OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Demi Bangun Infrastruktur Digital, Kominfo Ajak Desa untuk Bersinergi

31 Agustus 2023 · 3 min read Author: Emier Abdul Fiqih P

pembangunan infrastruktur digital di indonesia

sumber: postel.go.id

Dengan program prioritas membangun infrastruktur digital yang tengah dijalankan, ada satu permintaan Kominfo kepada seluruh desa di Indonesia. Apakah itu? Simak selengkapnya di bawah ini!

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) terus melakukan terobosan dalam transformasi digital di Indonesia, termasuk desa-desa terpencil.

Salah satunya adalah dengan membangun infrastruktur digital.

Pasalnya, infrastruktur yang ada saat ini belumlah cukup untuk mendukung kebutuhan sekaligus mengatasi masalah teknologi informasi dan komunikasi yang dirasakan masyarakat di desa-desa terpencil.

Lantas, langkah apa saja yang berusaha dilakukan oleh Kemenkominfo?

Dihimpun dari laman ekonomi.republika.com, inilah berita selengkapnya!

Empat Target Utama Pembangunan Digital

budi arie soal infrastruktur digital

sumber: news.detik.com

Menkominfo Budi Arie Setiadi mengungkapkan bahwa ada empat target utama pembangunan infrastruktur digital yang kini tengah dijalankan.

Keempat target tersebut antara lain mendukung layanan kesehatan, pendidikan, keamanan, serta pemerintahan desa.

“Untuk mewujudkan Indonesia yang maju, maka harus dimulai dari desanya terlebih dahulu. Oleh karenanya, infrastruktur digital juga memiliki peranan guna mendukung kemajuan sebuah desa,” ujar Budi seperti yang dikutip dari laman ekonomi.republika.com pada Selasa (29/08/2023).

Menurutnya, tujuan pemerintah menjalan program prioritas membangun infrastruktur digital adalah agar digitalisasi di desa bisa berjalan baik.

Tantangan yang Dihadapi Pemerintah

pembangunan infrastruktur digital indonesia

sumber: Tempo/Tony Hartawan

Meski begitu, Budi Arie mengakui bahwa ada beberapa tantangan yang harus dihadapi pemerintah dalam melaksanakan pembangunan infrastruktur digital.

Hal ini ia sampaikan langsung ketika melakukan diskusi bersama masyarakat dan kepala desa se-Provinsi Riau di Rumah Adat Sakai, Kabupaten Bengkalis, Riau.

“Kalau mau Riau maju, berarti desanya harus maju. Begitu juga Kabupaten Bengkalis, desanya maju pasti kabupatennya maju. Jadi, keluhan-keluhan yang ada saat ini akan segera kami tindaklanjuti karena infrastruktur digital punya peranan penting,” tutur Budi.

Lebih lanjut, Menkominfo juga mendengarkan keluhan yang disampaikan sejumlah masyarakat dan beberapa kepala desa terkait kendala mengenai teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di masing-masing daerah.

“Saya akan menindaklanjuti persoalan-persoalan yang dihadapi desa sekaligus memberi masukan kepada kepala desa agar persoalan yang ada terkait digitalisasi bisa teratasi,” lanjutnya.

Saat ini, Kemenkominfo sendiri tengah menyiapkan beberapa solusi untuk menyiapkan beberapa solusi untuk pemerataan infrastruktur digital, khususnya di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T).

“Selain pembangunan BTS, kami juga akan menggunakan satelit. Kesenjangan, bukan ketiadaan. Jadi, ini pentingnya pemerintah untuk ikut campur, intervensi, turut serta dalam proses percepatan pembangunan terutama di wilayah pedesaan yang dinilai kurang menguntungkan swasta. Karena itulah, pemerintah hadir,” imbuh Budi.

***

Semoga artikel di atas dapat bermanfaat, ya!

Pantau terus berita infrastruktur terbaru hanya di artikel.rumah123.com dan Google News kami!

Wujudkan impian miliki hunian dambaan bersama Rumah123.com, karena kami pasti #AdaBuatKamu.


Tag: , ,


Emier Abdul Fiqih P

Content Writer

Menjadi penulis di 99 Group sejak 2022 yang berfokus pada artikel properti, gaya hidup, dan teknologi. Lulusan S2 Linguistik UPI ini sempat berprofesi sebagai copy editor dan penyunting buku. Senang menonton film dan membaca novel di waktu senggang.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA