OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

8 Contoh Tinjauan Pustaka untuk Makalah, Proposal, Skripsi dan Jurnal

11 Agustus 2023 · 6 min read Author: Christantio Utama

mengenal contoh tinjauan pustaka karya ilmiah

Contoh tinjauan pustaka untuk makalah, skripsi, laporan hingga jurnal ini  sangat penting untuk kamu ketahui agar struktur penulisannya bisa lebih baik dan benar. Yuk, simak informasi lengkapnya

Tinjauan pustaka merupakan bagian kecil dari sebuah struktur karya ilmiah yang kadang masih suka kurang diperhatikan penulis.

Padahal, bagian ini sangat penting dalam merangkum berbagai informasi ketika kamu sedang menulis.

Kalau saat ini kamu sedang bingung bagaimana membuatnya, maka tidak ada salahnya melihat beberapa contoh tinjauan pustaka yang baik dan benar beserta dengan penjelasannya.

Langsung saja yuk, simak ulasan lengkap mengenai contoh tinjauan pustaka berikut ini, Rumah123.com melansir berbagai sumber.

Apa itu Tinjauan Pustaka?

contoh tinjauan pustaka pengertian

Tinjauan pustaka atau kajian pustaka (literature review) adalah sebuah kegiatan untuk mengkaji ulang lebih dari 1 literatur yang sudah terbit oleh para akademisi atau peneliti lain sebelumnya terkait tema yang akan ada dalam sebuah penelitian.

Tinjauan pustaka perlu memaparkan garis besar topik dan mengidentifikasi berbagai teori-teori yang relevan terkait penelitian yang akan kamu tulis.

Contoh Tinjauan Pustaka Berbagai Topik

1. Contoh Tinjauan Pustaka Makalah Biologi

Inilah contoh tinjauan pustaka makalah tentang Biologi.

BAB II

TINJAUAN PUSTAKA

Protein Sel Tunggal

Istilah Protein Sel Tunggal (PTS) berarti sebagai protein murni atau kasar yang bersumber dari mikroba dengan sel satu atau banyak yang sederhana, misalnya khamir, jamur, bakteri, dan ganggang. Beberapa penelitian terdahulu yang mendasari penelitian ini antara lain.

Pawignya, H. (2011). Fakultas Teknologi Industri, Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta yang berjudul Pembuatan Protein Sel Tunggal dari Limbah Nanas dengan Proses Fermentasi.

Tujuan penelitian ini adalah mempelajari keterkaitan variable-variabel : pH, penambahan nutrisi, dan waktu fermentasi terhadap hasil protein serta mencari konstanta kecepatan pertumbuhan spesifik.

Penelitian ini dilakukan dengan berbagai cara yang terdiri dari 3 tahapan yaitu: persiapan bahan, pembuatan starter, dan fermentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa limbah nanas secara lebih lanjut dapat dimanfaatkan menjadi Protein Sel Tunggal. Berdasarkan pandangan kinetika fermentasi dapat diketahui konstanta kecepatan pertumbuhan spesifik adalah sebesar 0.0562/jam.

Susanna dkk (2007). Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia yang berjudul Pemanfaatan Spirulina platensis sebagai Suplemen Protein Sel Tunggal (PST) Mencit (Mus musculus)

Berdasarkan penelitian tersebut, terlihat bahwa hasil penelitian biomassa kering S. Pengaruh plantesis lebih baik daripada bahan pakan pelet. Bertambah atau berkurangnya berat badan mencit dapat terjadi saat penambahan biomassa kering Spirulina platensis kepada mencit (Musmusculus).

Berat badan mencit akan bertambah sampai hari ke 12 dan mulai menurun pada hari ke-13 serta pada hari ke-14 menjadi puncak terjadinya penurunan. Perbedaan nyata dapat dihasilkan dari pemberian biomassa kering S. platensis kepada mencit secara statistik (p < 0.05) antara sebelum pemberian dan setelah pemberian selama 17 hari.

2. Contoh Tinjauan Pustaka Proposal Singkat

Inilah contoh tinjauan pustaka proposal singkat yang benar.

BAB II

TINJAUAN PUSTAKA

1. Eksistensi dan Sistem Tradisi

Eksistensi merupakan sesuatu yang masih dipertahankan, dan masih dianggap umum dalam suatu masyarakat. Berkaitan dengan penelitian ini, eksistensi dapat bermakna keberadaan. Maksudnya, keberadaan akan adanya kebudayaan yang diwariskan secara turun-temurun dan nyata (Diansyah, 2011).

Eksistensi nyantrik ukir berkaitan dengan keberadaan sistem tradisi yang berjalan secara turun temurun pada kehidupan sosial masyarakat Desa Mulyoharjo. Hal itu dapat terlihat pada masyarakat Desa Mulyoharjo yang masih mempertahankan kerajinan ukir sebagai kearifan budaya.

1. Nyantrik Ukir

Pelatihan ukir paling banyak terjadi secara informal dengan cara magang pada brak (bengkel ukir) pengrajin yang telah mandiri, cara ini adalah nyantrik ukir (Kartajaya, 2005). Seperti penelitian Hidayatun (2004) menyatakan bahwa cara nyantrik adalah belajar dari yang lebih tua, di mana sistem pendidikan Jawa adalah sistem pendidikan non formal dan turun temurun.

Proses pewarisan budaya nyantrik ukir di Jepara tidak terlepas dari proses sosialisasi yang terjalin pada masyarakat Jepara. Melalui sosialisasi yang berkembang dapat menjadi jembatan bagi generasi tua untuk menyalurkan teknik-teknik mengukir kepada generasi muda. Sehingga dapat menumbuhkan regenerasi yang sadar budaya Jepara, khususnya pada kerajinan ukir.

3. Contoh Tinjauan Pustaka Jurnal

Inilah contoh tinjauan pustaka jurnal terbaru.

BAB II
TINJAUAN PUSTAKA DAN KERANGKA TEORI

A. Tinjauan Pustaka

Penelitian ini merupakan penelitian yang membahas tentang kebijakan pendidikan. Tinjauan pustaka atau kajian pustaka yang ada hubungannya dengan penelitian ini yaitu sebagai berikut:

Penelitian pertama yaitu penelitian yang dilakukan oleh Fadly Mart Gultom, Fakultas Tarbiyah dan keguruan UIN Sunan Kalijaga dengan judul “Kebijakan Keagamaan Islam di Indonesia” tahun 2014.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut ditemukan tentang rumusan PP RI No. 55 Tahun 2007 terkait pendidikan keagamaan Islam perspektif kebijakan publik yang jika ditinjau dari ciri kebijakan tidak memenuhi, karena rumusannya memiliki kekurangan yang dapat menimbulkan masalah baru.

Sumber: umy.ac.id

4. Contoh Tinjauan Pustaka Karya Ilmiah

Berikut ini adalah contoh tinjauan pustaka untuk karya ilmiah yang baik dan benar.

BAB II

TINJAUAN PUSTAKA

2.1 Tinjauan Penelitian Terdahulu

Tinjauan pustaka memuat analisis dan uraian sistematika tentang teori, hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ada hubungannya dengan masalah yang diteliti dalam rangka memperoleh pemikiran konseptual terhadap variabel yang akan diteliti. Dalam penelitian ini dibahas tentang “penggunaan metode Qira’ati dalam pembelajaran al–Qur’an Hadis di Mts DDI Kanang.” Penulis menggunakan beberapa refensi sebagai bahan acuan yang berhubungan dengan skripsi yang penulis teliti antara lain:

Skripsi oleh Qoyyumamin Aqtoris dengan judul “Penggunaan metode pengajaran Qira’ati dalam meningkatkan baca tulis al-Qur’an di TPQ Wardatul Ishlah Marjosari Lowokwaru Malang.” Tahun 2008, meneliti tentang cara meningkatkan baca tulis al-Qur’an peserta didik dengan menggunakan metode Qira’ati, adapun problematika pembelajaran yakni: pertama, bagaimana penggunaan metode pengajaran Qira’ati dalam meningkatkan baca tulis al-Qur’an di TPQ dengan baik dan benar. Kedua, usaha yang dilakukan oleh pendidik dalam meningkatkan minat baca al-Qur’an peserta didik di TPQ. Yang menjadi titik pembeda antara peneliti Qoyyumamin Aqtoris dengan penelitian sekarang adalah dilihat dari objek penelitian.

Sumber: iainpare.ac.id

5. Tinjauan Pustaka Contoh Laporan PKL

Inilah tinjauan pustaka contoh laporak PKL yang benar.

CONTOH TINJAUAN PUSTAKA LAPORAN

Sumber gambar contoh tinjauan pustaka: e-journal.uajy.ac.id

6. Contoh Tinjauan Pustaka Penelitian

Berikut ini adalah contoh tinjauan pustaka penelitian terbaru.

contoh tinjauan pustaka penelitian awal

Sumber: e-journal.uajy.ac.id

7. Tinjauan Pustaka Contoh Makalah

Inilah tinjauan pustaka contoh makalah yang bisa kamu gunakan untuk tugas.

contoh tinjauan pustaka makalah

Sumber: dspace.uii.ac.id

8. Contoh Tinjauan Pustaka Skripsi

Inilah contoh tinjauan pustaka skripsi yang bisa kamu jadikan referensi.

contoh tinjauan pustaka skripsi

Sumber: eprints.utdi.ac.id

***

Itulah tadi 8 contoh tinjauan pustaka yang dapat kamu pahami dengan mudah.

Semoga artikel ini bermanfaat ya Property People!

Jika kamu sedang mencari rumah, apartemen, tanah atau yang lainnya di marketplace properti tepercaya dan aman, bisa mengunjungi laman Rumah123.com dan 99.co.

Untuk mendapatkan penawaran terbaik seperti di Sutera Sawangan Depok.

Buka lembaran baru dan wujudkan impianmu, kami selalu #AdaBuatKamu.

Jangan sampai ketinggalan untuk mendapatkan berita dan tips terbaru mengenai dunia properti dalam negeri serta mancanegara di artikel Rumah123.com.


Tag: , ,


Christantio Utama
Lulusan Binus jurusan Hubungan Internasional. Mengawali karier sebagai jurnalis di Detikcom pada 2018 dan sekarang bekerja di 99 Group sebagai penulis artikel. Tio rutin menulis tentang properti, gaya hidup, dan teknologi.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA