OK

Jembatan Khusus untuk Pejalan Kaki dan Pengendara Sepeda, Ini Cara Belanda Menghargai Moda Transportasi Bebas Polusi

02/02/2022 by Dodiek Dwiwanto

jembatan khusus untuk pejalan kaki dan pengendara sepeda

Jembatan yang Didesain oleh NEXT Architects dan Rudy Uytenhaak Architectenbureau (Rumah123/Dezeen)

Jembatan khusus pejalan kaki dan pengendara sepeda? Tidak usah heran, apalagi Belanda memang surga bagi mereka yang doyan gowes kereta angin.

Dua biro arsitek yang berkantor pusat di Amsterdam, Belanda, NEXT Architects dan Rudy Uytenhaak Architectenbureau berkolaborasi.

Kedua firma ini membangun sebuah jembatan khusus untuk pejalan kaki dan pengendara sepeda, keren ya ada akses istimewa

Jembatan tersebut yang berada di kota Utrecht, Belanda ini akan melintasi kanal Amsterdam-Rhine.

Namun, yang unik justru akses jalan menuju jembatan khusus untuk pejalan kaki dan pengendara sepeda itu melewati bagian atap sebuah sekolah.

NEXT Architects dan Rudy Uytenhaak Architectenbureau mendesain sebuah rancangan integrasi antara akses pejalan kaki, pengguna sepeda, jembatan, sekolah, serta taman umum.

Dua biro arsitek ini bekerja sama dengan konsultan teknik sipil asal Inggris, Arup dan konsultan lanskap Belanda, Bureau B+B untuk mendesain kawasan ini.

Jembatan Khusus untuk Pejalan Kaki dan Pengendara Sepeda yang Unik

Infrastruktur ini memiliki bentang panjang sekitar 110 meter. Jembatan ini memiliki nama Dafne Schippers Bridge.

Jembatan ini berdiri di atas ketinggian 9 meter. Ada tiang besar setinggi 35 meter yang menyangga jembatan pada salah satu sisi.

Fasilitas ini menghubungkan kawasan Oong dan Leidsche Rijn. Jembatan khusus pejalan kaki dan pengendara sepeda ini dirancang bisa menampung 7.000 pengendara sepeda setiap hari.

Keberadaan jembatan ini diharapkan bisa memberikan akses yang lebih baik bagi pengendara sepeda menuju pusat kota Utrecht.

Belanda memang negara yang memiliki pengendara sepeda dalam jumlah banyak, beda dengan Indonesia yang mempunyai motor lebih banyak.

Sebanyak 20 persen dari 17 juta penduduknya suka menggunakan sepeda. Di Negeri Kincir Angin ini malah ada 18 juta sepeda!

Hmm, tidak usah heran kalau ada jembatan khusus pejalan kaki dan pengendara sepeda di Belanda, tentunya hal biasa.

Jangan lupa membaca artikel Rumah123.com untuk mendapatkan berita, tips, atau panduan yang menarik mengenai properti, desain, hukum, hingga gaya hidup.

Laman ini juga memudahkan bagi para pencari properti, penjual properti, hingga sekadar mengetahui informasi, karena Rumah123.com memang #AdaBuat Kamu.

Saatnya kamu memilih dan mencari properti terbaik untuk tempat tinggal atau investasi properti, hanya di Rumah123.com dan 99.co.


Tag: , ,


Dodiek Dwiwanto

Dodiek Dwiwanto

Penulis sekaligus Editor Rumah123.com. Hobi menonton tayangan desain rumah dan gaya hidup di HGTV saat senggang.

Lagi mencari tahu dan belajar soal investasi saham properti dan crowdfunding. Siapa tahu jadi investor.