OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Contoh Cerpen Sumpah Pemuda Singkat. Inspiratif dan Penuh Makna!

04 Oktober 2023 · 4 min read Author: Rulfhi Alimudin Pratama S

cerpen sumpah pemuda

cerpen sumpah pemuda | wahyuputra360 / shutterstock.com

Apakah kamu ditugaskan untuk mencari contoh cerpen Sumpah Pemuda yang menginspirasi dan membakar semangat kebangsaan? Temukan beberapa contoh cerpen tentang Sumpah Pemuda di artikel ini.

Wahai pelajar Indonesia, apakah kamu ingat dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tahunnya pada tanggal 28 Oktober?

Hari Sumpah Pemuda merupakan salah satu tonggak sejarah bangsa yang diukir oleh para pemuda Indonesia.

Memperingati hari spesial itu, biasanya guru-guru di sekolah akan meminta murid-muridnya untuk mengerjakan tugas tentang Sumpah Pemuda.

Entah itu tugas membuat puisi Sumpah Pemuda, pantun Sumpah Pemuda, pidato Sumpah Pemuda, hingga cerpen Sumpah Pemuda.

Nah, jika kamu ditugaskan untuk membuat cerpen tentang Sumpah Pemuda, kamu sudah berada di tempat yang tepat.

Sebab, Rumah123 akan menyuguhkan beberapa contoh cerpen Sumpah Pemuda singkat yang menginspirasi.

Contoh Cerpen Sumpah Pemuda Singkat

1. Cerpen Sumpah Pemuda untuk Mading Sekolah

 Sumpah Pemuda: Ikatan Tak Terputus

Di sebuah desa kecil bernama Merdeka, ada dua sahabat dekat, Ali dan Budi. Mereka tumbuh bersama, bermain dan belajar dalam harmoni meskipun berasal dari latar belakang etnis yang berbeda. 

Ali adalah keturunan Jawa, sementara Budi berasal dari suku Minang. Kehidupan mereka bahagia hingga suatu hari tahun 1928, ketika berita tentang pergerakan pemuda di Jakarta mencapai desa mereka.

Ali dan Budi sangat terinspirasi oleh semangat para pemuda yang berkumpul untuk Sumpah Pemuda. Mereka merasa terpanggil untuk melakukan sesuatu untuk bangsa mereka. 

Mereka memutuskan untuk mengadakan pertemuan kecil di desa mereka dan mengajak teman-teman sebayanya untuk bersumpah bersama, mengikuti jejak pemuda di Jakarta.

Dalam pertemuan itu, di bawah pohon rindang yang menjadi saksi bisu persahabatan mereka, Ali dan Budi bersama teman-temannya berjanji untuk selalu menjaga persatuan tanah air. 

Mereka bersumpah untuk tidak membiarkan perbedaan etnis atau agama memisahkan mereka, seperti yang terjadi di berbagai tempat di Indonesia saat itu.

Sumpah yang mereka ucapkan menjadi ikatan tak terputus di antara mereka. Mereka berdua terus bersahabat dan menjadi teladan bagi desa mereka. Dalam berbagai situasi sulit, Ali dan Budi selalu mengingat sumpah mereka untuk bersatu demi bangsa.

Masa berlalu, dan Indonesia akhirnya meraih kemerdekaannya. Ali dan Budi menjadi saksi perubahan besar yang melanda negeri ini. 

Namun, satu hal tetap tidak berubah: semangat Sumpah Pemuda yang mereka junjung tinggi sejak masa remaja mereka. 

Mereka membuktikan bahwa persahabatan dan persatuan bisa mengatasi segala perbedaan, menjadi kekuatan untuk membangun masa depan yang lebih baik bagi Indonesia.

2. Contoh Cerpen Sumpah Pemuda Pendidikan

cerpen sumpah pemuda

cerpen tentang sumpah pemuda

Sumber: cerpenmu.com

3. Cerpen Sumpah Pemuda 5 Paragraf

Cita-Cita Budi

Pada suatu hari, seorang pemuda bernama Budi sedang duduk di perpustakaan sekolah. Budi sedang mengerjakan tugas sekolahnya tentang Sumpah Pemuda. Saat itu, Budi membaca tentang sejarah Sumpah Pemuda. Ia terinspirasi oleh perjuangan para pemuda Indonesia pada masa lalu.

Para pemuda tersebut bersatu dan berjuang untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Mereka juga bertekad untuk memajukan pendidikan di Indonesia. Budi menyadari bahwa sebagai pemuda, ia memiliki tanggung jawab untuk menjaga dan mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda. Oleh karena itu, ia bertekad untuk menjadi pemuda yang berkontribusi positif bagi bangsa Indonesia. Ia akan belajar dengan giat dan mengembangkan potensi diri.

Budi juga akan aktif berkontribusi dalam kegiatan sosial untuk membantu sesama dan membangun masyarakat. Dirinya percaya bahwa dengan semangat Sumpah Pemuda, ia dapat mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia, yaitu menjadikan Indonesia sebagai negara yang adil, makmur, dan sejahtera.

Budi juga bertekad untuk memajukan pendidikan di Indonesia. Ia percaya bahwa pendidikan adalah kunci untuk kemajuan bangsa. Budi bertekad untuk menjadi seorang guru yang baik. Ia ingin mendidik anak-anak Indonesia untuk menjadi generasi yang berilmu, berbudi pekerti, dan cinta tanah air.

Budi percaya bahwa dengan pendidikan, Indonesia dapat menjadi negara yang lebih baik di masa depan. Budi berharap bahwa setiap pemuda Indonesia dapat terus menjaga dan mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda. Dengan semangat Sumpah Pemuda, ia yakin bahwa Indonesia akan menjadi negara yang lebih baik di masa depan,terutama dalam bidang pendidikan.

***

Itulah kumpulan cerita pendek atau cerpen tentang Sumpah Pemuda. 

Semoga menginspirasi, Property People.

Temukan informasi seputar peringatan Hari Sumpah Pemuda melalui Google News Rumah123.

Jika sedang mencari rumah dengan desain kamar tamu yang estetik, temukan lewat www.rumah123.com.

Tersedia hunian pilihan terbaik yang pastinya #AdaBuatKamu.


Tag: , ,


Rulfhi Alimudin Pratama S

Content Writer

Mengawali karier kepenulisan sebagai penulis lepas di beberapa media daring sejak 2016. Kini mencurahkan pikiran untuk menulis properti, gaya hidup, marketing, hingga teknologi di Berita 99 dan Rumah123.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA