OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Dukung Konsep Smart City, Command Center IKN Gunakan Drone hingga CCTV. Canggih!

04 Maret 2024 · 3 min read Author: Nik Nik Fadlah · Editor: M. Iqbal

Command Center IKN

command center ikn | sumber: kompas.com

Dibangun sebagai pusat pengawasan sekaligus pengelolaan kota, Command Center IKN manfaatkan teknologi CCTV hingga drone!

Ibu Kota Nusantara (IKN) dirancang sebagai kota cerdas dan berkelanjutan yang akan menjadi simbol kemajuan Indonesia di masa depan.

Salah satu elemen kunci dalam mewujudkannya adalah Command Center, sebuah pusat kendali terintegrasi untuk mengelola berbagai aspek kota.

Pengembangan Command Center IKN juga menjadi langkah penting dalam mewujudkan visi IKN sebagai kota cerdas dan berkelanjutan.

Presiden Joko Widodo sendiri sempat meninjau Pusat Komando IKN pada Jumat (1/3/2024) lalu.

Menurut Jokowi, seperti dilansir dari laman resmi Instagram pribadinya, pusat komando dibangun untuk optimasi pembangunan, integrasi, dan koordinasi terkait IKN.

Simak informasi lengkapnya di bawah ini, ya!

Command Center IKN Manfaatkan Teknologi CCTV hingga Drone

pusat komando ikn

Sumber: Konstruksimedia.co.id

Melansir laman kompas.com, Command Center Tahap I IKN merupakan layanan monitoring dengan big data dan computer vision yang memanfaatkan teknologi pemantauan berbasis sensor, kamera CCTV, hingga drone.

Fungsi dari Command Center IKN sendiri tidak terlepas untuk mengawasi lokasi dan pembangunan berbagai proyek APBN dan Non-APBN.

Kemudian, fasilitas ini juga digunakan untuk mengambil keputusan berdasarkan hasil analisis data operasional wilayah, evaluasi, serta memantau data terkait kemajuan pembangunan.

Jika sesuai dengan rencana, Command Center akan terhubung dengan sejumlah proyek melalui CCTV dan feeds video yang nantinya akan menampilkan kondisi situs pembangunan.

Selain itu, fasilitas ini juga akan dilengkapi oleh fitur yang dapat menunjukkan progres pembangunan, investasi yang masuk, dan analisis media sosial.

Bambang Susantono selaku Kepala Otorita IKN mengatakan IKN menjadi model baru pembangunan perkotaan di Indonesia, termasuk dalam penerapan teknologi.

“Pemanfaatannya terlihat dalam Command Center ini, yang direncanakan penggunaannya untuk meningkatkan efisiensi layanan publik, mendorong mobilitas berkelanjutan, dan menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi semua” ungkapnya dikutip dari kompas.com.

Lebih lanjut, Deputi Transformasi Hijau dan Digital IKN, Mohammed Ali Berawi mengatakan nantinya aka ada tiga tahap pengembangan pusat komando perkotaan di IKN.

“Pengembangan Command Center Tahap I IKN merupakan tahap pertama dari tiga tahap pengembangan pusat komando perkotaan” ucapnya.

Sebagai informasi, Command Center Tahap I merupakan langkah awal pengembangan Pusat Komando dan Kendali Terintegrasi (ICCC).

Fasilitas ini memiliki peran penting untuk memastikan pengelolaan kota agar lancar serta sebagai upaya untuk mengambil keputusan yang tepat.

***

Semoga bermanfaat ya, Property People!

Temukan ulasan lain seputar kabar properti hanya di artikel.rumah123.com.

Jika kamu sedang mencari hunian nyaman bisa langsung mengecek selengkapnya dalam laman Rumah123.

Tak hanya mendapatkan berbagai pilihan rumah terbaik saja, kamu juga bisa ngobrolin properti lewat Teras123 karena #SemuaAdaDisini!


Tag: , ,


Nik Nik Fadlah

Content Writer

Lulusan Ilmu Komunikasi Universitas Pasundan yang kini menjadi penulis di Rumah123 dan Berita 99. Memiliki pengalaman menulis di bidang kesehatan, gaya hidup, fashion, teknologi, pendidikan, hingga properti. Hobi membuat digital collage art.
Selengkapnya