lukisan termahal di dunia

Pernah membayangkan memiliki lukisan termahal di dunia senilai Rp6 triliun? Pembelinya adalah orang kepercayaan putra mahkota Kerajaan Arab Saudi.

Lukisan berjudul Salvator Mundi karya Leonardo da Vinci menjadi lukisan termahal di dunia setelah melewati proses lelang.

Lelang dilakukan di balai lelang Christie’s, New York, Amerika Serikat pada 15 November 2017 lalu.

Mau tahu harganya? 450,3 juta dollar (Rp6 triliun), tentunya memakai nilai tukar saat itu.

Lelang hanya berlangsung selama 19 menit. Ada empat pembeli yang melakukan lelang dari telepon dan satu pembeli di ruang lelang. Identitas pembeli tidak diungkapkan.

Harga lukisan Salvator Mundi ini mengalahkan lukisan termahal mahal di dunia lainnya, lukisan berjudul Women of Algiers yang merupakan hasil karya Pablo Picasso.

Harga Women of Algiers hanya 179,4 juta dollar AS (Rp2,4 triliun). Harganya bikin sesak napas sobat misqueen ya.

Orang Kepercayaan Putra Mahkota Arab Saudi Membeli Lukisan Termahal di Dunia

Fortune dan The New York Times melansir bahwa pembeli lukisan adalah Pangeran Arab Saudi, Badr bin Abdullah.

Sementara The Wall Street Journal menyatakan Pangeran Badr membeli atas nama Pangeran Mohammed bin Salman, Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi.

Balai lelang Christie's menyatakan Pangeran Badr membeli lukisan termahal di dunia ini atas nama Departemen Kebudayaan dan Pariwisata Abu Dhabi, lukisan dipanjang di Louvre Abu Dhabi.

Salvator Mundi diperkirakan dilukis pada 1500. Kabarnya, lukisan ini sempat rusak sebelum ditemukan pada 2005.

Untuk pertama kalinya sejak 1909, lukisan ini ditemukan di tangan kolektor pribadi, pemiliknya berganti-ganti.

Lukisan ini menggambarkan Yesus Kristus sebagai penyelamat dunia. Dia memegang bola kristal di tangan kirinya, sementara tangan kanannya diangkat.

Lukisan Termahal di Dunia Ini Pernah Dimiliki Sejumlah Orang

Ternyata, lukisan ini sempat tergantung di kamar pribadi istri Raja Inggris Charles I. Kemudian lukisan ini berpindah tangan beberapa kali sebelum 1763.

Lantas lukisan ini dijual ke Charles Herbert Sheffield, keturunan dari bangsawan Inggris Duke of Buckingham.

Tidak ada catatan mengenai lukisan ini sampai akhirnya dibeli oleh Sir Charles Robinson pada 1900. Dia menyangka kalau lukisan itu dibuat oleh Bernardino Luini, pengikut Da Vinci.

Lantaran tidak ada yang tahu kalau itu lukisan sang maestro, lukisan ini dijual dengan harga 45 dollar AS (Rp607 ribu) pada 1958. Kalau memakai kurs saat ini sekitar 500 dollar AS (Rp6,7 juta).

Pada 2005, lukisan termahal di dunia ini ditemukan kembali. Para peneliti membutuhkan waktu enam tahun untuk membuktikan kalau lukisan ini karya Da Vinci.

Lantas pada 2011, lukisan ini dipamerkan kepada publik di National Gallery di London, Inggris.

Setelah lelang, balai lelang Christie’s akan melakukan tur untuk memamerkan lukisan ini di Hong Kong, London, serta San Francisco dan New York (keduanya di Amerika Serikat).

“Salvator Mundi dilukis dengan gaya yang sama seperti Mona Lisa, dan keduanya memilliki komposisi yang sama,” ujar Loic Gouzer.

Pernyataan Loic Gouzer selaku Chairman Post-War and Contemporary Art Department Christie’s dikutip oleh laman gaya hidup Elledecor.

Wah, lukisan termahal di dunia harganya bisa Rp6 triliun? Malah sebelumnya malah dianggap rongsokan lo.

Nah, buat kamu yang punya warisan benda seni dari kakek nenek, coba deh cari tahu sejarahnya, siapa tahu ada benda seni berharga mahal.

Jangan lupa membaca artikel Rumah123.com untuk mendapatkan berita, tips, atau panduan yang menarik mengenai properti, desain, hukum, hingga gaya hidup.

Laman ini juga memudahkan bagi para pencari properti, penjual properti, hingga sekadar mengetahui informasi, karena Rumah123.com memang #AdaBuat Kamu.

Saatnya kamu memilih dan mencari properti terbaik untuk tempat tinggal atau investasi properti, hanya di Rumah123.com dan 99.co.

Bagikan:
1280 kali