OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

5 Contoh Pidato Perpisahan Kelas 12 SMA yang Berkesan

07 Mei 2024 · 7 min read Author: Maskah Alghofar · Editor: Bobby Agung Prasetyo

pidato perpisahan kelas 12

Ilustrasi pidato perpisahan kelas 12

Pidato menjadi salah satu kegiatan yang ada pada saat perpisahan sekolah. Contoh pidato perpisahan kelas 12 SMA ini dapat kamu modifikasi sesuai kebutuhan.

Masa SMA merupakan fase penuh warna dalam kehidupan setiap individu.

Tiga tahun diwarnai suka-duka, tawa- air mata, persahabatan dan percintaan, serta berbagai cerita yang terukir indah dalam memori.

Bagi murid kelas 12 SMA, momen perpisahan menandakan akhir dari petualangan di bangku sekolah menengah dan awal dari babak baru dalam kehidupan.

Perpisahan ini bukanlah momen yang mudah untuk dilewati.

Ada rasa haru, sedih, dan campur aduk emosi yang menyelimuti hati.

Kenangan indah bersama teman seperjuangan, guru-guru yang penuh kasih sayang, dan berbagai aktivitas di sekolah menjadi kenangan tak terlupakan yang akan selalu dirindukan.

Sebagai ungkapan rasa syukur dan terima kasih atas segala pengalaman berharga selama di SMA, biasanya diadakan acara perpisahan yang dikemas dengan berbagai kegiatan, termasuk pidato perpisahan oleh murid kelas 12.

Momen ini menjadi wadah untuk menyampaikan pesan dan kesan selama di sekolah, serta ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam perjalanan mereka.

Berikut ini beberapa rekomendasi yang dapat digunakan sebagai acuan dalam membuat pidato perpisahan kelas 12 SMA.

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 12 SMA

1. Contoh Pidato Perpisahan Kelas 12 SMA

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Kepada Yth. Bapak/Ibu Kepala Sekolah SMA Yayasan Pendidikan Islam Al Hamid,
Yth. Bapak/Ibu Guru-guru yang terhormat,
Yth. Orang tua/wali murid yang berbahagia,
Dan kepada seluruh teman-teman seperjuangan Kelas 12 IPA yang saya cintai.

Alhamdulillah, puji syukur kehadirat Allah Swt, atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, sehingga kita dapat berkumpul di tempat yang berbahagia ini dalam rangka Acara Perpisahan Kelas 12 SMA Yayasan Pendidikan Islam Al Hamid Jurusan IPA.

Shalawat serta salam senantiasa tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, beserta keluarga, sahabat, dan pengikutnya hingga akhir zaman.

Hadirin yang berbahagia,

Hari ini, tepatnya (tanggal bulan tahun), merupakan hari yang penuh makna bagi kita, khususnya bagi Kelas 12 IPA. Di hari ini, kita akan mengakhiri lembaran perjalanan kita di SMA Yayasan Pendidikan Islam Al Hamid. Rasa haru, bahagia, dan sedikit sedih bercampur aduk dalam diri kita.

Selama tiga tahun kita belajar dan berjuang bersama di SMA Yayasan Pendidikan Islam Al Hamid. Kita telah melewati suka dan duka, canda dan tawa, dan berbagai rintangan bersama-sama. Kita telah belajar banyak hal dari guru-guru kita, dari teman-teman kita, dan dari pengalaman kita sendiri.

Guru-guru kita, telah membimbing kita dengan penuh kasih sayang dan kesabaran. Mereka telah mengajari kita ilmu pengetahuan dan nilai-nilai kehidupan yang penting. Kepada guru-guru kami yang terhormat, kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dedikasi dan pengabdiannya.

Teman-teman seperjuangan, kita telah menjadi keluarga kedua bagi satu sama lain. Kita telah saling mendukung dan menyemangati dalam belajar dan meraih cita-cita. Kepada teman-teman seperjuangan, kami ucapkan terima kasih atas persahabatan dan kenangan indah yang telah kita lalui bersama.

Hadirin yang berbahagia,

Masa SMA telah usai, dan kini saatnya kita melangkah ke jenjang yang lebih tinggi. Kita akan menghadapi berbagai tantangan dan rintangan yang lebih besar di masa depan. Oleh karena itu, marilah kita jadikan pengalaman dan ilmu pengetahuan yang kita peroleh di SMA Yayasan Pendidikan Islam Al Hamid sebagai bekal untuk meraih cita-cita kita.

Janganlah kita lupa, untuk selalu menjaga nama baik almamater kita. Marilah kita jalin silaturahmi dan komunikasi dengan guru-guru dan teman-teman kita, meskipun kita sudah berada di tempat yang berbeda.

Akhir kata, kami ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kami selama ini. Kami mohon maaf atas segala kesalahan dan kekurangan kami selama belajar di SMA Yayasan Pendidikan Islam Al Hamid.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

2. Contoh Pidato Perpisahan Kelas 12 SMK

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Kepada Yth. Bapak/Ibu Kepala Sekolah SMK 1 Bojong,
Yth. Bapak/Ibu Guru-guru yang terhormat,
Yth. Orang tua/wali murid yang berbahagia,
Dan kepada seluruh teman-teman seperjuangan Kelas 12 Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) yang saya cintai.

Alhamdulillah, puji syukur kehadirat Allah Swt, atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, sehingga kita dapat berkumpul di tempat yang berbahagia ini dalam rangka Acara Perpisahan Kelas 12 SMK 1 Bojong Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL).

Shalawat serta salam senantiasa tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad saw, beserta keluarga, sahabat, dan pengikutnya hingga akhir zaman.

Hari ini, merupakan hari yang penuh makna bagi kita, khususnya bagi Kelas 12 RPL. Pada hari ini kita akan mengakhiri lembaran perjalanan kita di SMK 1 Bojong. Rasa haru, bahagia, dan sedikit sedih bercampur aduk dalam diri kita.

Kita telah melewati suka dan duka selama tiga tahun belajar serta berjuang bersama di SMK 1 Bojong ini. Kita telah belajar banyak hal tentang dunia teknologi dan pemrograman dari guru-guru kita, dari teman-teman kita, dan dari pengalaman kita sendiri.

Guru-guru telah membimbing kita dengan penuh kasih sayang dan kesabaran. Mereka telah mengajari kita ilmu pengetahuan dan keterampilan yang penting untuk menjadi programmer yang handal. Kepada guru-guru kami yang terhormat, kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dedikasi dan pengabdiannya.

Teman-teman seperjuangan, kita telah menjadi keluarga kedua bagi satu sama lain. Kita telah saling mendukung dan menyemangati dalam belajar dan menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan. Kepada teman-teman seperjuangan, kami ucapkan terima kasih atas persahabatan dan kenangan indah yang telah kita lalui bersama.

Masa SMK ini telah usai. Kini, saatnya kita melangkah ke jenjang yang lebih tinggi. Kita akan menghadapi berbagai tantangan dan rintangan yang lebih besar di masa depan.

Oleh karena itu, marilah kita jadikan pengalaman dan ilmu pengetahuan yang kita peroleh di SMK 1 Bojong Jurusan RPL ini sebagai bekal untuk meraih cita-cita.

Jangan lupa untuk selalu menjaga nama baik almamater dan terus menjalin silaturahmi baik dengan guru-guru maupun teman-teman semuanya.

Akhir kata, kami ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kami selama ini. Kami mohon maaf atas segala kesalahan dan kekurangan kami selama belajar di SMK 1 Bojong Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL).

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

3. Contoh Pidato Perpisahan Kelas 12 MAN

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Kepada Yang terhormat Bapak/Ibu Kepala Sekolah MAN 14 Jakarta,
Yang terhormat Bapak/Ibu Guru-guru MAN 14 Jakarta,
Yang terhormat Bapak/Ibu Wali Murid Kelas 12 IPA,
Dan yang tercinta teman-teman seperjuangan, Kelas 12 IPA MAN 14 Jakarta.

Alhamdulillah, puji syukur kehadirat Allah Swt, atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya, sehingga pada hari kita dapat berkumpul dalam rangka acara Perpisahan Kelas 12 MAN 14 Jakarta.

Hadirin yang berbahagia,

Tiga tahun terasa begitu singkat. Seolah kemarin kita baru saja melangkahkan kaki ke gerbang MAN 14 Jakarta dengan penuh semangat dan harapan. Kini, saatnya kita harus berpisah dan melanjutkan perjalanan hidup kita masing-masing.

Masa-masa di MAN 14 Jakarta begitu penuh dengan kenangan. Kita belajar bersama, tertawa bersama, dan bahkan menangis bersama. Kita saling membantu dan memotivasi satu sama lain untuk mencapai cita-cita. Guru-guru yang selalu sabar dan telaten membimbing kita, dan orang tua yang selalu memberikan dukungan dan doa untuk kita.

Teman-teman seperjuangan,

Masa SMA adalah masa yang paling indah dalam hidup kita. Di sini, kita menemukan jati diri kita, membangun persahabatan yang erat, dan belajar banyak hal tentang kehidupan. Kita belajar bagaimana menjadi manusia yang berkarakter, berilmu pengetahuan, dan beriman.

Kini, saatnya kita melangkah ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Kita akan menghadapi berbagai tantangan dan rintangan di masa depan. Saya yakin dengan bekal ilmu pengetahuan dan pengalaman yang kita dapatkan di MAN 14 Jakarta, kita mampu melewati semua itu.

Sebelum saya mengakhiri pidato ini, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada:

  • Bapak/Ibu Kepala Sekolah dan Guru-guru MAN 14 Jakarta yang telah membimbing dan mendidik kami dengan penuh kasih sayang.
  • Orang tua kami yang selalu mendukung dan mendoakan kami.
  • Dan kepada teman-teman seperjuangan yang telah menjadi sahabat terbaik kami terutama teman dari Jurusan IPA.

Mari kita jaga silaturahmi dan persahabatan ini meskipun kita sudah berpisah. Dan mari kita doakan bersama, semoga kita semua selalu sukses dan bahagia di masa depan.

Sekian dan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

4. Contoh Pidato Perpisahan Kelas 12 SMA Analis

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 12 SMA

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 12 SMA

5. Contoh Pidato Perpisahan Kelas 12 SMK Jurusan Tata Boga

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 12 SMK Jurusan Tata Boga

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 12 SMK Jurusan Tata Boga

***

Temukan artikel menarik lainnya seputar contoh pidato hanya di artikel.rumah123.com.

Kunjungi juga Google News kami agar tidak ketinggalan ragam berita terkini.

Jika sedang mencari hunian impian, cek Rumah123 karena #SemuaAdaDisini.

Kamu juga bisa ngobrolin properti terkini di Teras123!


Tag: , ,


Maskah Alghofar

Content Writer

Maskah adalah seorang content writer di 99 Group sejak tahun 2022. Lulusan Penerbitan PoliMedia Jakarta ini mengawali karir sebagai jurnalis online. Kini, Maskah rutin menulis tentang properti, gaya hidup, pendidikan, dan kesehatan.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA