OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

3 Contoh Pidato Isra Miraj Terbaik yang Inspiratif. Bisa Jadi Referensi!

18 Januari 2024 · 6 min read Author: Gadis Saktika · Editor: M. Iqbal

contoh pidato isra miraj

contoh pidato isra miraj | sumber: shutterstock.com

Dalam memperingarti Hari Isra Miraj, sekolah hingga lingkungan sekitar kerap dimeriahkan oleh pidato yang disiarkan oleh para ulama atau tokoh penting kepada masyarakat. Hal ini bertujuan untuk mengingatkan kita dengan salah kisah Nabi Muhammad yang istimewa. Terkait itu, Rumah123 telah menghadirkan contoh pidato Isra Miraj yang berisi materi penting pada artikel ini, lo!

Isra Miraj atau Isra Mikraj merupakan peristiwa luar biasa yang dialami oleh Nabi Muhammad saw..

Dalam peristiwa tersebut, Rasulullah diajak oleh Allah Swt. untuk melakukan perjalanan dari Masjidil Haram di Mekkah ke Masjidil Aqsa di Palestina, kemudian naik ke Sidratul Muntaha, dan akhirnya sampai di langit ketujuh.

Peristiwa ini pun menjadi momen paling penting bagi umat Islam karena dianggap sebagai bukti kekuasaan dan kebesaran Allah Swt., serta menjadi momentum untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada-Nya.

Dalam rangka memperingati Isra Miraj, biasanya akan diadakan berbagai kegiatan keagamaan, salah satunya penuturan pidato. 

Materi pidato Isra Miraj pun diisi dengan kisah Isra Miraj yang inspiratif, pesan-pesan moral, dan hikmah yang dapat dipetik dari peristiwa tersebut.

Nah, kalau kamu ditugaskan menjadi pembicara dalam kegiatan tersebut, tapi bingung mau bicara apa, yuk baca artikel ini sampai bawah.

Pasalnya, Rumah123 telah kumpulkan ragam contoh pidato Isra Miraj yang inspiratif supaya bisa kamu jadikan referensi.

3 Contoh Pidato Isra Miraj Terbaik yang Inspiratif

1. Pidato tentang Isra Miraj

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Hadirin yang berbahagia,

Pada kesempatan yang mulia ini, marilah kita bersama-sama memanjatkan puji syukur kehadirat Allah Swt., Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan kita banyak sekali nikmat, baik nikmat iman, nikmat Islam, maupun nikmat kesehatan, sehingga kita dapat berkumpul di sini untuk memperingati Isra Miraj Nabi Muhammad saw..

Hadirin yang berbahagia,

Isra Miraj adalah peristiwa luar biasa yang dialami oleh Nabi Muhammad saw. Dalam peristiwa ini, Nabi Muhammad saw. diperjalankan oleh Allah Swt. dari Masjidil Haram di Mekkah ke Masjidil Aqsa di Palestina, kemudian dilanjutkan ke Sidratul Muntaha, tempat di mana langit dan bumi bertemu. Dalam perjalanannya, Nabi Muhammad saw. bertemu dengan berbagai macam makhluk, termasuk malaikat, jin, dan para nabi terdahulu.

Peristiwa Isra Miraj memiliki banyak hikmah dan pelajaran yang dapat kita ambil. Salah satu hikmah yang paling penting adalah tentang pentingnya salat. Dalam peristiwa ini, Nabi Muhammad saw. menerima perintah untuk mendirikan salat lima waktu sehari semalam. Salat merupakan ibadah yang paling penting dalam Islam, karena merupakan tiang agama.

Hadirin yang berbahagia,

Selain itu, peristiwa Isra Miraj juga mengajarkan kita tentang pentingnya keimanan dan ketakwaan kepada Allah Swt. Nabi Muhammad saw. diperlihatkan berbagai macam tanda-tanda kekuasaan Allah Swt., mulai dari keindahan alam semesta hingga kebesaran surga dan neraka. Hal ini menunjukkan bahwa Allah Swt. adalah Tuhan Yang Maha Kuasa dan Maha Berkuasa.

Hadirin yang berbahagia,

Pada kesempatan ini, saya mengajak kita semua untuk merefleksikan peristiwa Isra Miraj dalam kehidupan kita sehari-hari. Marilah kita meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah Swt., dengan cara menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Marilah kita juga mendirikan salat lima waktu dengan khusyuk dan sempurna, karena salat adalah tiang agama.

Hadirin yang berbahagia,

Semoga Allah Swt. senantiasa membimbing kita semua untuk menjadi hamba-hamba-Nya yang beriman, bertakwa, dan beramal shalih. Aamiin.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

2. Pidato Isra Mi’raj

contoh pidato isra miraj

sumber: shutterstock.com

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah Subhanahu wa Ta’ala, yang dengan rahmat dan karunia-Nya kita dapat berkumpul di tempat ini. Selawat dan salam semoga tercurah kepada junjungan kita, Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, keluarga, sahabat, dan seluruh umat Islam.

Isra’ Mi’raj adalah peristiwa luar biasa yang menunjukkan kebesaran dan keagungan Allah Swt. serta keutamaan Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam sebagai utusan-Nya. Pada malam yang mulia itu, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam diberangkatkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa dengan perjalanan yang sangat luar biasa, yaitu Isra’. Setelah itu, beliau dinaikkan ke langit, yang dikenal sebagai Mi’raj.

Isra’ Mi’raj menjadi bukti nyata akan kedudukan istimewa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam di sisi Allah. Saat beliau naik ke langit, beliau bertemu dengan para nabi dan malaikat, mengajarkan kepada kita akan pentingnya tawakkal (bertawakal) kepada Allah, ketaatan, dan pentingnya salat.

Pada peristiwa ini, Allah memberikan umat Islam kewajiban salat lima waktu sehari semalam. salat menjadi sarana untuk menjalin hubungan yang erat antara hamba dengan Sang Pencipta. Setiap rakaat salat mengandung makna dan nilai-nilai yang mendalam, mengingatkan kita akan kebesaran Allah, keutamaan-Nya, serta tunduknya kita sebagai hamba.

Isra’ Mi’raj juga memberikan kita pelajaran tentang kekuasaan dan kebijaksanaan Allah. Segala sesuatu yang dikehendaki oleh-Nya pasti terjadi, dan kita sebagai hamba harus senantiasa bersyukur, bersabar, dan bertawakal kepada-Nya.

Sebagai umat yang diamanahkan dengan risalah Islam, kita hendaknya merenungkan dan mengambil hikmah dari peristiwa Isra’ Mi’raj ini. Mari kita tingkatkan ketaatan kita kepada Allah, mendalami ilmu agama, dan menjalankan ajaran Islam dengan sebaik-baiknya.

Akhir kata, marilah kita selalu berdoa semoga kita diberikan kekuatan untuk meneladani akhlak mulia Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, serta semoga kita diberikan keberkahan dalam setiap langkah hidup kita.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

3. Contoh Pidato Isra Miraj

Bismillahirrahmanirrahim. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Puji syukur kita panjatkan kepada Allah Swt., yang dengan rahmat dan karunia-Nya, kita dapat berkumpul dalam kesempatan yang penuh berkah ini. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada junjungan kita, Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, keluarga, sahabat, dan seluruh umat Islam.

Isra’ Mi’raj, peristiwa luar biasa yang menunjukkan kebesaran Allah dan kedudukan istimewa Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam sebagai utusan-Nya. Malam yang penuh keajaiban ini membawa berbagai pelajaran berharga bagi umat Islam.

Isra’, perjalanan malam yang mengangkat Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa, mengajarkan kita akan keberanian dan ketaatan. Nabi kita menempuh perjalanan yang tidak terbayangkan dengan iman yang teguh, menunjukkan kepada kita pentingnya tawakkal dan kepasrahan kepada Allah dalam menghadapi ujian hidup.

Mi’raj, perjalanan langit yang membawa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam menembus tujuh langit, memberikan kita pelajaran tentang keagungan Allah dan kemuliaan-Nya. Di setiap langit, beliau bertemu dengan para nabi, menandakan pentingnya solidaritas dan persatuan umat manusia dalam menegakkan kebenaran.

Peristiwa Isra’ Mi’raj juga mengajarkan kita pentingnya shalat sebagai tiang agama. Shalat lima waktu yang diperintahkan Allah kepada Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam saat berada di Sidratul Muntaha menjadi amalan utama yang harus diemban oleh setiap Muslim. Salat adalah sarana kita untuk meraih kedekatan dengan Allah dan memperoleh petunjuk-Nya dalam setiap langkah hidup.

Sebagai umat Islam, mari kita ambil hikmah dari Isra’ Mi’raj ini untuk meningkatkan kualitas iman dan amal kita. Segera benahi diri, tingkatkan keimanan, dan perkuat tali persaudaraan di antara kita.

Akhir kata, semoga peristiwa Isra’ Mi’raj menjadi pelita yang menerangi jalan hidup kita, menginspirasi kita untuk selalu mendekatkan diri kepada Allah, dan mengikuti jejak teladan terbaik, Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

***

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu, ya.

Cek artikel menarik lainnya, contoh ceramah singkat tentang Isra Miraj hanya di artikel.rumah123.com.

Tak lupa, kunjungi Rumah123 untuk menemukan hunian impian karena #SemuaADAdiSini.

Kalau kamu tertarik beli hunian di sana, tapi enggak tahu syarat dan ketentuan apa saja yang perlu disiapkan, gabung saja yuk di forum ngobrolin properti Teras123!


Tag: , ,


Gadis Saktika

Content Writer

Gadis Saktika adalah Content Writer di 99 Group yang sudah berkarier sebagai penulis dan wartawan sejak tahun 2019. Lulusan Bahasa dan Sastra Indonesia UPI ini senang menulis tentang etnolinguistik, politik, HAM, gaya hidup, properti, dan arsitektur.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA