OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

5 Contoh Ceramah Singkat tentang Isra Miraj untuk Mendalami Kisah Perjalanan Rasulullah

10 Januari 2024 · 9 min read Author: Gadis Saktika

ceramah singkat tentang isra miraj

Biasanya, peringatan Isra Mikraj atau Isra Mi’raj diisi dengan penyampaian ceramah tentang tema terkait. Hal ini dilakukan untuk mengenang Isra Miraj yang merupakan salah satu peristiwa penting dalam sejarah Islam. Buat kamu yang sedang mencari ceramah singkat tentang Isra Miraj untuk disampaikan kepada para muslim, yuk lihat contohnya pada artikel ini!

Melansir dari Kisah Isra’ dan Mi’raj Nabi Muhammad Saw karya Syofyan Hadi, Isra Mi’raj adalah salah satu peristiwa sejarah yang sangat penting dalam perjalanan risalah Nabi Muhammad saw.

Pasalnya di peristiwa ini, Nabi Muhammad saw. bersama Malaikat Jibril menjelajahi Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa dan Sidratul Muntaha untuk melaksanakan perintah Allah Swt..

Inilah mengapa Isra Mi’raj begitu penting bagi umat Islam karena di momen itu, Rasulullah mendapat perintah Allah Swt. untuk melaksanakan salat.

Kisah perjalanan Isra Mi’raj ini dijelaskan Allah swt. pada dua surat berbeda di dalam al-Qur’an, yaitu Al-Isra’ ayat 1 dan al-Najm ayat 13–18.

Untuk mengenang peristiwa Isra Mikraj, umat muslim di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia, ikut merayakannya.

Di Indonesia, ada banyak kegiatan yang dilakukan untuk merayakan Isra Miraj, salah satunya menyampaikan ceramah tentang Isra Miraj.

Berangkat dari hal di atas, artikel ini telah menghimpun ragam contoh ceramah singkat tentang Isra Miraj yang bisa dijadikan inspirasi.

Yuk, lihat penjelasannya pada uraian di bawah ini.

5 Contoh Ceramah Singkat tentang Isra Miraj

ceramah singkat tentang isra miraj

4 April 2019 – Ustadz Giving a Lecture During Recitation

1. Ceramah tentang Isra Miraj

Ceramah Singkat tentang Isra Miraj – Perjalanan Spiritual Menuju Ketinggian Iman

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Marilah kita sama-sama merenungkan kembali peristiwa agung yang terjadi pada malam 27 Rajab: Isra Miraj Nabi Muhammad saw.. Perjalanan luar biasa, bukan hanya melewati batas ruang dan waktu, tapi juga menembus kedalaman spiritualitas.

Malam itu, Rasulullah dikejutkan dengan datangnya Buraq. Dia digendong Malaikat Jibril, melintasi kiblat suci Masjidil Aqsa hingga mencapai Sidratul Muntaha, tempat di mana tak seorang pun yang pernah sampai sebelumnya. Beliau menyaksikan kebesaran Allah, bertemu dengan para nabi, dan menerima langsung perintah shalat lima waktu.

Hikmah apa yang dapat kita petik dari peristiwa ini?

Pertama, kekuasaan Allah Swt. tidak terbatas. Isra Miraj membuktikan bahwa Allah mampu melakukan apapun yang Dia kehendaki. Dengan izin-Nya, manusia bisa menembus batas-batas dunia yang kita kenal. Ini seharusnya menumbuhkan rasa takwa dan menguatkan iman kita kepada Allah yang Mahakuasa.

Kedua, pentingnya shalat. Perintah shalat lima waktu langsung dari Allah di Sidratul Muntaha menunjukkan betapa pentingnya ibadah ini. Shalat bukan hanya kewajiban, tapi juga jembatan untuk mendekatkan diri kepada Allah, sebagaimana perjalanan Rasulullah hingga ke langit tertinggi.

Ketiga, pentingnya kesabaran dan keteguhan iman. Dicemooh dan bahkan diancam ketika menceritakan Isra Miraj, Nabi Muhammad saw. tidak goyah. Beliau tabah dan yakin akan kebenaran wahyu yang diterimanya. Ini menjadi teladan bagi kita untuk selalu teguh dalam pendirian dan tidak mudah terombang-ambing oleh keraguan.

Keempat, Isra Miraj sebagai momentum meningkatkan kualitas ibadah. Mari jadikan peristiwa ini sebagai pengingat untuk memperbaiki shalat kita. Salat yang khusyuk, tulus, dan ikhlas. Shalat yang tidak hanya gerakan fisik, tapi juga menyentuh kedalaman hati kita.

Hadirin yang dimuliakan, mari jadikan Isra Miraj bukan hanya cerita, tapi inspirasi. Kita tingkatkan keimanan kita, kita perbaiki ibadah kita, dan kita tabah dalam menghadapi tantangan. Semoga kita semua bisa mengikuti jejak Rasulullah, tidak hanya dalam shalat, tapi juga dalam keteguhan iman dan akhlak mulia.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

2. Ceramah Singkat tentang Isra Miraj

Ceramah tentang Isra Miraj – Perjalanan Spiritual dan Kebesaran Allah

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah Swt., Tuhan yang Maha Esa, yang telah memberikan nikmat iman dan Islam kepada kita semua. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada junjungan kita, Nabi Muhammad saw., keluarga, dan sahabat-sahabatnya yang mulia.

Hari ini, marilah kita memperdalam pemahaman kita tentang peristiwa luar biasa yang memperlihatkan kebesaran dan keagungan Allah Swt., yaitu Isra Miraj. Isra Miraj adalah perjalanan spiritual yang dilalui oleh Nabi Muhammad saw. pada malam yang diberkahi.

Isra Miraj terdiri dari dua peristiwa penting. Pertama, Isra, yang merupakan perjalanan malam Nabi Muhammad saw. dari Masjidil Haram di Makkah ke Masjidil Aqsa di Yerusalem. Kedua, Miraj, yaitu perjalanan ke langit dan ketinggian yang lebih tinggi lagi bersama malaikat Jibril.

Perjalanan ini bukan sekadar peristiwa luar biasa, melainkan penuh dengan hikmah dan pelajaran berharga. Isra Miraj adalah bukti nyata atas kemuliaan dan kedudukan istimewa Nabi Muhammad saw. di sisi Allah Swt.. Allah memilih Rasulullah sebagai utusan-Nya untuk membawa wahyu dan petunjuk-Nya kepada umat manusia.

Dalam perjalanan Isra, kita bisa merasakan kebesaran Allah dalam mengatur waktu dan ruang. Allah menghadirkan pengalaman yang sangat luar biasa untuk menunjukkan bahwa segala sesuatu mungkin di bawah kehendak-Nya. Sebagai umat Muslim, peristiwa ini mengingatkan kita untuk selalu yakin dan tawakal kepada Allah, bahwa Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Sementara itu, Miraj mengajarkan kita tentang pentingnya ketaqwaan dan mendekatkan diri kepada Allah. Di langit-langit yang tinggi, Rasulullah bertemu dengan para nabi dan malaikat, menegaskan bahwa keberhasilan di dunia dan akhirat dapat dicapai melalui ketaatan kepada Allah dan menjalankan ajaran-Nya.

Mari kita ambil hikmah dari Isra Miraj untuk memperkuat iman dan mengokohkan ketakwaan kita kepada Allah Swt. Manfaatkan peristiwa ini sebagai pendorong untuk lebih mendalami agama Islam, meningkatkan ibadah, dan menjalani kehidupan dengan penuh rasa syukur dan tawakal kepada Allah.

Semoga Allah Swt. senantiasa memberikan hidayah dan keberkahan kepada kita semua. Amin.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

3. Ceramah Isra Mi’raj

Ceramah Singkat tentang Isra Miraj – Keajaiban Isra Mi’raj dan Pelajaran Hidup

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah Swt., yang telah memberikan nikmat-nikmat-Nya kepada kita. Kita bersyukur juga karena masih diberikan kesempatan untuk berkumpul dalam rangka mengingat salah satu kejadian luar biasa dalam sejarah umat Islam, yaitu Isra Mi’raj.

Isra Mi’raj adalah peristiwa luar biasa yang dialami oleh Rasulullah saw., di mana beliau melakukan perjalanan malam dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa, dan dari sana ke langit-langit yang tinggi, bahkan melampaui langit ke tujuh, hingga berada di hadapan Allah Swt.. Perjalanan ini penuh dengan mukjizat dan keajaiban yang menunjukkan kemuliaan Rasulullah sebagai hamba terpilih Allah.

Dari peristiwa Isra Mi’raj, kita bisa mengambil beberapa pelajaran berharga.

Pertama, kejadian ini mengajarkan kita untuk memperkuat iman dan keyakinan terhadap Allah Swt.. Meski perjalanan ini sangat luar biasa, Rasulullah tetap menjalankannya dengan penuh keimanan dan kepercayaan kepada Allah.

Kedua, Isra Mi’raj menjadi tanda betapa pentingnya ketaatan dan ibadah kepada Allah. Rasulullah saw. mendapatkan perintah salat dalam peristiwa ini, sehingga menegaskan pentingnya salat sebagai tiang agama.

Ketiga, Rasulullah saw. meski dihadapkan pada berbagai cobaan dan kesulitan dalam dakwah, tetap sabar dan istiqamah. Isra Mi’raj mengajarkan kita untuk tetap teguh dalam menjalankan tugas dakwah meski dihadapkan pada berbagai rintangan.

Keempat, Isra Mi’raj menggambarkan bahwa perjalanan spiritual tidak hanya melibatkan perjalanan fisik, tetapi juga perjalanan menuju ketinggian akhlak dan kesempurnaan budi pekerti. Rasulullah saw. merupakan teladan terbaik dalam hal ini.

Mari kita ambil pelajaran dari peristiwa Isra Mi’raj ini untuk menjadikan hidup kita lebih bermakna dan lebih mendekatkan diri kepada Allah Swt. Semoga kita dapat meneladani ketabahan dan keimanan Rasulullah saw. dalam menjalani kehidupan ini.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

4. Kultum Isra Mi’raj

ceramah singkat tentang isra miraj

Ceramah Singkat tentang Isra Miraj Perjalanan Menembus Langit, Hikmah yang Menyeberangi Waktu

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh.

Mari kita panjatkan syukur kepada Allah Swt., yang pada malam istimewa ini, memperjalankan hamba-Nya, Rasulullah Muhammad saw., dalam peristiwa agung Isra Mi’raj. Perjalanan yang menembus batas, dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa, dan menembus langit sampai Sidratul Muntaha.

Peristiwa ini bukan sekadar kisah di malam buta, tetapi sarat hikmah yang abadi. Mari kita telusuri sebersit saja.

Pertama, Keteguhan Iman. Bayangkan, Nabi Muhammad dicemooh, diragukan, namun beliau teguh pada kebenaran wahyu. Ini pelajaran bagi kita, jangan gentar menghadapi tantangan dalam mempertahankan keyakinan.

Kedua, Kedekatan dengan Allah. Isra Mi’raj adalah bukti kemuliaan Rasulullah dan betapa dekatnya beliau dengan Allah. Inspirasi bagi kita untuk terus mendekatkan diri, memperbanyak ibadah, dan menyucikan hati.

Ketiga, Shalat sebagai Titik Balik. Dari Sidratul Muntaha, Allah Swt. menurunkan perintah shalat lima waktu. Hikmahnya, agar kita senantiasa terhubung dengan-Nya, mengingat-Nya lima kali sehari, dalam suka dan duka.

Keempat, Sabar dan Syukur. Perjalanan Rasulullah penuh ujian, dari ancaman kafir hingga rasa takut. Namun, beliau bersabar dan bersyukur. Pelajaran bagi kita agar senantiasa tabah dan pandai mensyukuri nikmat, apa pun keadaannya.

Kelima, Menebar Cahaya Islam. Kepercayaan yang diturunkan pada malam Isra Mi’raj, menjadi pedoman hidup dan cahaya Islam yang terus menerangi dunia. Mari kita jadikan Islam pedoman, dan sebarkan kebaikannya.

Saudaraku, Isra Mi’raj bukan sekadar peringatan, tapi cermin untuk memantulkan diri. Mari kita teladani keteguhan Nabi, mempererat hubungan dengan Allah, teguh dalam shalat, sabar dan bersyukur, serta menjadi pelita Islam yang menerangi kehidupan.

Semoga peringatan Isra Mi’raj ini, menjadi momentum untuk meningkatkan iman, takwa, dan amal saleh kita semua. Aamiin Ya Rabbal ‘Alamin.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh.

5. Teks Ceramah Isra Mi’raj

Ceramah Singkat tentang Isra Miraj – Perjalanan Ajaib Isra Mi’raj sebagai Hikmah dan Pelajaran untuk Kehidupan Muslim

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillah, puji syukur kita panjatkan kepada Allah Swt. yang telah memberikan kita nikmat iman dan Islam. Sholawat serta salam senantiasa tercurahkan kepada baginda Rasulullah Muhammad saw., keluarga, sahabat, dan seluruh umat Islam yang dirahmati Allah.

Hari ini, marilah kita mengingat salah satu peristiwa luar biasa dalam sejarah Islam, yakni Isra Mi’raj. Isra Mi’raj adalah perjalanan malam yang luar biasa yang dialami oleh Rasulullah Muhammad saw.. Peristiwa ini merupakan bukti kebesaran Allah Swt. dan kedudukan istimewa Nabi-Nya.

Ketika Rasulullah saw. sedang berada di Masjidil Haram, malaikat Jibril datang membawa burak, makhluk ajaib yang membawa Rasulullah dalam perjalanan ajaib. Isra Mi’raj terbagi menjadi dua bagian: Isra, perjalanan dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa, dan Mi’raj, perjalanan dari Masjidil Aqsa ke langit-langit yang lebih tinggi.

Perjalanan ini bukan hanya sebuah peristiwa ajaib, tetapi juga sebuah hikmah dan pelajaran bagi kita. Isra Mi’raj mengajarkan kita tentang kebesaran Allah Swt., kekuasaan-Nya yang tidak terbatas, serta pentingnya menjalani kehidupan yang taat kepada-Nya.

Dalam perjalanan ini, Rasulullah saw. menerima perintah salat lima waktu sehari semalam, sebagai bentuk ibadah yang menjadi tiang utama dalam kehidupan seorang Muslim. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya ketaatan dan koneksi langsung antara hamba dengan Sang Pencipta.

Selain itu, Isra Mi’raj juga mengajarkan kita tentang pentingnya sabar dan keteguhan iman. Rasulullah saw. melewati berbagai ujian dan cobaan dalam perjalanan ini, tetapi dengan sabar dan keimanan yang kokoh, beliau berhasil menyelesaikan perjalanan tersebut.

Sebagai umat Islam, mari kita ambil hikmah dari Isra Mi’raj ini. Mari kita tingkatkan ketaatan dan keimanan kita kepada Allah Swt., serta senantiasa menjalankan perintah-Nya. Semoga peristiwa Isra Mi’raj ini menjadi inspirasi bagi kita dalam mengarungi lika-liku kehidupan dengan penuh keimanan dan keteguhan hati.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

***

Semoga bermanfaat, ya.

Baca juga ulasan menarik lainnya, seperti ceramah singkat tentang sedekah hanya di artikel.rumah123.com.

Agar tak ketinggalan berita terbaru, ikuti terus Google News kami, yuk!

Segera wujudkan impian untuk memiliki hunian nyaman di kawasan Tangerang bersama Rumah123.com.

Jangan lewatkan berbagai kemudahan untuk mendapatkan properti terbaik karena kami selalu #AdaBuatKamu!


Tag: , ,


Gadis Saktika

Content Writer

Gadis Saktika adalah Content Writer di 99 Group yang sudah berkarier sebagai penulis dan wartawan sejak tahun 2019. Lulusan Bahasa dan Sastra Indonesia UPI ini senang menulis tentang etnolinguistik, politik, HAM, gaya hidup, properti, dan arsitektur.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA