OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Mudik Lebaran 2023, Kondisi Jalan Nasional di Pulau Jawa Siap 90%

28 Maret 2023 · 3 min read Author: Nik Nik Fadlah

jalan di pulau jawa

Kondisi sejumlah jalan nasional di Pulau Jawa sudah mantap menjelang arus mudik Lebaran tahun 2023. Berikut daftar jalan tol yang akan digunakan!

Setelah beberapa kali terhenti karena pandemi, pemerintah pun kembali melaksanakan mudik Lebaran di tahun 2023 ini. 

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Bina Marga telah mengambil peran secara langsung untuk mendukung operasional dan kondisi jalan. 

Tujuannya, agar kegiatan arus mudik berjalan lancar. 

Hedy Rahadian selaku Direktur Jenderal Bina Marga mengatakan, dalam upaya mendukung kelancaran arus lalu lintas, Kementerian PUPR telah menyiapkan sejumlah upaya. 

“Pertama melalui dukungan kondisi operasional dan kemantapan jalan serta Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP/rest area), kemudian dukungan operasional manajemen lalu lintas, serta dukungan untuk kenyamanan pengguna jalan,” kata Hedy dikutip dari laman Kompas.com pada (27/03/2023). 

Setidaknya, terdapat sejumlah jalan nasional di Pulau Jawa yang telah siap menghadapi arus mudik 2023. Berikut rinciannya!

Kondisi Jalan Nasional di Pulau Jawa Jelang Arus Mudik 2023

jalan nasional di pulau jawa

Sumber: Okezone.com

Sebagai informasi, jalan nasional di Pulau Jawa memiliki panjang sekitar 4.821 km dan terbagi atas Lintas Utara Jawa sepanjang 1.192 km.

Untuk kondisinya sendiri, jalan tersebut sudah mantap 92 persen. 

Sedangkan, Jalan Lintas Pantai Selatan Jawa sepanjang 1.543 kondisinya sudah mantap sekitar 93 persen. 

Penambahan Ruas Tol 

Lebih lanjut, Hedy menjelaskan, untuk mendukung kelancaran arus mudik Lebaran 2023, pihak Bina Marga telah menambahkan sejumlah ruas tol. 

“Untuk mendukung kelancaran arus mudik Lebaran 2023, upaya yang dilakukan diantaranya dengan penambahan ruas tol operasi di Pulau Jawa,” jelas Hedy.

Adapun beberapa ruas tol yang operasionalnya akan ditambahkan yakni Bekasi-Cawang – Kp. Melayu (Seksi 2A Jaka Sampurna-Kayuringin-Ujung, 4,88 km).

Kemudian, Semarang-Demak (Seksi 2 Sayung – Demak, 16,01 km) dan Ramp 2,4,5 serta 8 Junction Tol Wringinanom-Krian-Legundi-Bunder-Manyar. 

Sementara itu, jalan tol yang akan terus berfungsi selama Lebaran di Pulau Jawa meliputi Jalan Tol Cinere-Jagorawi, Seksi 3B: Krukut-Limo (2,2 km), Serpong-Cinere, Seksi 2: Pamulang-Cinere (3,6 km). 

Kemudan, terdapat Jalan Tol Cibitung-Cilincing, Seksi 4: Taruma Jaya-Cilincing (7,3 km), Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan, Seksi Cimalaka-Dawuan, Seksi 1 Cileunyi-Pamulihan 11,40 km. 

Selanjutnya, ada Seksi 2 Pamulihan-Sumedang 17,05 km, dan Seksi 3 Sumedang-Cimalaka 4,05 km. Jika ditotalkan, menjadi 32,5 km. 

Sejumlah jalan tol fungsional lainnya adalah Jalan Tol Ciawi-Sukabumi, Seksi 2: Cigombong-Cibadak (11,9 km), Jalan Tol Cimanggis-Cibitung.

Seksi 2 A: Jatikarya-Cikeas (3,5 km), Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo, Seksi 4A: Probolinggo Timur-IC Gending (8,6 km). 

Berikutnya, Jalan Tol Serpong-Balaraja, Seksi IB: CBD-Legok (5,4 km), dan Jakarta Cikampek II Selatan, Paket 3: Kutanegara-Sadang (8,5 km). 

Sementara, untuk rest area akan disiapkan sebanyak 90 TIP. 

Di mana 56 di antaranya merupakan TIP A, 34 TIP B, dan 0 TIP C. 

***

Itulah informasi mengenai jalan nasional yang akan beroperasi menjelang mudik Lebaran 2023. 

Semoga membantu!

Temukan informasi menarik lainnya seputar kabar properti hanya di artikel.rumah123.com.

Jangan lupa juga untuk selalu mengikuti Google News kami agar tak ketinggalan berita terbaru, ya.

Sedang mencari rumah impian di kawasan Jakarta? Cek selengkapnya dalam laman Rumah123.com, yuk!

Dapatkan berbagai penawaran menarik seputar properti pilihan terbaik karena kami selalu #AdaBuatKamu.


Tag: ,


Nik Nik Fadlah

Content Writer

Lulusan Ilmu Komunikasi Universitas Pasundan yang kini menjadi penulis di Rumah123 dan Berita 99. Memiliki pengalaman menulis di bidang kesehatan, gaya hidup, fashion, teknologi, pendidikan, hingga properti. Hobi membuat digital collage art.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA