OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Bacaan Doa Khutbah Jumat yang Wajib Dibacakan Khatib. Sudah Tahu?

04 September 2023 · 4 min read Author: Shafira Chairunnisa

doa khutbah jumat

sumber: pikiran-rakyat.com

Ternyata, khotbah setiap salat Jumat harus diikuti dengan doa, lo. Simak doa khutbah Jumat di sini!

Khotbah adalah kegiatan dakwah untuk mengajak orang lain meningkatkan ketaatan, ketakwaan, keimanan, dan agama mereka.

Biasanya, khatib akan membacakan doa di akhir khotbah sebagai permohonan keselamatan pada Allah Swt..

Sudah tahu apa bacaan dari doa khutbah Jumat tersebut?

Simak bacaannya di bawah ini!

Doa Khutbah Jumat dalam Latin

doa khutbah jumat lengkap

sumber doa khutbah jumat atau doa khotbah jumat: scribd.com

Doa khutbah Jumat bisa dibaca sebagai penutup dari khutbah atau ceramah.

Berikut adalah doanya:

Qalaallahu ta’ala filquranilkariim. A’dzubillahiminasyaithanirojim. Innallaha wamalaaikatahuu yusholluuna ‘alannabiyyi yaayuhalladziina aamanu shollu ‘alaihi wasallimuu tasliima.

Allhumma sholli muhammadin wa’ala ali muhammadin kama shollaita’ala ibrahiima wa‘ala aali ibrohima wabarik’ala Muhammad. Wa ‘ala aali muhammadin, kama barakta ‘alaa ibrohima wa ’ala ali ibrohimma fil ’alamiin innaka hamidummajiid.

Allaahumma sholli ‘alaa Muhammadin, wa ‘alaa aalihii waashahbiihii ajmaiin. Alhamdulillahirobbil’alamin. Allohummaghfir, lilmukminiina walmukminaat, walmuslimiina walmuslimaat, alakhyaaiminhum walamwaat, innaka samii’un qoriibummujibudda’awaat. Robbana dzolamna anfusana, wailamtaghfirlana watarkhamna lanakunanna minalkhosiriin.

Robbana atina fidunya khasanah wafil akhiroti khasanah waqina adzabannar. Walhamdulillahirobbil’alamin. Ibaadalloh, innalloha ya’muru bil’adli wal ihsaani waiitaaidzil qurbaa, wayanha ‘anilfahsyaaii walmunkar, walbaghyi yaidzukum la’allakum tadzakkaruun. Fadzkuruulloohal’adziim yadzkurkum wasykuruuhu ’ala ni’matihi yazidkum waladzikrullohiakbar.

Arti Doa Khutbah Jumat

doa khutbah jumat islam

sumber doa khutbah jum’at atau doa akhir khutbah jumat: pinimg.com

Berikut adalah arti dari doa khutbah dalam bahasa Indonesia:

Allah Ta’ala berfirman di dalam Al-Qur’an, aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk. Sesungguhnya Allah memerintahkan malaikat malaikat-Nya berselawat kepada nabi. Hai orang-orang yang beriman, berselawatlah kamu untuknya dan ucapkanlah salam perhormatan kepadanya.

Ya Allah, curahkanlah keselamatan kepada Muhammad dan keluarganya, sebagaimana Engkau memberkati Ibrahim dan keluarganya di alam semesta, sesungguhnya Engkau Mahaterpuji dan Mahamulia.

Ya Allah, ampunilah dosa kaum muslimin dan muslimat, muninin, dan mukminat. Baik yang masih hidup maupun yang telah meninggal dunia. Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar, dan Maha Mengabulkan. Ya Allah, anugerahkanlah kepada kami kehidupan yang baik di dunia, kehidupan yang baik di akhirat, dan hindarkanlah kami dari azab neraka.

Wahai hamba-hamba Allah, sesungguhnya Allah memerintahkan kamu untuk berlaku adil dan baik, memberi kepada kaum kerabat dan Allah melarang berbuat keji, kemungkaran, dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu mengambil pelajaran. Dan berzikirlah kepada Allah yang Mahabesar.

Doa setelah Salat Jumat

bacaan doa khutbah jumat

sumber: masjidbaitussalaam.com

Selain doa khutbah Jumat, kamu juga harus membacakan doa setelah salat Jumat.

Tidak sulit untuk membacakan doa ini, karena kamu hanya perlu melantunkan surat pendek, yakni Al-Fatihah, Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas sebanyak tujuh kali.

Doa setelah salat Jumat tersebut diambil dari kitab Bughyatul Mustarsyidin yang berbunyi:

فائدة : ورد أن من قرأ الفاتحة والإخلاص والمعوذتين سبعاً سبعاً عقب سلامه من الجمعة قبل أن يثني رجليه غفر له ما تقدم من ذنبه وما تأخر ، وأعطي من الأجر بعدد من آمن بالله ورسوله ، وبوعد من السوء إلى الجمعة الأخرى

Artinya: Sebuah faidah, siapa saja yang membaca surat Al-Fatihah, Ikhlas dan mu’awwidztain (al-Falaq dan al-Nas), masing-masing sebanyak tujuh kali setelah salam salat Jumat sebelum melipat kedua kaki (bersila), maka dosa-dosanya yang telah lampau akan diampuni, juga mendapatkan pahala sebanyak orang yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya, dan terhindar dari keburukan hingga hari Jumat depan.

FAQ tentang Doa Khutbah Jumat

Apa yang dibaca ketika khutbah Jumat?

Khatib mengawali (membuka) khutbahnya dengan mengucapkan pujian, membaca syahadat, selawat kepada Nabi saw, wasiat taqwa, dan membaca beberapa ayat al-Qur’an kemudian menyampaikan taushiyah.

Apa doa diantara dua khutbah Jumat?

Disebutkan dalam kitab Al-‘Ubâb, bahwa disunahkan bagi khatib membaca surah Al-Ikhlas. Dalam penjelasannya atas kitab tersebut aku mengatakan, aku tidak melihat satu pun ulama yang menjelaskan tentang kesunahan membaca surat Al-Ikhlas bagi khatib secara khusus saat ia duduk di antara dua khutbah.

Apa yang dibaca pada khutbah kedua?

Membaca selawat atas Rasulullah saw. Mengucapkan dua kalimat syahadat. Berwasiat (bernasihat). Membaca ayat Al-Qur’an pada salah satu dua khutbah.

***

Semoga artikel ini dapat menambah informasi untuk kamu, ya!

Baca juga ulasan artikel gaya hidup, kabar properti hingga inspirasi desain, hanya di artikel.rumah123.com.

Jangan lupa, untuk melihat tips menggambar hewan di Google News Rumah123.com.

Bila kamu ingin cari rumah impian, yuk temukan beragam rekomendasi terbaiknya di Rumah123.com, karena kami #AdaBuatKamu.

Rekomendasi terbaik untuk memiliki rumah mewah ala Jepang di kawasan Bekasi, Jawa Barat, pastinya Morizen.


Tag: , , ,


Shafira Chairunnisa

Content Writer

Lulusan Hubungan Internasional di Universitas Katolik Parahyangan dan pernah bekerja sebagai jurnalis di media nasional. Sekarang fokus menulis tentang properti, gaya hidup, desain, dan politik luar negeri. Senang bermain game di waktu senggang.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA