gaji pembantu rumah tangga

Pembantu rumah tangga merupakan pekerja yang sangat berjasa membantu segala urusan rumah mulai dari bersih-bersih hingga memasak makanan.

Mau rumah berukuran kecil maupun besar, peran pembantu rumah tangga tetap diperlukan guna mempermudah peran istri dalam sebuah rumah tangga.

Bagi keluarga muda yang baru melangsungkan pernikahan, kadang sering mengalami kendala dalam mencari pembantu dan menentukan gaji yang sesuai.

Nah, kalau kamu sedang mengalami hal tersebut gak usah khawatir lagi.

Sebab kami sudah memiliki sedikit informasi mengenai nominal gaji pembantu yang menginap maupun pulang pergi.

Yuk langsung saja kita simak daftar lengkapnya berikut ini.

Gaji pembantu rumah tangga menginap

Gaji pembantu 1 (Tempo)

Pembantu rumah tangga yang memilih menginap di rumah majikannya tentunya memiliki nominal gaji yang relatif lebih besar ketimbang pembantu pulang pergi setiap harinya.

Selain harus mengorbankan banyak waktu, pembantu yang menginap di rumah majikannya juga harus rela jauh dari keluarga di tempat tinggalnya.

Melansir Pembantu.com, untuk rata-rata gaji pembantu rumah tangga yang menginap berada di kisaran Rp2 juta hingga Rp2,5 juta per bulan di Jakarta.

Sedangkan untuk beberapa daerah lain seperti di Bandung, Surabaya, Semarang berada di angka Rp2 juta dan di Medan sebesar Rp1,7 jutaan.

Namun yang perlu diketahui adalah terdapat banyak faktor yang mempengaruhi nominal gaji pembantu mulai dari lokasi, besar rumah, tanggung jawab pembantu, pengalaman dan persetujuan kedua belah pihak.

Gaji pembantu rumah tangga pulang pergi

Gaji pembantu 2 (Liputan6)

Terdapat beberapa alasan mengapa seorang majikan serta pembantu rumah tangga memilih untuk menggunakan sistem pulang pergi mulai dari keterbatasan waktu, keinginan pembantu yang sudah memiliki keluarga hingga angka gaji yang relatif lebih terjangkau.

Untuk gaji pembantu rumah tangga pulang pergi sendiri berada di kisaran sekitar Rp50 ribu hingga Rp200 ribu tergantung berbagai faktor yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Walaupun bersifat pulang pergi, biasanya terdapat pembantu rumah tangga yang memilih datang di waktu tertentu saja.

Misalkan dalam seminggu cukup datang sebanyak 3 atau 4 kali.

Sehingga pendapatan yang didapatkan oleh pembantu rumah tangga pulang pergi dalam sebulan minimal sekitar Rp600 ribu per bulan (Rp50 ribu x 3 (hari) x 4 (minggu)).

Nominal tersebut bisa didapatkan di beberapa kota besar di Tanah Air serta daerah penunjangnya.

Hak-hak yang dimiliki oleh seorang pembantu rumah tangga

Gaji pembantu 3 (Berita Satu)

Layaknya pekerja kantoran yang memiliki hak dalam bekerja, seorang pembantu rumah tangga pun memiliki hak-hak yang harus dihormati dan dilindungi oleh para majikannya.

Berikut ini adalah beberapa hak yang harus diperhatikan:

- Jam kerja maksimal 8 jam per hari (dapat disesuaikan) - Cuti (sesuai perjanjian kedua belah pihak) - Tanggal pembayaran gaji - Tunjangan Hari Raya (wajib) - Keselamatan kerja - Tunjangan sehari-hari (disesuaikan)

Itulah beberapa hak yang harus diberikan oleh majikan kepada pembantu rumah tangga.

Gak jarang kita mendengar informasi atau berita di televisi tentang penganiayaan kepada pembantu karena pemilih rumah yang tidak bertanggung jawab atau sekedar emosi sesaat.

Jika kamu mengetahui terdapat penganiayaan seperti itu, bisa langsung melaporkan ke RT atau RW setempat untuk nantinya mencari solusi terbaik bagi kedua belah pihak.

Nah, itulah sedikit informasi mengenai nominal gaji pembantu rumah tangga yang perlu kamu ketahui.

Jika kamu sedang mencari rumah, apartemen, tanah atau yang lainnya di marketplace properti tepercaya dan aman, bisa mengunjungi laman Rumah123.com untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Dan jangan sampai ketinggalan untuk mendapatkan berita dan tips terbaru mengenai dunia properti dalam negeri serta mancanegara di artikel Rumah123.com.

Bagikan:
364 kali