OK
logo rumah123
logo rumah123
Iklankan Properti

Warga Korban Gempa Cianjur akan Segera Dapat Rumah Baru. Berteknologi RISHA!

28 Maret 2023 · 3 min read · by Gadis Saktika

rumah bekas gempa cianjur

sumber: betv.disway.id

Pemerintah akan mempercepat proses pembangunan Hunian Tetap (Huntap) Relokasi Tahap II kepada masyarakat korban gempa Cianjur, Jawa Barat.

Melansir dari kompas.com, kabarnya pembangunan di Desa Murnisari, Kecamatan Mande itu menggunakan teknologi rumah instan sederhana sehat (RISHA) sebanyak 151 unit.

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto menyampaikan, pada pekan lalu, dari target 151 unit yang akan dibangun, sudah ada 142 unit yang secara struktur bangunan sudah berdiri, tertutup atap, dinding, serta lengkap dengan pintu dan jendela.

“Jadi kami juga berharap Huntap Tahap II ini bisa segera selesai dan tinggal penyelesaian akhir sehingga Lebaran nanti masyarakat bisa berkumpul bersama keluarga di rumah yang baru,” tuturnya dalam keterangan resmi dikutip dari laman Ditjen Perumahan, Senin (27/03/2023).

Gunakan Teknologi Rumah Tahan Gempa

Hunian yang dibangun dengan tipe 36 dan luas kaveling 75 meter persegi tersebut tetap menggunakan teknologi rumah tahan gempa yakni RISHA yang merupakan hasil inovasi Kementerian PUPR.

Selain itu, kompleks perumahan yang berada di belakang Kantor Kecamatan Mande tersebut juga akan dilengkapi dengan berbagai prasarana penunjang seperti

  • mushala;
  • balai warga;
  • taman; serta
  • penanaman pohon penghijauan.

Iwan menghimbau, pembangunan Huntap tersebut harus mendapat perhatian karena masih banyak warga yang mengungsi di tenda.

Hal tersebut tentunya akan menimbulkan dampak lain misalnya penyakit yang dapat menggung kesehatan para pengungsi, khususnya anak-anak dan orang tua atau lanjut usia.

Dia pun mengajak semua pihak untuk melihat pembangunan Huntap untuk para pengungsi bukan sebagai sebuah proyek tapi merupakan operasi kemanusiaan yang membutuhkan penanganan yang cepat dan tepat.

Diharapkan Pengungsi Bisa Segera Dapat Bantuan

perumahan

Sumber: prfmnews.pikiran-rakyat.com/Antara

Oleh karena itu, Kementerian PUPR berharap dukungan dan kolaborasi dari semua pihak yang terlibat penanganan pasca-bencana di Kabupaten Cianjur agar para pengungsi bisa segera mendapatkan bantuan dan tempat tinggal yang layak huni.

“Saya juga berjanji agar para pengungsi di Kabupaten Cianjur bisa segera menempati Huntap Relokasi Tahap II ini secepatnya sehingga mereka bisa Lebaran di rumah baru,” ucap dia.

Sebelumnya, Ditjen Perumahan Kementerian PUPR telah menyelesaikan pembangunan Huntap Tahap I sebanyak 200 unit untuk warga terdampak gempa yang berlokasi di Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku.

“Untuk Huntap Tahap I proses pembangunannya dimulai sejak tanggal 1 Desember 2022 atau sekitar 10 hari setelah gempa bumi terjadi dan saat ini sudah mulai dihuni oleh masyarakat,” tutup Iwan.

***

Semoga bermanfaat untukmu, ya, Property People!

Temukan artikel menarik lainnya hanya di artikel.rumah123.com.

Cek juga informasi terkini seputar properti dan gaya hidup di Google News Rumah123.

Dapatkan kemudahan untuk memenuhi kebutuhan properti seperti The Parc, karena Rumah123.com akan selalu #AdaBuatKamu.


Tag: , ,