OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Pertumbuhan Harga Rumah di Medan Melesat hingga 8,8 Persen, Kalahkan Denpasar dan Bekasi!

19 Oktober 2023 · 3 min read Author: Shafira Chairunnisa

harga rumah di medan

sumber: klook.com

Dari semua kota di Indonesia, Flash Report 99 Group mencatat Medan mengalami pertumbuhan harga rumah secara year on year sampai 8,8 persen pada bulan September 2023.

Kenaikan pesat tersebut membuat pertumbuhan harga hunian di Medan berhasil mengalahkan pertumbuhan harga hunian di kota besar lain di Indonesia, seperti Denpasar dan Bekasi.

“Jika dilihat dari segi indeks harga pada bulan ini, Medan mengalami pertumbuhan harga tertinggi di atas inflasi tahunan dibandingkan kota-kota besar lainnya di Indonesia, dengan capaian selisih mencapai 6,7 persen,” ujar Faizal Abdullah, Senior Vice President Listing Business 99 Group Indonesia.

Lebih lanjut, Faizal menjelaskan bahwa kenaikan harga ini ini menjadi daya tarik potensial untuk menjadikan hunian di Medan sebagai aset investasi menguntungkan dalam jangka panjang.

Kenaikan Harga Rumah di Medan yang Tinggi

kenaikan harga rumah di medan

sumber: Flash Report 99 Group

Berdasarkan Flash Report 99 Group, Medan memimpin pertumbuhan harga rumah secara year on year dengan kenaikan yang cukup tinggi, yakni 8,8 persen.

Kenaikan harga kemudian diikuti oleh Denpasar sebesar 5,7 persen dan Bekasi 5,3 persen.

Selama satu tahun, harga properti di Medan cukup fluktuatif, bahkan sempat mengalami penurunan secara month on month pada September 2023 sebesar 0,7 persen.

Kenaikan harga rumah tertinggi secara month on month di Medan terjadi pada bulan Maret 2023 dengan kenaikan 5,0 persen dan pada bulan Juli 2023 dengan kenaikan 4,3 persen.

Minimnya pengurangan dan tingginya kenaikan harga rumah membuat Medan berhasil mendapatkan posisi pertama kenaikan harga rumah seken secara year on year pada September 2023.

Selama Kuartal 1 dan Kuartal 2 2023, peminatan tipe properti di Medan masih didominasi dengan rumah tapak (64,2 persen), rumah toko (12,3 persen), dan apartemen (12,1 persen).

Sementara itu, lokasi yang paling diminati di Medan adalah Medan Kota (20,6 persen), Medan Sunggal (12,6 persen), Medan Johor (9 persen), Medan Selayang (17,9 persen), dan Medan Helvetia (7,9 persen).

Meningkatnya Harga Rumah di Berbagai Kota Besar

kenaikan harga rumah di indonesia

sumber: Flash Report 99 Group

Selain Medan, secara keseluruhan hampir semua kota-kota besar di Indonesia mengalami kenaikan.

Dari 13 kota yang diteliti, hanya 2 kota saja yang mengalami penurunan harga rumah year on year, yakni Bandung dengan -1,0 persen dan Yogyakarta -1,5 persen.

Sementara itu, jika dilihat dari month on month, 4 dari 13 kota di Indonesia berhasil memiliki kenaikan harga rumah.

Kota tersebut adalah Denpasar (2,5 persen), Surakarta (1,3 persen), Surabaya (0,1 persen), dan Jakarta (0,5 persen).

***

Semoga bermanfaat, Property People.

Temukan berbagai informasi menarik seputar kabar properti hanya di artikel.rumah123.com.

Selain itu, biar jadi yang paling update, langsung saja follow Google News kami.

Kunjungi www.rumah123.com jika sedang mencari rumah baru dan bekas berkualitas.

Tersedia beragam hunian pilihan yang pastinya #AdaBuatKamu!


Tag: , , , ,


Shafira Chairunnisa

Content Writer

Lulusan Hubungan Internasional di Universitas Katolik Parahyangan dan pernah bekerja sebagai jurnalis di media nasional. Sekarang fokus menulis tentang properti, gaya hidup, desain, dan politik luar negeri. Senang bermain game di waktu senggang.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA