jalan bypass bil mandalika Kementerian PUPR

Dalam mendukung pelaksanaan Superbike 2021 dan MotoGP 2022, Jokowi meresmikan Jalan Bypass BIL–Mandalika yang bisa memangkas waktu tempuh.

Selain meresmikan Sirkuit Mandalika, pada Jumat (12/11/2021) Presiden Joko Widodo juga meresmikan Jalan Bypass Bandara International Lombok (BIL)-Mandalika.

Pada peresmian itu, Presiden Jokowi didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perdagangan M Lutfi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Gubernur NTB Zulkieflimansyah.

Selain itu, hadir juga Ketua MPR Bambang Soesatyo, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia.

Pembangunan Jalan Bypass BIL-Mandalika tersebut untuk mendukung pelaksanaan Superbike 2021 dan MotoGP Maret 2022, yang rencananya akan diselenggarakan di Sirkuit Mandalika.

Jalan Bypass BIL Mandalika

Jalan Bypass BIL Mandalika Kurangi Waktu Tempuh

Jalan ini diprediksi akan menjadi ikon baru Mandalika. Bahkan bukan tidak mungkin banyak orang yang akan berswafoto di area tersebut.

“Kita patut bersyukur bahwa pembangunan Jalan Bypass BIL- Mandalika telah selesai dan siap digunakan,” ujar Jokowi dilansir dari laman Kumparan.com.

Jokowi menambahkan, bahwa waktu tempuh antara Bandara Internasional Lombok dan Mandalika kini hanya memerlukan waktu sekitar 15 menit saja.

Sebelumnya, waktu tempuh kedua lokasi ini memang bisa mencapai 45 menit, tentunya memang lebih singkat waktu tempuhnya.

Selain itu, dibangun beberapa fasilitas untuk memperlancar arus lalu lintas dan memfasilitasi akses warga sekitar.

Jalan Bypass BIL-Mandalika ini memiliki 2 jembatan, 11 overpass dan 3 jembatan penyebrangan orang (JPO).

Anggaran Jalan Bypass BIL-Mandalika

Pembangunan Jalan Bypass BIL-Mandalika terdiri dari 3 paket pekerjaan dengan anggaran dari APBN tahun 2020-2021 sebesar Rp705 miliar.

Paket 1 dengan panjang jalan sekitar 4,3 km dengan kontraktor PT Nindya Karya–PT Bumi Agung (KSO) dengan anggaran sebesar Rp199 miliar.

Sedangkan, Paket 2 sepanjang 9,70 km dibangun oleh kontraktor PT Adhi Karya–PT Metro Lestari Utama (KSO) dengan anggaran senilai Rp353 miliar.

Terakhir, untuk Paket 3 sepanjang 3,36 km kontraktornya adalah PT Yasa Patria dengan anggaran senilai Rp152 miliar.

Selain itu, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono meminta agar Jalan Bypass BIL-Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) betul-betul dijaga dan dirawat dengan baik.

Situs properti Rumah123.com selalu menghadirkan artikel dan tips menarik mengenai properti, desain, hukum, hingga gaya hidup.

Saatnya kamu memilih dan mencari properti terbaik untuk tempat tinggal atau investasi properti seperti Citra Sentul Raya.

Bagikan:
124 kali

Redaksi Rumah123.com

Alamat

Level 37 [email protected]
Jl. Casablanca Kav.88
Jakarta Selatan
Jakarta 12870
Indonesia