OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Tol Cibitung Cilincing Punya Tampilan 'Melayang', Ternyata Ini Rahasianya!

22 September 2022 · 3 min read Author: Nik Nik Fadlah

Tol Cibitung Cilincing melayang

Tol Cibitung Cilincing, telah resmi beroperasi. Gunakan teknologi modern yang berikan kesan ‘melayang’!

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan Tol Cibitung Cilincing pada Selasa (20/09). 

Jalan tol yang memiliki ruas total 34,8 kilometer ini merupakan bagian dari Jalan Outer Ring Road (JORR) 2 dan Jalan Tol Serpong Balaraja seksi 1.

Tol yang akan menghubungkan Kabupaten Bekasi dengan Kawasan Jakarta ini mulai dibangun pada tahun 2020 lalu dengan menggunakan teknologi modern.

Bahkan, teknologi tersebut membuat tampilan tol tampak seperti ‘melayang’.

Tol Cibitung Cilincing Gunakan Teknologi Pile Slab

tol cibitung-cilincing

Sumber: Monitorindonesia.com

Tampilan Tol Cibitung Cilincing yang baru diresmikan mencuri perhatian masyarakat. Pasalnya, jalan tol tampak seperti melayang.

Ternyata, tampilan tersebut disebabkan karena tol ini menggunakan teknologi kontruksi khusus, yakni pile slab atau struktur tiang pelat. 

Hal ini dijelaskan langsung oleh Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Danang Parikesit.

Menurutnya, teknologi pile slab tersebut merupakan salah satu fitur khas dari Tol Cibitung-Cilincing, karena lokasinya yang berdiri tepat di atas rawa.

“Salah satu fitur teknologi konstruksi Cibitung Cilincing adalah sangat banyaknya yang dinamakan konstruksi pile slab tiang-tiang pancang yang ada di ruas ini,” kata Danang seperti dikutip Liputan6.com.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa kondisi tersebut membuat pengembang harus memutuskan untuk menggunakan teknologi pile slab, yang memungkinkan ruas jalan tampak melayang.

Teknologi pile slab sendiri memiliki struktur pondasi yang ditumpu oleh seperangkat tiang pancang dan diikat oleh pile cap untuk menahan beban.

Sebagai Akomodasi Kawasan Industri

teknologi tol cibitung cilincing

Sumber: Bisnisindonesia.id

Peresmian jalan tol ini tentunya membawa angin segar. Terutama bagi mereka yang tinggal di Kawasan Cibitung dan Cilincing.

Ruas Tol Cibitung Cilincing juga memiliki peran penting dalam mengakomodasi kawasan industri yang terletak di wilayah Jabodetabek. 

Setidaknya, terdapat sekitar 60-70 persen kawasan industri di bagian barat dan sisi timur wilayah Jabodetabek. 

Setelah mengubungkan Cibitung Cilincing, pemerintah berharap bisa menghubungkan kawasan industri dengan Terminal New Tanjung Priok. 

“Ruas ini totalnya 34,8 kilometer. 2,65 kilometer sudah beroperasi dan sekarang yang diresmikan Bapak Presiden adalah Seksi II dan III sepanjang 24,75 kilometer,” ujar Danang.

Sebagai informasi, jalan tol ini menghabiskan dana sebesar Rp10,80 Trilun dalam pembangunannya. 

Angka tersebut membengkak dari dana awal Rp4,20 Triliun. 

Itulah informasi mengenai teknologi Jalan Tol Cibitung Cilincing.

Semoga artikel ini bisa menambah wawasanmu, ya!

Jika kamu sedang mencari rumah, apartemen, tanah atau yang lainnya di marketplace properti tepercaya dan aman, bisa mengunjungi laman Rumah123.com dan 99.co.

Untuk mendapatkan penawaran terbaik seperti di Grand Teratai Sidoarjo.

Buka lembaran baru dan wujudkan impianmu, kami selalu #AdaBuatKamu.

Jangan sampai ketinggalan untuk mendapatkan berita dan tips terbaru mengenai dunia properti dalam negeri serta mancanegara di artikel Rumah123.com.


Tag: ,


Nik Nik Fadlah

Content Writer

Lulusan Ilmu Komunikasi Universitas Pasundan yang kini menjadi penulis di Rumah123 dan Berita 99. Memiliki pengalaman menulis di bidang kesehatan, gaya hidup, fashion, teknologi, pendidikan, hingga properti. Hobi membuat digital collage art.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA