OK
logo rumah123
logo rumah123
Iklankan Properti
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

6 Contoh Teks Diskusi tentang Game Online untuk Pelajar. Berisi Dampak Positif dan Negatifnya!

06 Februari 2024 · 10 min read Author: Gadis Saktika · Editor: M. Iqbal

contoh teks diskusi tentang game online

sumber: freepik.com

Dalam kegiatan diskusi di sekolah, banyak tema yang bisa dibawakan, termasuk aktivitas sehari-hari, seperti bermain game online. Kegiatan tersebut tentu menarik untuk disinggung karena pengaruhnya memunculkan pro dan kontra. Nah, kali ini Rumah123 telah menghadirkan contoh teks diskusi tentang game online secara lengkap untuk dijadikan referensi.

Diskusi merupakan aktivitas sosial yang tak terpisahkan dalam hidup kita.

Ketika bermain bersama teman, pasti terselip suatu diskusi untuk membicarakan banyak hal.

Kemudian saat berkegiatan di sekolah, kita juga pasti akan berdiskusi bersama teman dan guru untuk membicarakan suatu materi.

Bahkan di pelajaran bahasa Indonesia, ada materi tentang teks diskusi, lo.

Melansir dari buku Ahli Kode dalam Teks Diskusi yang ditulis Annisa Ayu dkk., teks diskusi merupakan tulisan yang disusun untuk menyajikan pendapat, sudut pandang, atau perspektif yang berbeda terhadap suatu permasalahan.

Permasalahan tersebut bisa tentang beragam macam materi, salah satunya tentang game online.

Terkait itu, Rumah123 telah menghadirkan beragam contoh teks diskusi tentang game online yang bermutu.

Melansir dari banyak sumber, yuk lihat ragam contohnya pada uraian di bawah ini.

6 Contoh Teks Diskusi tentang Game Online untuk Pelajar

contoh teks diskusi tentang game online

sumber: freepik.com

1. Teks Diskusi tentang Game Online

Judul: Dampak Positif dan Negatif Game Online dalam Kehidupan Modern

Pendahuluan: Game online telah menjadi fenomena besar dalam masyarakat modern. Dengan meningkatnya akses internet, banyak orang dari berbagai usia terlibat dalam berbagai jenis game online. Namun, perdebatan seputar dampak positif dan negatif game online terus berlanjut. Dalam diskusi kali ini, kita akan mengeksplorasi beberapa aspek penting dari game online dan bagaimana mereka mempengaruhi kehidupan sehari-hari.

Dampak Positif Game Online:

  1. Keterampilan Kognitif dan Keterampilan Strategis:
    • Banyak game online memerlukan pemikiran cepat, keterampilan strategis, dan pemecahan masalah. Ini dapat membantu pemain mengembangkan kemampuan kognitif mereka.
  2. Kolaborasi dan Komunikasi:
    • Game online sering kali membutuhkan kerjasama tim. Ini dapat meningkatkan keterampilan sosial, komunikasi, dan kolaborasi dalam lingkungan virtual.
  3. Kreativitas dan Imajinasi:
    • Beberapa game online menawarkan dunia yang luas dan mendalam, memberikan pemain kesempatan untuk mengembangkan kreativitas dan imajinasi mereka sendiri.
  4. Komunitas Online:
    • Game online sering kali menciptakan komunitas besar di sekitar mereka. Ini memberikan pemain kesempatan untuk terhubung dengan orang-orang dari berbagai belahan dunia dan membangun persahabatan.

Dampak Negatif Game Online:

  1. Ketergantungan dan Gangguan Kesehatan Mental:
    • Beberapa orang mungkin menjadi kecanduan game online, menyebabkan gangguan tidur, stres, dan masalah kesehatan mental lainnya.
  2. Kekerasan dan Konten Tidak Pantas:
    • Beberapa game online mungkin mengandung konten kekerasan atau tidak pantas, yang dapat memengaruhi perilaku dan pandangan dunia pemain, terutama pada anak-anak.
  3. Waktu yang Dikorbankan:
    • Keterlibatan berlebihan dalam game online dapat menyebabkan pengorbanan waktu yang seharusnya digunakan untuk kegiatan fisik, pekerjaan, atau kegiatan sosial di dunia nyata.
  4. Ketidakseimbangan Hidup:
    • Beberapa orang mungkin kesulitan mencapai keseimbangan antara bermain game online dan menjalani kehidupan sehari-hari yang seimbang.

Kesimpulan: Game online memiliki dampak yang kompleks dalam kehidupan modern. Sementara mereka dapat memberikan manfaat dalam pengembangan keterampilan dan koneksi sosial, perlu juga diakui bahwa kelebihan penggunaan game online dapat menyebabkan dampak negatif, terutama pada aspek kesehatan mental dan waktu yang dikorbankan. Oleh karena itu, penting untuk mengelola waktu dan partisipasi dalam game online agar tetap seimbang dengan kehidupan sehari-hari.

2. Teks Diskusi Game Online

Judul: Peran Game Online dalam Pendidikan Modern

Pendahuluan: Pendidikan modern telah mengalami transformasi besar dengan adanya teknologi, dan game online menjadi salah satu elemen yang memainkan peran signifikan dalam proses pembelajaran. Dalam diskusi kali ini, kita akan membahas bagaimana game online dapat membawa dampak positif dalam konteks pendidikan.

Manfaat Positif Game Online dalam Pendidikan:

  1. Pengembangan Keterampilan Pemecahan Masalah:
    • Banyak game online didesain untuk memicu pemecahan masalah dan kreativitas. Melalui tantangan-tantangan dalam game, siswa dapat mengasah keterampilan pemecahan masalah mereka.
  2. Motivasi dan Keterlibatan:
    • Game online dapat menjadi sarana yang sangat efektif untuk memotivasi siswa. Fitur-fitur seperti skor, tingkat, dan penghargaan dapat meningkatkan rasa pencapaian dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran.
  3. Pembelajaran Interaktif:
    • Beberapa game online memungkinkan pembelajaran interaktif, yang memungkinkan siswa belajar dengan cara yang lebih menyenangkan dan terlibat, meningkatkan retensi informasi.
  4. Kolaborasi dan Komunikasi:
    • Game online yang dirancang untuk pembelajaran sering memerlukan kolaborasi dan komunikasi antara siswa. Ini menciptakan lingkungan di mana siswa dapat belajar satu sama lain.

Tantangan dalam Penggunaan Game Online dalam Pendidikan:

  1. Konten Pendidikan yang Tidak Memadai:
    • Beberapa game online mungkin kurang mendalam dari segi konten pendidikan. Penting untuk memastikan bahwa game yang digunakan diintegrasikan dengan baik dengan kurikulum.
  2. Pengawasan dan Keterlibatan Guru:
    • Meskipun game online dapat memberikan manfaat, pengawasan guru tetap diperlukan untuk memastikan bahwa penggunaan game ini sesuai dengan tujuan pembelajaran.
  3. Aksesibilitas dan Kesetaraan:
    • Tidak semua siswa memiliki akses yang sama terhadap teknologi dan game online. Penting untuk memastikan kesetaraan akses untuk mencegah disparitas dalam pembelajaran.

Kesimpulan: Game online menawarkan potensi besar untuk meningkatkan pembelajaran dalam konteks pendidikan modern. Namun, tantangan dalam integrasi dan pengawasan perlu diatasi untuk memastikan bahwa manfaatnya dapat dioptimalkan. Dengan pendekatan yang cermat, game online dapat menjadi alat yang berharga dalam membantu siswa mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan dalam dunia pendidikan yang terus berkembang.

3. Teks Diskusi tentang Pro dan Kontra tentang Game Online

main game

sumber: shutterstock.com

Judul: Dampak Positif dan Negatif Game Online serta Tips Bermain Secara Bijak

Pendahuluan: Game online merupakan salah satu bentuk hiburan yang digemari oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Game online menawarkan berbagai macam genre dan fitur yang menarik sehingga tidak mengherankan jika aktivitas tersebut menjadi salah satu tren yang populer saat ini.

Namun, di balik keseruan bermain game online, ada juga beberapa dampak negatif yang perlu diwaspadai. Oleh karena itu, penting untuk memahami dampak positif dan negatif game online agar dapat bermain secara bijak dan tidak menimbulkan masalah.

Argumen mendukung:

Berikut ini adalah beberapa dampak positif game online yang bisa diketahui.

  • Meningkatkan kreativitas

Game online dapat meningkatkan kreativitas pemainnya. Hal ini dikarenakan pemain game online dituntut untuk berpikir kreatif agar dapat menyelesaikan tantangan dalam game.

  • Meningkatkan kemampuan memecahkan masalah

Game online juga dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah pemainnya. Hal ini dikarenakan pemain game online dituntut untuk berpikir kritis dan mencari solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah dalam game.

  • Meningkatkan kemampuan bersosialisasi

Game online dapat meningkatkan kemampuan bersosialisasi pemainnya. Hal ini dikarenakan game online memungkinkan pemain untuk berinteraksi dengan pemain lain dari berbagai latar belakang.

  • Meningkatkan keterampilan motorik

Game online dapat meningkatkan keterampilan motorik pemainnya. Hal ini dikarenakan beberapa game online mengharuskan pemainnya untuk melakukan gerakan-gerakan tertentu untuk mengendalikan karakter atau objek dalam game.

Selain dampak positif, game online juga memiliki beberapa dampak negatif yang perlu diwaspadai, antara lain:

  • Kecanduan

Game online dapat menyebabkan kecanduan, terutama jika dimainkan secara berlebihan. Kecanduan game online dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, seperti belajar, bekerja, atau beribadah.

  • Penurunan prestasi

Game online dapat menyebabkan penurunan prestasi, terutama jika dimainkan secara berlebihan. Hal ini dikarenakan pemain game online akan menghabiskan waktunya untuk bermain game sehingga waktu yang seharusnya digunakan untuk belajar atau mengerjakan tugas akan berkurang.

  • Konflik sosial

Game online dapat menyebabkan konflik sosial, terutama jika pemain game online terlibat dalam pertengkaran atau saling menghina di dalam game.

  • Gangguan kesehatan

Game online dapat menyebabkan gangguan kesehatan, seperti sakit mata, sakit kepala, atau nyeri otot. Hal ini dikarenakan pemain game online akan menatap layar komputer atau ponsel dalam waktu yang lama.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk bermain game online secara bijak:

  • Tetapkan batas waktu bermain

Sebaiknya batasi waktu bermain game online Anda dalam sehari agar terhindar dari kecanduan.

  • Pilih game online yang sesuai dengan usia dan minat Anda

Pilih game online yang sesuai dengan usia dan minat Anda. Hal ini untuk menghindari game online yang mengandung unsur kekerasan atau pornografi.

  • Jangan bermain game online sendirian

Bermain game online bersama teman atau keluarga dapat mengurangi risiko kecanduan game online.

  • Luangkan waktu untuk aktivitas lain

Luangkan waktu untuk aktivitas lain selain bermain game online, seperti belajar, bekerja, atau beribadah. Hal ini untuk menjaga keseimbangan hidup Anda.

4. Contoh Teks Diskusi tentang Game Online

contoh teks diskusi tentang game online

sumber: freepik.com

Judul: Dampak Game Online bagi Pelajar

Pendahuluan: Dalam era globalisasi ini, game online semakin marak di kalangan masyarakat. Peminatnya berasal dari berbagai kalangan. Mulai dari anak-anak, remaja, dan bahkan hinga dewasa, terutama pelajar. Kini, game online semakin mudah ditemukan dan banyak macamnya. Sehingga, banyak masyarakat yang menggemarinya. Apalagi, kini banyak warnet yang menyediakan game online dengan harga yang cukup murah. Membuat peminat game online terus meningkat hingga sekarang.

Argumen mendukung:

Sebagian besar masyarakat menganggap bahwa game online akan memberikan damapak negatif bagi para pemainnya. Namun, ada juga yang menganggap bahwa bermain game online akan berdampak positif. Berikut ini adalah beberapa dampak positif game online bagi pelajar.

Pertama, game online merupakan suatu aktivitas untuk refreshing. Anak yang baru pulang dari sekolah dapat menghilangkan rasa jenuh setelah berjam-jam memikirkan pelajaran, dengan bermain game online. Mereka bisa melepaskan kelelahan sambil bermain game online, yang digemarinya.

Kedua, bermain game online dapat meningkatakan kreativitas sang anak. Mereka akan berimajinasi tentang hal-hal baru yang mereka temui ketika bermain game. Anak bisa mendapatkan ide menarik dari game untuk menyelesaikan tugas dari gurunya di sekolah. Sehingga, mereka bisa menciptakan sesuatu yang menakjubkan dari ide kreativitasnya setelah bermain game online.

Ketiga, permainan jenis ini dapat melatih konsentrasi anak, terutama pelajar. Sebab, pada saat bermain game online mereka harus berkonsentrasi dengan game yang dimainkannya, agar tidak kalah.

Keempat, game online juga melatih anak untuk mengatur strategi. Mereka akan mengatur strategi agar bisa menang dan mendapatkan skor terbanyak, serta menghindari hal-hal yang bisa membuatnya kalah dalam game.

Kelima, saat bermain game online anak akan berlatih untuk bersabar dan tidak pantang menyerah. Karena, ada beberapa jenis game yang bisa memancing emosi sang anak. Dan pada saat itulah anak diuji untuk dapat mengendalikan emosinya, agar bisa memenangkan game-nya.

Selain kelima hal diatas, dampak yang terakhir adalah menambah pengetahuan anak dalam kosakata berbahasanya. Sebab, ada beberapa game online yang tidak menggunakan bahasa Indonesia, melainkan bahasa-bahasa asing, seperti bahasa Inggris. Dengan begitu, anak harus berlatih bahasa Inggris agar bisa memahami berbagai ketentuan dalam game.

Argumen menentang:

Tentu dibalik semua dampak positif yang kita dapatkan, pasti juga ada dampak negatifnya, terutama bagi kalangan pelajar. Karena, kebanyakan peminat game online berasal dari kalangan pelajar. Berikut ini adalah beberapa dampak negatif game online.

Pertama, bermain game online dapat menyebabkan kecanduan. Jika mereka sudah terlanjur ketagihan, maka akan terus berusaha agar bisa mendapatkan skor terbanyak dan mencapai level tertinggi. Sehingga, mereka tidak akan meninggalkan game tersebut. Jika ditinggalkan mereka akan terus memikirkan game itu, entah sampai kapan.

Dampak yang kedua, masih berhubungan dengan  peristiwa kecanduan di atas. Yaitu, lupa waktu untuk melakukan aktivitas penting yang harus dilakukannya. Seperti belajar, makan, mandi, beribadah, dan berbagai aktivitas lainnya.

Ketiga, anak-anak yang sudah terlanjur kecanduan bermain game online, akan berusaha melakukan apapun agar bisa bermain game. Bahkan, yang lebih parah lagi, terkadang mereka merelakan waktu sekolah hanya untuk ke warnet demi bermain game online, alias bolos sekolah tanpa sepengetahuan orang tuanya.

Keempat, anak menjadi sering berbohong kepada orang tuanya. Misalnya, ia izin berpamitan untuk berangkat ke sekolah, tapi ternyata malah bolos, karena pergi ke warnet. Atau, ada juga anak yang meminta uang dengan alasan untuk membayar buku sekolah, padahal digunakan untuk membayar paketan gamenya di warnet.

Dampak yang terakhir, adalah merusak mata. Hal ini disebabkan karena anak terlalu sering menatap layar monitor saat bermain game. Sehingga, matanya sakit dan minus. Seperti yang kita ketahui sekarang ini, banyak sekali anak kecil yang sudah memakai kacamata.

Kesimpulan:

Dari berbagai pernyataan di atas dapat disimpulkan bahwa game online memiliki dampak positif dan negatif. Hal itu tergantung pada pemainnya. Oleh karena itu, orang tua disarankan untuk melakukan hal yang dapat mencegah dampak negatif dari internet. Seperti, bekerjasama dengan guru untuk turut memantau perkembangan anaknya ketika di sekolah.

5. Teks Diskusi tentang Game Online

6. Teks Diskusi Game Online

***

Nah, itulah ragam contoh teks diskusi tentang game online yang bisa kamu ketahui.

Semoga bermanfaat, Property People.

Baca informasi seputar pendidikan lainnya seperti contoh teks diskusi kelas 9 semester 2 hanya di artikel.rumah123.com.

Kalau kamu ingin ngobrolin properti dengan ahlinya, coba deh kunjungi ke Teras123!

Nantinya, kami akan memberi jawaban yang komprehensif soal pertanyaan yang kamu ajukan, lo.

Tak lupa, kunjungi Rumah123 untuk menemukan hunian impian karena #SemuaAdaDisini.


Tag: , ,


Gadis Saktika

Content Writer

Gadis Saktika adalah Content Writer di 99 Group yang sudah berkarier sebagai penulis dan wartawan sejak tahun 2019. Lulusan Bahasa dan Sastra Indonesia UPI ini senang menulis tentang etnolinguistik, politik, HAM, gaya hidup, properti, dan arsitektur.
Selengkapnya