OK
logo rumah123
logo rumah123
Iklankan Properti
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

11 Hadits tentang Ramadhan Terpopuler. Muslim Wajib Tahu!

05 Februari 2024 · 3 min read Author: Alya Zulfikar · Editor: Bobby Agung Prasetyo

hadits tentang ramadhan

Hadits tentang Ramadhan | shutterstock

Hal-hal berkaitan dengan bulan Ramadan dijelaskan dalam berbagai hadis. Berikut ini beberapa hadits tentang Ramadhan yang sebaiknya diketahui!

Dalam agama Islam, bulan Ramadan adalah bulan yang paling dinanti-nanti setiap muslim karena ada banyak keberkahan di dalamnya.

Pada bulan Ramadan, muslim diwajibkan untuk menunaikan puasa selama 30 hari sebagaimana firman Allah Swt. dalam surah Al-Baqarah ayat 183.

Firman tersebut berbunyi, “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”.

Selain dijelaskan dalam berbagai surah Al-Qur’an, bulan Ramadan juga disebutkan dalam berbagai hadis.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini hadits tentang Ramadhan yang harus kamu tahu!

Hadits tentang Ramadhan

1. Ramadan Bulan Penuh Berkah

قَدْ جَاءَكُمْ رَمَضَانُ شَهْرٌمُبَارَكٌ افْتَرَضَ اللهُ عَلَيْكُمْ صِيَامَهُ تُفْتَحُ فَيْهِ أبْوَابُ الْجَنَّةِ وَيُغْلَقُ فَيْهِ أبْوَابُ الْجَحِيْمِ وَتُغَلًّ فَيْهَ الشَّيَاطَيْنُ فَيْهِ لَيْلَةٌ خَيْرٌ مِنْ ألْفِ شَهْرٍ 

Artinya: Telah datang bulan Ramadhan, bulan penuh berkah, maka Allah mewajibkan kalian untuk berpuasa pada bulan itu. Saat itu pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, para setan diikat dan pada bulan itu pula terdapat satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan. (HR Ahmad)

2. Setan Dibelenggu di Bulan Ramadan

إذَا كَانَ أوَّلُ لَيْلَةٍ مِنْ شَهْرِرَمَضَانَ صُفِّدَتْ الشَّيَاطِيْنُ وَمَرَدَةُ الْجِنِّ وَغُلِّقَتْ أبْوَابُ النَّارِ فَلَمْ يُفْتَحْ مِنْهَا بَابٌ وَفُتِّحَتْ أبْوَابُ الجَنَّةِ فَلَمْ يُغْلَقْ مِنْهَا بَابٌ وَيُنَادِيْ مُنَادٍ يَا بَاغِيَ الْخَيْرِ وَيَا بَاغِيَ الشَّرِّ أقْصِرْ وَلِلَّهِ عُتَقَاءُ مِنَ النَّارِ وَذَلِكَ كُلُّ لَيْلَةٍ     

Artinya: Jika awal Ramadan tiba, setan-­setan dan jin dibelenggu, pintu-pintu neraka ditutup, tidak ada satu pintu pun yang dibuka. Sedangkan pintu-pintu surga dibuka dan tidak satu pintu pun yang ditutup. Lalu, ada seruan (pada bulan Ramadan): “Wahai orang yang menginginkan kebaikan, datanglah. Wahai orang yang ingin kejahatan, tahanlah dirimu. Pada setiap malam, Allah Swt. memiliki orang-orang yang dibebaskan dari neraka.” (HR Tirmidzi)

3. Puasa Ramadan Penebus Dosa hingga Ramadan Berikutnya

hadis tentang ramadhan menebus dosa

hadits tentang ramadhan menebus dosa

اَلصَّلَوَاتُ الْخَمْسُ وَالْجُمْعَةُ إلَى الْجُمْعَةِ وَرَمَضَاُن إلَى رَمَضَانَ مُكَفِّرَاةٌ مَا بَيْنَهُنَّ إذَاجْتَنَبَ اْلكَبَائِرَ 

Artinya: Jarak antara salat lima waktu, salat Jumat dengan Jumat berikutnya, dan puasa Ramadan dengan Ramadhan berikutnya merupakan penebus dosa-dosa yang ada di antaranya apabila tidak melakukan dosa besar. (HR Muslim)

4. Puasa Ramadan Bisa Menebus Dosa yang Telah Lalu

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إيْمَا نًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ 

Artinya: Barangsiapa berpuasa di bulan Ramadan karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. (HR Bukhari dan Muslim).

5. Memberi Buka bagi Orang yang Berpuasa

مَنْ فَطَرَ صَائِمًا كُتِبَ لَهُ مِثْلُ أجْرِ الصَّا ئِمِ لَا يَنْقُصَ مِنْ أجْرِ الصَّائِمِ شَيْئٌ

Artinya: Barangsiapa memberi perbukaan (makanan atau minuman) kepada orang yang berpuasa, maka ia akan mendapat pahala seperti pahala orang yang berpuasa itu tanpa mengurangi sedikit pun pahala orang yang berpuasa tersebut. (HR Ahmad)

6. Sedekah yang Paling Baik adalah di Bulan Ramadan

أيُّ الصَّدَقَةِ أفْضَلُ؟ قَالَ صَدَقَةٌ فَيْ رَمَضَانَ

Artinya: Rasulullah saw. pernah ditanya, “Sedekah apakah yang paling mulia?”. Beliau menjawab: “Yaitu sedekah di bulan Ramadan”. (HR Tirmidzi)

7. Banyak Beribadah di Bulan Ramadan akan Diampuni Dosanya

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إيْمَا نًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ 

Artinya: Barangsiapa beribadah (menghidupkan) bulan Ramadan dengan iman dan mengharap pahala, maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang telah lalu. (HR Bukhari dan Muslim)

8. Doa Orang yang Berpuasa adalah Mustajab

hadits tentang ramadhan doa mustajab

hadits tentang ramadhan

ثَلَاثُ دَعَوَاتٍ مُسْتَجَابَاتٍ ؛دَعْوَةُ الصَّائِمِ وَدَعْوَةُ الْمُسَافِرِ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُوْمِ

Artinya: Ada tiga macam doa yang mustajab, yaitu doa orang yang sedang puasa, doa musafir, dan doa orang yang teraniaya. (HR Baihaqi)

9. Puasa dan Membaca Al-Qur’an pada Malam Ramadan Memberi Syafaat

اَلصُّيَامُ وَاْلقُرْآنُ يَشْفَعَانِ لِلْعَبْدِ يَوْمَ اْلقِيَامَةِ يَقُوْلُ اَلصِّيَامُ أيْ رَبِّ مَنَعْتُهُُ الطَّعَامَ وَالشَّهَوَاتَ بِالنَّهَارِ فَشَفِّعْنِى فَيْهِ وَيَقُوْلُ اْلقُرْآنُ مَنَعْتُهُ النَّوْمَ بِالَّيْلِ فَشَفِّعْنِي فِيْهِ قَالَ فَيُشَفِّعَانِ 

Artinya: Puasa dan Al-Qur’an akan memberikan syafaat seorang hamba pada hari kiamat. Puasa berkata: “Ya Rabbi, aku mencegahnya dari makan dan minum di siang hari.” Al-Qur’an juga berkata: “Aku mencegahnya dari tidur di malam hari, maka kami mohon syafaat buat dia.” Beliau bersabda: “Maka keduanya dibolehkan memberi syafaat”. (HR Ahmad)

10. Umrah pada Bulan Ramadan Pahalanya seperti Haji

فَإِنَّ عُمْرَةَ فِيْ رَمَضَانَ حَجَّةٌ

Artinya: Sesungguhnya umrah di bulan Ramadhan sama dengan pahala haji (HR Bukhari)

11. Tarawih di Bulan Ramadan

كَانَ النَّاسُ يَقُومُونَ فِي زَمَانِ عُمَرَ بْنِ الْخَطَابِ يَقُوْمُوْنَ فِي رَمَضَانَ بِثَلَاثٍ وَعِشْرِينَ رَكْعَةً (رواه مالك)

Artinya: Pada masa Umar, kaum muslimin mendirikan salat (sunah) pada bulan Ramadan sebanyak 23 rakat (yaitu 20 rakaat Tarawih dan 3 rakaat Witir).

***

Itulah tadi beberapa hadits tentang Ramadhan.

Baca artikel lainnya hanya di artikel.rumah123.com dan Google News.

Temukan hunian impian di Rumah123 karena #SemuaAdaDisini.

Kunjungi juga Teras123 buat ngobrolin properti!

Referensi

  • Rosidin. (2021). Ramadhan Bersama Nabi: Tafsir dan Hadis Tematik di Bulan Suci. Malang: Edulitera

Tag: , ,


alya

Content Writer

Berkarier di dunia kepenulisan sejak 2018 sebagai penulis lepas. Kini menjadi penulis di 99 Group dengan fokus seputar gaya hidup, properti, hingga teknologi. Gemar menulis puisi, memanah, dan mendaki gunung.
Selengkapnya