OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Doa setelah Membaca Surat Al Mulk Arab, Latin, dan Artinya Paling Lengkap

26 September 2023 · 4 min read Author: Emier Abdul Fiqih P

doa setelah membaca surat al mulk

Surah Al Mulk adalah salah satu surah yang sangat dianjurkan untuk dibaca oleh umat Islam sehingga membaca doa setelah membaca surat Al Mulk sangat dianjurkan.

Alasan utamanya adalah karena surah ke-67 itu memiliki keutamaan besar bagi siapa pun yang membaca surah tersebut.

Selain membaca surah Al Mulk, umat Islam juga dianjurkan untuk menyempurnakan pahala dan meraih fadilah keutamaannya dengan memanjatkan doa setelah membaca surat Al Mulk.

Lantas, bagaimana bacaan doa setelah membaca surah Al Mulk?

Intip selengkapnya di sini!

Bacaan Doa setelah Membaca Surat Al Mulk dan Artinya

bacaan doa setelah membaca surat al mulk

ilustrasi doa setelah membaca surat al mulk latin, doa setelah membaca surat al mulk dan artinya, keutamaan membaca surat al mulk

اَللّٰهُمَّ اعْصِمْنَا بِالْإِسْلَامِ قاعدا وَرَاقِدًا وَلَاتُشْمِتْ فِيْنَا عَدُوًّا وَّلَاحَاسِدًا اَللّٰهُمَّ إِنَّا نَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّ كُلِّ دَآبَّةٍ اَنْتَ اٰخِذٌ بِنَاصِيَتِهَا، وَنَسْئَلُكَ الْخَيْرَ الَّذِيْ بِيَدِكَ

Allahumma’shimnaa bil Islaami qoo’idan wa rooqidan walaa tusymit fiinaa’aduwwan walaa haasidan. Allahumma innaa na’uudzu bika min syarri kulli daabbatin anta aakhidzun binaashiyatihaa wa nas-alukal khoirol ladzi biyadika

Arti doanya: “Ya Allah, jagalah diriku dengan tetap memeluk Islam, baik ketika duduk dan tidur. Janganlah Engkau bahagiakan hati musuh dan orang yang hasut kepada kami. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon perlindungan kepada-Mu dari kejahatan setiap makhluk. Engkau adalah Zat yang mengendalikan mereka dan aku memohon kepada-Mu kebaikan-kebaikan yang ada pada-Mu.”

Keutamaan bagi seseorang yang memanjatkan doa setelah membaca surat Al Mulk adalah dihindarkan dari segala kesulitan dalam kehidupannya, entah itu berupa jin, manusia, dan hewan buas.

Hal tersebut tercantum dalam Kitab Al-Minahus Saniyah yang berbunyi:

يا علي من قرا سورة الملك وتلا بعد قرائتها اَللّٰهُمَّ اعْصِمْنَا بِالْإِسْلَامِ قاعدا وَرَاقِدًا وَلَاتُشْمِتْ فِيْنَا عَدُوًّا وَّلَاحَاسِدًا اَللّٰهُمَّ إِنَّا نَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّ كُلِّ دَآبَّةٍ اَنْتَ اٰخِذٌ بِنَاصِيَتِهَا، وَنَسْئَلُكَ الْخَيْرَ الَّذِيْ بِيَدِكَ كفاه الله ما اهمه من الجن والانس والدواب

Artinya: “Wahai Ali, barangsiapa membaca Surah Al-Mulk dan setelah itu membaca; Allohumma’shimnaa bil islaami qoo-‘idan wa rooqidan walaa tusymit fiinaa ‘aduwwan walaa haasidan. Allohumma innaa na’uudzu bika min syarri kulli daabbatin anta aakhidzun binaashiyatihaa wa nas-alukal khoirol ladzi biyadika, maka Allah Swt. hindarkan darinya sesuatu yang menyusahkannya, baik dari jin, manusia dan hewan buas.”

Keutamaan Membaca Surat Al Mulk

keutamaan membaca surat al mulk

ilustrasi doa setelah membaca surat al mulk latin, doa setelah membaca surat al mulk dan artinya, keutamaan membaca surat al mulk

Surah Al Mulk memiliki sejumlah keutamaan bagi siapa saja yang membaca surah tersebut.

Dihimpun dari cnnindonesia.com, inilah keutamaan membaca surah Al Mulk:

1. Memberi Syafaat

Membaca bahkan menghafal surah Al Mulk dipercaya dapat memberi syafaat Allah Swt. di hari kiamat nanti dan juga diampuni dosa-dosanya.

Hal tersebut sebagaimana hadis yang diriwayatkan oleh Tirmidzi berikut ini.

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ عَبَّاسٍ الْجُشَمِىِّ عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ إِنَّ سُورَةً مِنَ الْقُرْآنِ ثَلاَثُونَ آيَةً شَفَعَتْ لِرَجُلٍ حَتَّى غُفِرَ لَهُ وَهِىَ سُورَةُ تَبَارَكَ الَّذِى بِيَدِهِ الْمُلْكُ

Artinya: “Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Basysyar, telah menceritakan pada kami Muhammad bin Ja’far, telah menceritakan kepada kami Syu’bah dari Qotadah, dari Abbas Al Jusyamiy, dari Abu Hurairah, dari Nabi Shallallahu alaihi wa sallam, beliau bersabda, ‘Ada suatu surah dari Al-Qur’an yang terdiri dari tiga puluh ayat dan dapat memberi syafa’at bai yang membacanya, sampai dia diampuni, yaitu; Tabarakalladibiyadihil-mulk.

2. Terhindar dari Siksa Kubur

Selain mendapat syafaat, orang yang mengamalkan surah Al Mulk senantiasa terhindar dari siksa kubur.

‘Ashim, dari Zirr, dari Ibnu Mas’ud -radhiyallahu ‘anhu berkata:

( يؤتى الرجل في قبره فتؤتى رجلاه فتقول رجلاه : ليس لكم على ما قبلي سبيل كان يقرأ بي سورة الملك ، ثم يؤتى من قبل صدره أو قال بطنه فيقول : ليس لكم على ما قبلي سبيل كان يقرأ بي سورة الملك ، ثم يؤتى رأسه فيقول ليس لكم على ما قبلي سبيل كان يقرأ بي سورة الملك . قال : فهي المانعة تمنع من عذاب القبر ، وهي في التوراة سورة الملك ، من قرأها في ليلة فقد أكثر وأطنب )

Artinya: “Ketika seseorang di dalam kuburnya didatangkan azab, maka kedua kakinya berkata: kalian tidak bisa menjangkaunya; karena ia dahulu membaca surah Al Mulk. Lalu didatangkan dadanya atau perutnya berkata: kalian tidak bisa menjangkaunya; karena ia dahulu membaca surah Al Mulk. Lalu didatangkan kepalanya dan berkata: kalian tidak bisa menjangkaunya karena ia dahulu membaca surah Al Mulk. Ia berkata: Maka, ia (Surah Al Mulk) adalah pelindung atau penjaga, dan di dalam Taurat juga surah Al Mulk, barang siapa yang membacanya pada malam hari, maka ia telah melakukan banyak hal dan panjang.”

3. Bisa Menyenangkan Rasulullah saw.

Surah Al Mulk termasuk surah yang sering dibaca Nabi Muhammad saw. sebelum tidur.

Oleh karenanya, manfaat membaca surat Al Mulk sama halnya dengan menyenangkan Rasulullah saw.

“Saya menggemari surat ini; Tabarakalladibiyadihil-mulk karena ada di setiap hati seorang mukmin.” (HR Al Hakim)

***

Semoga pembahasan doa setelah membaca surah Al Mulk di atas bisa bermanfaat bagi Property People.

Tengok beragam artikel doa Islam lainnya hanya di artikel.rumah123.com dan Google News Rumah123.

Akses www.rumah123.com untuk gapai impian punya rumah impian karena kami pasti #AdaBuatKamu!


Tag: , , ,


Emier Abdul Fiqih P

Content Writer

Menjadi penulis di 99 Group sejak 2022 yang berfokus pada artikel properti, gaya hidup, dan teknologi. Lulusan S2 Linguistik UPI ini sempat berprofesi sebagai copy editor dan penyunting buku. Senang menonton film dan membaca novel di waktu senggang.
Selengkapnya