rumah dekat pantai

Rumah dekat pantai tentu sangat menyenangkan. Tetapi, sebelum membangun atau membelinya, perhatikan hal-hal berikut ini, jangan disepelekan.

Kalau memiliki rumah minimalis di dekat pantai atau laut, tentu menjadi keuntungan tersendiri, terlebih lagi kamu tipe orang yang menyukai pantai.

Kamu bisa merasakan liburan setiap hari, jika memiliki hunian yang berada di dekat dengan pantai, bahkan rumah pinggir pantai Bali, Lombok, atau lainnya.

Hal ini juga bisa menjadi investasi jangka panjang bagi kamu yang ingin berinvestasi, karena bisa menyewakan rumah pada saat musim liburan atau musim kemarau.

Tetapi, sebelum kamu membeli atau membangun rumah di dekat pantai, perlu memperhatikan beberap hal berikut.

Sebelum Membeli atau Bangun Rumah Dekat Pantai

Seperti dilansir dari laman Kompas.com, sebelum kamu membeli atau membangun rumah di tepi pantai, perlu memperhatikan hal-hal berikut:

1. Lokasi

Jika berencana untuk menyewakan rumah ketika musim liburan, cari lokasi yang dekat dengan tempat wisata, dengan begitu investasi kamu akan tepat sasaran.

2. Pemandangan Laut Sangat Penting

Memiliki rumah yang langsung memiliki akses ke pantai dengan berjalan kaki dan memiliki pemandangan laut, tentu lebih disarankan.

3. Bangun Rumah dengan Banyak Kamar

Umumnya, orang berlibur ke pantai bersama keluarga, kalau membangun rumah buat kamar yang banyak untuk menampung banyak keluarga.

4. Siapkan Biaya Renovasi

Jika berniat membeli, pastikan kamu menyiapkan dana renovasi, karena risiko rumah dekat laut rentan erosi dan kerusakan yang disebabkan oleh angin.

5. Perhatikan Iklim

Sangat penting untuk memastikan hunian kamu dapat digunakan segala musim, apalagi musim dingin atau musim hujan.

Kamu bisa gunakan perapian atau sistem pengatur suhu udara untuk rumah, jangan lupa memasang kipas angin dan pendingin udara.

6. Gunakan Desain Tropis

Rumah pantai sangat cocok dengan desain bangunan tropis yang memiliki warna-warna pastel dan membuat rumah terlihat lebih cerah.

Kamu bisa menambahkan gazebo, patio atau dek yang dapat memberikan kenyamanan, apalagi ketika sedang menikmati pemandangan laut yang indah.

7. Bangun Rumah Panggung

Jika kamu membangun rumah dari awal, ada baiknya untuk membuat rumah panggung, modelnya beragam.

Hal ini bisa menjadi solusi ketika air pasang sehingga air atau banjir tidak masuk ke dalam rumah, hal ini sering terjadi di daerah tepi pantai.

8. Pilih Material yang Tepat

Menggunakan material bangunan dengan bahan terbaik, tentu membuat rumah bertahan lebih lama dan awet.

Beberapa hal yang perlu kamu perhatikan adalah tipe semen yang khusus serta tahan terhadap air asin.

Gunakan bahan terbaik untuk jendela, atap, pintu serta kayu dan beton yang tahan air, potensi kerusakan pasti terjadi.

9. Konstruksi Bangunan Rumah

Dalam membangun fondasi, jika tanah yang dibangun rumah dalam kondisi tidak terlalu keras, bisa gunakan fondasi cakar ayam.

Pondasi ini bentuknya seperti meniru akar kelapa yang bisa tumbuh kuat di tepi pantai, apalagi ada potensi air laut masuk ke daratan.

10. Dapur Terbuka

Pemandangan tepi pantai tentu akan sangat cantik dan indah, ditambah dengan suara ombak yang datang dari lautan.

Jika kamu membuat dapur terbuka akan sangat menyenangkan jika memasak dengan pemandangan laut.

Kamu dapat membuat sejumlah bukaan dan kaca dapur yang besar, sehingga indahnya pantai dapat dinikmati setiap kali memasak.

Semoga beberapa tips di atas dapat membantu kamu mewujudkan sebuah rumah dekat pantai yang kamu impikan.

Situs properti Rumah123.com selalu menghadirkan artikel dan tips menarik mengenai properti, desain, hukum, hingga gaya hidup.

Saatnya kamu memilih dan mencari properti terbaik untuk tempat tinggal atau investasi properti seperti Serpong Garden Village.

Bagikan:
832 kali