OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

8 Contoh Resume Jurnal Penelitian yang Benar (Nasional dan Internasional)

16 Januari 2024 · 10 min read Author: Ilham Budhiman · Editor: M. Iqbal

contoh resume jurnal

Resume jurnal menjadi salah satu aktivitas yang sering dilakukan mahasiswa dan peneliti di perguruan tinggi atau universitas. Masih bingung bagaimana cara menyusunnya? Simak contoh resume jurnal lengkap di sini!

Menurut buku Komunikasi Bisnis oleh Reza Nurul Ichsan, resume adalah ringkasan atau rangkuman yang dipangkas dengan mengambil bagian pokok serta menyisihkan rincian dan ilustrasinya dari suatu tulisan.

Ada macam-macam resume yang biasa dibuat, mulai dari resume buku, resume lamaran kerja, resume penelitian, hingga resume jurnal.

Lantas, apa itu resume jurnal?

Baca pengertiannya sama-sama, ya.

Apa Itu Resume Jurnal?

Resume jurnal adalah ringkasan singkat dari isi suatu jurnal ilmiah atau artikel penelitian.

Tujuan resume jurnal memberikan gambaran tentang topik, metodologi, hasil, dan kesimpulan dari penelitian yang dilakukan dalam jurnal tersebut.

Nah, bagi kamu yang berencana membuat resume jurnal, penting untuk mengetahui cara resume jurnal yang baik dan benar.

Sebelum melihat contohnya, pahami dulu cara resume jurnal di bawah ini.

Cara Resume Jurnal

Cara membuat resume jurnal adalah baca jurnal dengan cermat, tulis ide pokok tulisan, paparkan isi jurnal, dan review jurnal tersebut dengan saksama.

Adapun format resume jurnal antara lain informasi jurnal, latar belakang, tujuan jurnal, metode penelitian, hasil penelitian, dan kesimpulan.

Namun, setiap universitas memiliki format struktur resume jurnal yang bermacam-macam.

Saat ini, ada berbagai web resume jurnal atau aplikasi resume jurnal dengan cara resume jurnal online.

Namun, kamu bisa resume jurnal manual dengan mudah tanpa aplikasi, lo.

Berikut contoh resume jurnal yang baik dan benar di bawah ini!

8 Contoh Resume Jurnal

1. Resume Jurnal

Judul Jurnal : An Application for Management and Monitoring the Data Centers Based on SNMP
Volume : 978-1-4799-6248-14/14
Tahun : 2014
Penulis : Arman Roohi, Khashayar Raeisifard, Suhaimi Ibrahim

Latar Belakang

Hanya beberapa organisasi yang teliti memahami apa yang ada di jaringan mereka pada waktu tertentu. Penelitian ini mencoba mengembangkan Computer and Network Asset Manager (CNAM) yang merupakan aplikasi manajemen jaringan yang membantu perusahaan besar, dan usaha kecil menengah (UKM) penyedia layanan, mengelola pusat data dan infrastruktur TI mereka secara efisien dan biaya efektif, menggunakan metode Simple Network Management Protocol (SNMP).

Tujuan

1. Menjelaskan CNAM sebagai aplikasi pengelolaan dan pemantauan pada data center berbasis SNMP.
2. Menjelaskan pengolaan dan hasil pemantauan secara real-time.

Hasil

CNAM mencoba mengintegrasikan berbagai jenis peralatan dengan vendor yang berbeda di platform yang sama untuk mengelola dan memantau tujuan. Untuk menerapkan CNAM perlu menggunakan protokol internet, model, dan pola.

CNAM mengumpulkan informasi tentang semua komponen perangkat keras jaringan instrumen yang ada di jaringan. Dalam proyek ini, metode monitoring jaringan secara real-time disarankan untuk informasi yang dinamis untuk mengurangi kompleksitas dan biaya dalam manajemen jaringan. Dalam metode yang diusulkan, Simple Network Protokol Manajemen (SNMP) pertama kali digunakan dalam pengumpulan data untuk memulai interaksi antara peralatan di pusat data tertentu, untuk mengumpulkan data SNMP ini perlu dimintanya Management Information Base (MIB) yang berfungsi sebagai database untuk informasi yang tersimpan.

Selanjutnya, untuk memastikan keaslian data di stasiun manajemen yang mengambil data real-time secara berkala dari peralatan, seorang insinyur jaringan (network engineer) harus melakukannya secara manual memasukkan informasi statis ke CNAM saat pertama kali diluncurkan. SNMP kemudian akan mengambil informasi statis yang tersimpan dan secara otomatis mulai mengumpulkan data real-time.

Untuk menerapkan CNMA penulis menggunakan Ruby on Rails untuk mengembangkan arsitektur MVC. Ruby menyediakan banyak perpustakaan untuk menulis aplikasi manajemen jaringan, seperti SNMP. Dalam kasus menggunakan file MIB berdasarkan standar IETF, Ruby telah disertakan dengan SNMP; file MIBs akan digunakan dalam sesi SNMP, jadi kita memiliki akses ke semua OID. Untuk keperluan pemantauan real time notifikasi, kami harus menerapkan beberapa tindakan dengan SNMP seperti dapatkan permintaan, dapatkan permintaan berikutnya, dan tabel berjalan. Untuk menggunakan tindakan ini perlu mengetahui alamat IP dari peralatan dan ada file MIB, jadi selama pendaftaran perangkat di dalam pusat data tertentu, kami harus menentukan alamat IP di bagian antarmuka dan menambahkan OID sebagai deskripsi perangkat kemudian kode pemantauan akan dilaksanakan.Hal ini memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan CNAM serta masukan data terkait.

Pendekatan berorientasi objek harus digunakan untuk mengimplementasikan SNMP dan MIB yang mewakili informasi manajemen sistem. Web based Enterprise Management (WBEM) diperlukan untuk transfer protokol seperti SNMP, serta untuk memasukkan data aktual secara manual untuk keaslian lebih lanjut dengan data real time.

Sumber: edocs.ilkom.unsri.ac.id

2. Resume Jurnal Contoh

Judul Jurnal: Dampak Perubahan Iklim Global terhadap Keanekaragaman Hayati di Ekosistem Hutan Hujan Tropis

Penulis: Dr. Aria Kusuma, Prof. Maya Indah

Jurnal: Journal of Environmental Science, Volume 45, Halaman 112-126, Tahun 2022

Ringkasan:

Jurnal ini menganalisis dampak perubahan iklim global terhadap keanekaragaman hayati di ekosistem hutan hujan tropis. Penelitian dilakukan dengan membandingkan data biodiversitas dari dua dekade terakhir dengan data historis. Hasilnya menunjukkan bahwa kenaikan suhu rata-rata dan perubahan pola curah hujan telah berdampak signifikan pada komposisi spesies flora dan fauna. Spesies endemik cenderung terancam punah karena perubahan habitat dan kompetisi dengan spesies yang lebih tahan terhadap kondisi baru. Meskipun beberapa spesies berhasil beradaptasi, keragaman total menurun secara signifikan. Studi ini memberikan wawasan penting tentang pentingnya perlindungan ekosistem hutan hujan tropis dalam menghadapi tantangan perubahan iklim global.

3. Contoh Resume Jurnal Kesehatan

contoh resume jurnal

Sumber: academia.edu

4. Contoh Resume Jurnal Penelitian

 

Judul Jurnal    : Potensi Air dan Metode Pengeloaan Sumber Daya Air di Daerah Aliran Sungai    Sowan Perancak Kabupaten Jembrana

Judul               : Potensi Air dan Metode Pengelolaan Sumber Daya Air

Volume           : Volume 3 Nomor 1, Juni 2014

Tahun              : 2014

Penulis            : I Gusti Agung Putu Eryani

Riviewer         : I Made Rian Sukrawan

Tanggal           : 7 Oktober 2018

Latar Belakang

Saat ini lahan di daerah das sudah banyak yang beralih fungsi, terutama lahan lahan pertanian  yang berada di muara sungai Sowan, Kabupaten Jembrana. saat ini sudah banyak berubah dari lahan pertanian menjadi  bangunan perumahan dan yang mendukung kegiatan pariwisata. Permasalahan yang terjadi setelah adanya perubahan alih fungsi lahan adalah banyaknya sedimen yang mengendap di hilir sungai akibat adanya erosi di DAS dan air permukaan banyak yang terbuang ke muara sungai dengan kurangnya resapan air akibat lahan pertanian berubah menjadi daerah pemukiman. Pengelolaan air permukaan  yang dibuang ke hilir sungai ini belum maksimal dilaksanakan dan dilestarikan untuk mendukung kebutuhan air baku di Provinsi Bali. Bagaimanakah potensi sumber daya air di sungai Badung dan di sungai Sowan di Bali dengan adanya perubahan fungsi lahan di muara sungai dan bagaimanakah metode pengelolaan sumber daya air yang masuk ke muara sungai sehingga sumber daya air menjadi lestari dan rencana penataan daerah hilir sungai serta manajemen/tata air di daerah hilir sungai Sowan Perancak Kabupaten Jembrana.

Tujuan

  1. Untuk mengetahui potensi air sumberdaya air di DAS sungai Sowan
  2. Untuk mengetahui bangaimanakah tata kelola air atau manajemen air untuk DAS Sowan

Metodelogi

Metode penelitian yang akan digunakan adalah fenomenologi. Hal ini sesuai dengan prinsip pelestarian objek studi yang banyak berkaitan dengan sistem pengelolaan sumber daya air.

Hasil

Potensi sumber daya air di DAS Sowan sebesar 194,17 juta m3, total ketersediaan untuk RKI sebesar 0,17 m3/detik, industri perhotelan sebesar 0,0014 m3/detik dan yang terbuang ke laut melalui muara sungai sebesar 5,42 m3/detik. Muara sungai Sowan di pantai Perancak memiliki lebar mulut muara berdasarkan hasil  pengukuran pada peta google earth adalah 0,85 km. Kondisi kualitas air untuk lingkungan muara sungai Sowan di daerah pantai Perancak diperoleh data kualitas air menurut Status Lingkungan Provinsi Bali, tahun 2012 diperoleh besarnya kadar BOD 10,61 mg/l dan kadar COD sebesar 16,47 mg.

Pengelolaan sumber daya air di DAS dan muara sungai, dihubungkan dengan kelestarian sumber daya air, yaitu: Kuantitatif: memperbesar suplai air ke dalam tanah sehingga menambah tampungan air tanah dan meningkatkan suplai air tanah ke alur sungai yang berdampak mengurangi fluktuasi debit limpasan; Kualitatif: mengurangi kandungan material tersuspensi aliran sungai (suspended load). Sebagai akibat bertambah besarnya air hujan yang masuk ke dalam tanah sehingga pengikisan permukaan berkurang; Dampak lain dari pengelolaan DAS yang baik adalah peningkatan produktivitas lahan karena peningkatan resapan air hujan ke dalam tanah akan menambah kadar lengas tanah (soil moisture) yang selain akan memperbesar ketersediaan air juga meningkatkan proses disintegrasi dan dekomposisi regolith dan batuan induk yang berakibat meningkatnya unsur mineral dan unsur hara tanah yang dibutuhkan dalam proses pertumbuhan tanaman.

Kesimpulan

  1. Kondisi kualitas air di Muara sungai Sowan Kabupaten Jembrana Kondisi kualitas air untuk lingkungan muara sungai Sowan di daerah pantai Perancak diperoleh data kualitas air menurut Status Lingkungan Provinsi Bali, tahun 2012 diperoleh besarnya kadar BOD 10,61 mg/l dan kadar COD sebesar 16,47 mg/l.
  2. Potensi air/debit di muara sungai Sowan Luas DAS sungai Sowan 205,818 Km2, dengan curah hujan di wilayah DAS ini sekitar 1.900 mm per tahun. Potensi sumber daya air di DAS Sowan sebesar 194,17 juta m3.
  3. Kegiatan pengelolaan DAS juga dihubungkan dengan kelestarian sumber daya air, yaitu: Kuantitatif: memperbesar suplai air ke dalam tanah sehingga menambah tampungan air tanah dan meningkatkan suplai air tanah ke alur sungai yang berdampak mengurangi fluktuasi debit limpasan; Kualitatif: mengurangi kandungan material tersuspensi aliran sungai (suspended load). Sebagai akibat bertambah besarnya air hujan yang masuk ke dalam tanah sehingga pengikisan permukaan berkurang; Dampak lain dari pengelolaan DAS yang baik adalah peningkatan produktivitas lahan karena peningkatan resapan air hujan ke dalam tanah akan menambah kadar lengas tanah (soil moisture) yang selain akan memperbesar ketersediaan air juga meningkatkan proses disintegrasi dan dekomposisi regolith dan batuan induk yang berakibat meningkatnya unsur mineral dan unsur hara tanah yang dibutuhkan dalam proses pertumbuhan tanaman.
  4. Ditinjau dari pengelolaan kondisi fisik DAS terdapat 3 jenis pengelolaan, yaitu: Secara teknis, yaitu pengelolaan dengan teknik-teknik konservasi lahan, secara vegetatif, yaitu dengan penghutanan kembali lahan, secara kimiawi, yaitu dengan pemanfaatan zat-zat kimia untuk meningkatkan kualitas lahan. Pada prinsipnya kebijakan pengelolaan daerah aliran sungai  (DAS) merupakan hal yang sangat penting dalam rangka mengurangi dan menghadapi permasalahan sumberdaya air baik dari segi kualitas dan kuantitasnya.

Sumber: www.academia.edu/made doni yasa

5. Contoh Resume Jurnal dan Jurnalnya

contoh resume jurnal

contoh resume jurnal

Sumber: mahasiswa.ung.ac.id

6. Resume Jurnal Penelitian

Sumber: publikasiindonesia.id

7. Resume Jurnal Singkat

Judul: Analisis Dampak Penggunaan E-learning Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa

Volume: Vol. 2 No. 3 2020

Tahun: 2020

Penulis: Fitriani, Anwar S.

Latar Belakang:

Jurnal ini berfokus pada analisis dampak penerapan e-learning terhadap prestasi belajar mahasiswa di sebuah perguruan tinggi. Perkembangan teknologi informasi, khususnya penggunaan platform e-learning, telah menjadi tren dalam dunia pendidikan tinggi.

Tujuan Penulisan Jurnal:

  1. Menilai efektivitas penggunaan e-learning dalam meningkatkan prestasi belajar mahasiswa
  2. Menganalisis persepsi mahasiswa terhadap penggunaan e-learning sebagai metode pembelajaran

Metode Penelitian:

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui survei dan analisis data statistik. Sampel penelitian melibatkan 150 mahasiswa dari berbagai program studi di perguruan tinggi tersebut.

Hasil Penelitian:

Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa penggunaan e-learning secara signifikan berkontribusi pada peningkatan prestasi belajar mahasiswa. Sebanyak 80% responden menyatakan kepuasan terhadap pengalaman menggunakan e-learning, sedangkan 65% melaporkan peningkatan capaian akademis mereka.

Kesimpulan:

Berdasarkan temuan, dapat disimpulkan bahwa implementasi e-learning memiliki dampak positif terhadap prestasi belajar mahasiswa. Oleh karena itu, disarankan agar perguruan tinggi terus mengembangkan dan meningkatkan pemanfaatan teknologi e-learning dalam proses pembelajaran.

Kelebihan dan Kekurangan:

Kelebihan penelitian ini adalah adanya kontribusi positif e-learning terhadap prestasi belajar. Namun, kekurangannya terletak pada keterbatasan generalisasi hasil karena sampel penelitian hanya berasal dari satu perguruan tinggi.

8. Contoh Tugas Resume Jurnal

Kesimpulan

Itulah contoh resume jurnal internasional dan nasional yang bisa kamu jadikan referensi.

Resume jurnal biasanya digunakan untuk keperluan akademis, seperti tugas kuliah, penelitian, atau penulisan karya ilmiah.

Oleh karena itu, kamu perlu memahami penyusunan resume jurnal tersebut sesuai kebutuhan.

Tips membuat resume jurnal adalah sebagai berikut:

  • Pahami struktur jurnal.
  • Baca jurnal dengan cermat.
  • Temukan ide pokok.
  • Tulis resume.
  • Review jurnal tersebut.

Selain itu, tulis resume dengan menggunakan bahasa baku, gunakan kalimat efektif, dan pastikan memberikan sumber jurnal.

***

Semoga informasinya bermanfaat, Property People.

Temukan ulasan menarik lainnya di artikel.rumah123.com.

Ingin cari informasi seputar hunian, tips, hukum, hingga KPR?

Yuk, ngobrolin properti lewat Teras123 sekarang juga.

Selain itu, dapatkan kemudahan memiliki hunian di Rumah123 karena #SemuaADAdiSini.

**gambar cover: scribd.com/hinata tsunade


Tag: , ,


Ilham Budhiman

Lulusan Sastra Daerah Unpad yang pernah berkarier sebagai wartawan sejak 2017 dengan fokus liputan properti, infrastruktur, hukum, logistik, dan transportasi. Saat ini, fokus sebagai penulis artikel di 99 Group.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA