OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

3 Contoh Teks MC Halal Bihalal Lengkap dengan Strukturnya

15 Februari 2024 · 4 min read Author: Alya Zulfikar · Editor: Bobby Agung Prasetyo

teks mc halal bihalal

teks mc halal bihalal | shutterstock

Master of ceremony (MC) acara halal bihalal sebaiknya menyiapkan teks agar dapat memandu acara dengan lebih terarah. Berikut ini contoh teks MC halal bihalal yang dapat dijadikan referensi!

Halal bihalal adalah kegiatan saling bermaaf-maafan atas kesalahan yang telah lalu setelah lebaran.

Tak hanya diselenggarakan setelah lebaran saja, tradisi ini juga kerap diadakan saat menyambut datangnya bulan suci Ramadan.

Apabila kamu bertugas sebagai MC, simak contoh teks MC halal bihalal berikut ini!

Contoh Teks MC Halal Bihalal

1. Teks MC Halal Bihalal Menyambut Ramadhan

Pembukaan:

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillah, segala puji dan syukur kehadirat Allah Swt., Tuhan Yang Maha Esa, yang telah mempertemukan kita pada sore yang penuh berkah ini dalam rangka mempererat tali silaturahmi dan menyambut datangnya bulan suci Ramadan. Sholawat serta salam semoga senantiasa tercurah kepada baginda Rasulullah Nabi Muhammad saw., beserta keluarga, sahabat, dan para pengikutnya hingga akhir zaman.

Hadirin yang dirahmati Allah Swt.,

Sebentar lagi kita akan memasuki bulan yang penuh ampunan, bulan yang penuh berkah, bulan di mana pintu rahmat Allah Swt. terbuka lebar, yaitu bulan suci Ramadan. Untuk menyambut tamu agung tersebut, marilah kita bersihkan hati dan niat, memperbanyak amal kebaikan, dan saling memaafkan satu sama lain.

Sambutan & Tausiyah (Opsional):

Pada kesempatan ini, kita akan mendengarkan sambutan dari Bapak/Ibu [Nama Pembicara] dan tausiyah singkat mengenai persiapan menyambut Ramadan oleh Ustaz/Ustazah [Nama Pembicara]. Mari kita ikuti dengan khidmat.

Doa Bersama:

Sebelum memulai acara selanjutnya, marilah kita bersama-sama memanjatkan doa kepada Allah Swt. agar kita diberikan kekuatan, kesehatan, dan kelapangan hati untuk menjalankan ibadah di bulan Ramadan. Pimpin doa oleh Bapak/Ibu [Nama Pemimpin Doa].

Acara Inti:

Selanjutnya, kita akan memasuki acara inti yaitu sesi Halal Bihalal. Marilah kita saling bermaafan, bersalam-salaman, dan mempererat jalinan persaudaraan sesama muslim. Semoga Allah Swt. memperkenankan segala permohonan maaf kita dan membawa keberkahan di bulan Ramadan yang akan datang.

Penutup:

Akhir kata, tak lupa saya selaku pembawa acara ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh panitia acara dan kepada para hadirin sekalian atas kehadirannya. Semoga acara ini bermanfaat dan meninggalkan kesan yang baik bagi kita semua. Mohon maaf apabila terdapat kekurangan dalam penyelenggaraan acara ini.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

2. Teks MC Halal Bihalal RT

Pembukaan:

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Selamat pagi/siang/sore, para tetangga yang saya hormati dan saya sayangi.

Alhamdulillah, pada hari yang berbahagia ini kita dapat berkumpul bersama dalam rangka Halal Bihalal di lingkungan RT [Nomor RT]. Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah Swt. atas limpahan rahmat dan karunia-Nya sehingga kita masih diberikan kesempatan untuk bersilaturahmi dan mempererat tali persaudaraan.

Sambutan Ketua RT:

Selanjutnya, marilah kita dengarkan sambutan dari Ketua RT [Nomor RT], Bapak/Ibu [Nama Ketua RT].

Tausiyah (Opsional):

Pada kesempatan ini, kita juga akan mendengarkan tausiyah singkat mengenai pentingnya silaturahmi oleh Ustaz/Ustazah [Nama Pembicara].

Acara Inti:

Setelah itu, tibalah saatnya kita saling bermaaf-maafan dan bersalaman satu sama lain. Marilah kita jadikan momen ini sebagai kesempatan untuk membersihkan hati dan memperkuat persatuan di lingkungan RT kita.

Hiburan (Opsional):

Acara Halal Bihalal ini juga dimeriahkan dengan [isi hiburan, misal: penampilan anak-anak TPQ, musik religi, dll.].

Penutup:

Demikianlah acara Halal Bihalal di lingkungan RT [Nomor RT] pada hari ini. Saya selaku pembawa acara mohon maaf atas segala kekurangan dan khilaf. Terima kasih atas kehadiran dan partisipasi dari semua pihak.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

3. Teks MC Halal Bihalal Idul Fiftri

teks mc halal bihalal idul fitri

teks mc halal bihalal idul fitri

Pembukaan:

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Selamat pagi/siang/sore, para hadirin yang berbahagia.

Alhamdulillah, puji syukur kehadirat Allah Swt. atas limpahan rahmat dan karunia-Nya sehingga kita dapat berkumpul di ruangan ini dalam rangka Halal Bihalal Idul Fitri 1445 Hijriah.

Sambutan (Opsional):

Pada kesempatan ini, marilah kita dengarkan sambutan dari [Nama Pembicara 1] dan [Nama Pembicara 2].

Tausiyah (Opsional):

Kita juga akan mendengarkan tausiyah singkat mengenai makna Idulfitri dan pentingnya silaturahmi oleh Ustaz/Ustazah [Nama Pembicara].

Acara Inti:

Setelah itu, tibalah saatnya kita saling bermaaf-maafan dan bersalaman satu sama lain. Marilah kita jadikan momen ini sebagai kesempatan untuk membersihkan hati dan memperkuat persaudaraan di antara kita.

Hiburan (Opsional):

Acara Halal Bihalal ini juga dimeriahkan dengan [isi hiburan, misal: penampilan anak-anak TPQ, musik religi, dll.].

Penutup:

Demikianlah acara Halal Bihalal Idulfitri 1445 Hijriah pada hari ini. Saya selaku pembawa acara mohon maaf atas segala kekurangan dan khilaf. Terima kasih atas kehadiran dan partisipasi dari semua pihak.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

***

Demikian contoh teks MC halal bihalal yang dapat dijadikan referensi.

Baca artikel informatif lainnya hanya di artikel.rumah123.com dan Google News.

Pusing mencari hunian? Dapatkan rekomendasi terbaiknya di Rumah123 karena #SemuaAdaDisini.

Kunjungi juga Teras123 untuk ngobrolin properti!


Tag: , ,


alya

Content Writer

Berkarier di dunia kepenulisan sejak 2018 sebagai penulis lepas. Kini menjadi penulis di 99 Group dengan fokus seputar gaya hidup, properti, hingga teknologi. Gemar menulis puisi, memanah, dan mendaki gunung.
Selengkapnya