lain.

Keempat, beliau selalu menjaga kebersihan. Beliau selalu menjaga kebersihan diri, pakaian, dan tempat tinggalnya. Beliau juga mengajarkan umatnya untuk menjaga kebersihan karena kebersihan adalah sebagian dari iman.

Hadirin yang berbahagia,

Marilah kita bersama-sama meneladani adab dan akhlak Rasulullah saw. dalam kehidupan sehari-hari. Dengan meneladani beliau, Insya Allah kita akan menjadi pribadi yang lebih baik dan dicintai oleh Allah Swt..

Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

***

Itulah contoh kultum singkat tentang adab dan akhlak.

Kunjungi artikel.rumah123.com untuk membaca artikel menarik lainnya.

Kamu juga bisa mengikuti Rumah123 di Google News agar tidak ketinggalan informasi terbaru.

Jika sedang mencari hunian, temukan rekomendasi terbaiknya di Rumah123 karena #SemuaAdaDisini!


Tag: , ,


alya

Content Writer

Berkarier di dunia kepenulisan sejak 2018 sebagai penulis lepas. Kini menjadi penulis di 99 Group dengan fokus seputar gaya hidup, properti, hingga teknologi. Gemar menulis puisi, memanah, dan mendaki gunung.
Selengkapnya