OK
logo rumah123
logo rumah123
Iklankan Properti
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

5 Cerpen Singkat tentang Kehidupan yang Menarik dan Penuh Makna

01 Desember 2023 · 10 min read Author: Kartika Ratnasari · Editor: Elmi Rahmatika

cerpen singkat tentang Kehidupan yang Menarik

Cerpen singkat tentang kehidupan merupakan salah satu materi yang kerap dijadikan tugas. Ini inspirasinya!

Cerpen singkat tentang kehidupan memiliki daya tarik karena mampu menyampaikan pesan mendalam dalam waktu singkat, menjadi sarana efektif untuk merenung, menginspirasi, dan membangkitkan refleksi tentang makna hidup.

Isi cerpen tersebut merangkum esensi kehidupan dengan cerita sederhana namun sarat makna, fokus pada inti cerita untuk menyajikan pesan-pesan kehidupan dengan kekuatan narasi yang memukau pembaca.

Seringkali di sekolah seseorang harus membuat cerpen singkat tentang kehidupan sebagai tugas.

Jika kamu membutuhkan inspirasi untuk membuat cerita tersebut, berikut ini sejumlah contohnya!

Struktur Cerpen Singkat tentang Kehidupan 

Sebelum masuk ke contoh cerpen singkat tentang kehidupan, pahami dulu struktur pembuatannya.

Berikut adalah struktur umum untuk cerpen singkat tentang kehidupan:

  1. Pendahuluan:

    • Perkenalan tokoh utama atau latar belakang setting.
    • Pernyataan singkat tentang tema atau pesan kehidupan yang akan disampaikan.
  2. Pengembangan Karakter:

    • Penjelasan lebih lanjut mengenai tokoh-tokoh utama dan hubungan antara mereka.
    • Introduksi konflik atau tantangan yang akan dihadapi tokoh utama.
  3. Konflik:

    • Puncak ketegangan dalam cerita yang menghadirkan dilema atau rintangan untuk tokoh utama.
    • Konflik ini dapat berupa konflik internal (dalam diri tokoh) atau eksternal (dengan tokoh lain atau keadaan).
  4. Klimaks:

    • Titik puncak emosional atau dramatisasi di mana tokoh utama dihadapkan pada keputusan kritis atau perubahan besar dalam kehidupannya.
    • Momen ini biasanya membawa perubahan signifikan dan menentukan arah cerita.
  5. Penyelesaian:

    • Penyelesaian dari konflik atau masalah yang dihadapi tokoh utama.
    • Pembaca mendapatkan pemahaman lebih lanjut tentang pesan kehidupan yang ingin disampaikan.
  6. Epilog (Opsional):

    • Sebuah bab tambahan yang memberikan gambaran tentang kehidupan tokoh utama setelah mengatasi konflik.
    • Memberikan kesan mendalam atau pesan tambahan tentang kehidupan.
  7. Kesimpulan:

    • Penutup yang mengonfirmasi atau merangkum pesan kehidupan yang ingin disampaikan.
    • Memberikan pembaca kesan akhir dan mendorong refleksi.

Contoh Cerpen Singkat tentang Kehidupan 

Ini dia sejumlah contoh cerpen singkat tentang kehidupan untuk dijadikan inspirasi:

Contoh Cerpen Singkat tentang Kehidupan Sehari-hari

“Langkah Kecil Menuju Bahagia”

Pagi itu, Aulia melangkah keluar rumah dengan senyum tipis di wajahnya. Setelah menyampaikan anak-anaknya ke sekolah, dia bergegas menuju pekerjaannya sebagai penjahit. Sebuah kehidupan sederhana namun penuh makna.

Di kios kecilnya, Aulia merasa bahagia meskipun banyak pesanan yang harus diselesaikan. Setiap jarum yang digunakan di dalam jahitannya bagaikan catatan kehidupan. Ada yang renyah seperti canda anak-anak, ada yang sedikit sulit seperti ujian kehidupan yang dihadapinya.

Pada suatu hari, seorang pelanggan bernama Budi datang dengan jaket yang rusak. Budi menceritakan bahwa jaket itu menyimpan kenangan berharga saat dia masih bersama istrinya yang kini telah meninggal. Aulia mendengarkan dengan penuh perhatian, menyadari bahwa setiap benda memiliki cerita kehidupannya sendiri.

Seiring jarum-jarum yang bergerak, Aulia memberikan lebih dari sekadar jasa jahitnya. Dia memberikan kehangatan, mendengarkan cerita-cerita, dan membantu merajut kembali kenangan-kenangan yang hampir terlupakan. Begitu banyak cerita yang tersemat dalam setiap jahitan, menciptakan kain cerita kehidupan yang tak terduga.

Ketika hari mulai gelap, Aulia menyelesaikan pekerjaannya dan memberikan jaket yang telah diperbaiki kepada Budi. Senyum di wajah Budi menjadi bayaran terbaik bagi Aulia. Meski hidupnya sederhana, Aulia menyadari bahwa kebahagiaan sejati tak selalu terletak pada kemewahan, tapi pada setiap langkah kecil yang diambil menuju kehidupan yang bermakna.

Di malam itu, Aulia kembali ke rumahnya dengan hati penuh syukur. Dia merenung, bahwa setiap jahitan yang dihasilkan bukan sekadar sebuah karya, melainkan kisah hidup yang memperkaya makna kehidupan. Dan dalam setiap langkah kecilnya, Aulia telah membawa kebahagiaan bagi dirinya sendiri dan orang lain di sekitarnya.

Dengan hati ringan, Aulia mengakhiri hari dan bersiap untuk menyambut langkah-langkah kecil yang membentuk perjalanan hidupnya.

Contoh Cerpen Singkat tentang Kehidupan Keluarga

Perceraian yang Membingungkan

Hari Minggu pagi, Lisa mengenakan tas ranselnya dengan perasaan campur aduk. Setiap pekan, ritual ini menjadi sebuah langkah kecil yang harus dihadapinya. Ayah dan Ibu, kini tinggal di tempat yang berbeda setelah keputusan berat untuk bercerai.

Lisa adalah anak tunggal dari pernikahan yang kini berakhir. Setiap Minggu, dia menghabiskan waktu di rumah Ibu dan di rumah Ayah di minggu berikutnya. Pemisahan ini, seperti menapaki jalan yang tak kunjung usai, tapi Lisa berusaha menerima kenyataan.

Di rumah Ibu, suasana hangat dan aroma masakan kesukaannya menyambut kedatangannya. Lisa dan Ibu menghabiskan waktu bersama, berbicara tentang sekolah, teman-teman, dan hal-hal kecil yang menjadi sorotan minggu mereka. Meskipun ada kekosongan dalam rumah, Ibu selalu berusaha membuatnya merasa nyaman.

Pergantian ke rumah Ayah tidak selalu mudah. Awalnya, Lisa merasa kikuk dan asing. Tapi Ayah dengan sabar mendengarkan ceritanya. Mereka melakukan kegiatan bersama, dari menonton film hingga bermain game. Setiap kali Lisa meninggalkan rumah Ayah, dia membawa kenangan kecil yang menjadi penawar rindu saat berpisah.

Lisa tidak mengerti sepenuhnya alasan di balik perceraian kedua orang tuanya, tapi dia belajar untuk menerima keadaan. Mingguan yang berubah menjadi peluang untuk memiliki dua rumah, dua kehidupan yang berbeda. Meski dengan rasa sedih dan penyesalan, Lisa menemukan kekuatan dalam menjalani perubahan ini.

Suatu hari, ketika hari Minggu datang lagi, Lisa menyadari bahwa langkah-langkah kecil ini membuatnya semakin kuat. Dia memutuskan untuk fokus pada momen-momen kecil kebahagiaan di setiap rumah. Meski perjalanan kehidupannya berubah arah, Lisa menemukan cara untuk menemukan keceriaan di tengah perubahan.

Dan begitulah, langkah kecil setiap Minggu menjadi jalan kecil menuju pemahaman, penerimaan, dan akhirnya, kebahagiaan yang baru dalam kehidupan keluarga yang berubah.

Contoh Cerpen Singkat tentang Kehidupan Remaja

Darah Muda dan Kepakuan Terselubung

Sore itu, cahaya matahari menyinari kamar remaja bernama Arjun. Dengan selembar kertas di tangannya, ia berdiri di depan pintu kamar orang tuanya, penuh tekad untuk menyampaikan sesuatu. Arjun telah tumbuh menjadi remaja yang penuh semangat dan pemikiran tajam, namun perasaan pertentangannya terhadap orang tuanya semakin nyata.

Arjun ingin menjadi seniman, menggenggam kuas dan mewarnai dunianya dengan kreativitas. Namun, orang tuanya bercita-cita tinggi agar Arjun menjadi seorang dokter seperti mereka. Kegagalan untuk memahami ambisinya membuat perbedaan pandangan semakin tajam.

“Saya ingin mewujudkan impian saya, bukan impian kalian,” ucap Arjun dengan hati teguh, tetapi tetap dengan hormat.

Orang tuanya, terutama Ayah, merasa sulit untuk menerima kenyataan bahwa anaknya memiliki mimpi yang berbeda. Mereka merasa bahwa menjadi dokter adalah warisan keluarga yang harus dijaga dan diwariskan.

Arjun berjuang untuk menjelaskan bahwa kebahagiaan dan kesuksesan sejati terletak pada kemampuan untuk mengikuti passionnya. Seiring perdebatan berlangsung, Arjun merasa semakin terpisah dari orang tua yang selama ini menjadi tiang penopangnya.

Di tengah ketegangan, Arjun menarik napas dalam-dalam. Dia menyadari bahwa untuk mencapai persetujuan, dia harus membuktikan bahwa seni bukanlah kegagalan. Ia memutuskan untuk membiarkan karyanya bicara lebih banyak daripada kata-kata.

Arjun mulai membuat lukisan-lukisan indah yang memancarkan emosi dan kisah. Dia menggelar pameran kecil di rumah, mengundang orang tuanya dan teman-teman mereka. Melalui karya-karya itu, Arjun berharap bisa membuka mata dan hati orang tuanya.

Pameran dimulai, dan mata Ayah dan Ibu mulai melebar melihat keindahan dan makna di balik setiap sapuan kuas. Di wajah mereka, Arjun melihat kekaguman yang sebelumnya tak terduga. Pameran itu menjadi pintu gerbang pemahaman di antara mereka.

“Anakku, kita tidak tahu bahwa kamu memiliki bakat luar biasa seperti ini,” ujar Ayah, sorot matanya penuh kekaguman.

Sejak saat itu, Arjun dan orang tuanya belajar untuk saling mendukung. Kebebasan untuk mengejar passionnya menjadi jembatan yang menghubungkan generasi yang berbeda pandangan. Arjun menyadari bahwa untuk membuat orang tua memahami impiannya, tidak selalu harus mengubah siapa dirinya, tetapi dengan memberikan mereka peluang untuk melihat dunianya melalui mata seni yang dimilikinya.

Seiring berjalannya waktu, Arjun terus mengejar impiannya sebagai seniman, tetapi sekarang dengan kebanggaan dan dukungan penuh dari orang tuanya yang akhirnya memahami keindahan perbedaan.

Contoh Cerpen Singkat tentang Kehidupan Pribadi

Pergulatan Dalam Keheningan

Di pinggiran kota kecil, hidup seorang wanita bernama Maya. Dia adalah seorang penulis lepas yang mencintai keheningan dan kedamaian. Rumah kecilnya yang dipenuhi dengan aroma kopi dan buku-buku tua mencerminkan kehidupan pribadinya yang tenang.

Setiap pagi, Maya memulai hari dengan menikmati secangkir kopi di teras belakang rumahnya. Pagi itu, sambil menyaksikan matahari terbit, dia merenung tentang perjalanan hidupnya. Maya memilih hidup sederhana, menjauh dari keramaian kota besar, dan menemukan kebahagiaannya dalam kata-kata.

Rumahnya penuh dengan karya-karya tulisnya yang tak pernah terpublikasi. Maya menuliskan pemikiran-pemikirannya, cerita-cerita pendek, dan puisi-puisi yang tak pernah terdengar oleh telinga manusia lainnya. Baginya, tulisan adalah teman setia dalam perjalanan hidupnya yang soliter.

Namun, suatu hari, Maya mendapati dirinya merenungi tentang kehidupan sosial yang terabaikan. Teman-teman lamanya semakin jauh, dan dia menyadari bahwa kehidupan pribadinya yang tenang juga mengisolasi dirinya dari dunia luar. Pergulatan batin pun dimulai.

Maya mencoba mengeksplorasi kehidupan sosial, mencari keseimbangan antara kedamaian dan interaksi sosial. Dia menerima undangan untuk menghadiri acara lokal di kota kecilnya, mencoba terlibat dalam percakapan dengan tetangga, dan membuka diri pada kemungkinan pertemanan baru.

Setiap langkah kecil itu membawa tantangan dan ketidaknyamanan bagi Maya, namun juga membuka jendela menuju pengalaman baru. Dia mulai memahami bahwa kehidupan pribadi yang seimbang tidak selalu berarti menghindari orang lain, tetapi lebih pada kemampuan untuk menjaga kedamaian internal sambil tetap terhubung dengan dunia di sekitarnya.

Pada akhirnya, Maya menemukan harmoni di dalam kehidupannya. Keheningan masih menjadi sahabatnya, tetapi sekarang dipadukan dengan suara-suara manusia yang memberi warna pada kesehariannya. Dalam perjalanannya menemukan keseimbangan, Maya menemukan kehidupan pribadi yang tak lagi menjadi penjara, melainkan ladang subur di mana benih-benih pertemanan dan pengalaman tumbuh subur.

Contoh Cerpen Singkat tentang Kehidupan di Pondok Pesantren

Langkah-Langkah di Pesantren Cahaya Ilahi

Di sebuah desa terpencil, terhampar sebuah pondok pesantren yang dikelilingi pepohonan rindang dan aroma harum tanah. Di sinilah hidup seorang santri bernama Ali, yang sedang menjalani perjalanan tak terlupakan dalam kehidupan pondok pesantren Cahaya Ilahi.

Ali, seorang remaja yang penuh semangat, tiba di pesantren dengan hati penuh harap. Setiap langkahnya dihadapkan pada kehidupan yang penuh disiplin dan pembelajaran agama. Meskipun awalnya terasa sulit, Ali mulai merangkul setiap proses pembelajaran.

Hari-hari di pondok pesantren diisi dengan kegiatan belajar dan beribadah. Ali belajar Al-Qur’an, ilmu agama, dan adab sopan santun. Setiap pagi, mereka berbaris rapi untuk mengikuti sholat subuh berjamaah, dan setiap malam, mereka berdiskusi mengenai ajaran agama.

Tetapi di balik kehidupan yang penuh ketertiban, Ali juga menemukan kehangatan dalam persaudaraan sesama santri. Mereka menjadi keluarga satu sama lain, saling mendukung dan bertumbuh bersama. Ali belajar tentang toleransi, persatuan, dan nilai-nilai luhur yang diajarkan oleh agama Islam.

Suatu hari, Ali mendapati dirinya dihadapkan pada tantangan berat. Ujian akhir tahun datang, dan Ali merasa tertekan. Dengan dukungan teman-temannya dan bimbingan kyai, Ali belajar keras untuk menghadapi ujian tersebut. Di saat-saat sulit itulah, dia menyadari bahwa di pondok pesantren Cahaya Ilahi, setiap santri diajarkan untuk menghadapi cobaan dengan keberanian dan keteguhan hati.

Akhirnya, tiba hari kelulusan. Ali merasakan kebahagiaan dan bangga atas pencapaian tersebut. Namun, lebih dari sekadar ijazah, Ali membawa pulang kehidupan yang kaya makna dan persaudaraan yang tumbuh di pondok pesantren.

Pulang ke desanya, Ali membawa cahaya ilahi yang dia temukan di pondok pesantren. Ia melanjutkan hidupnya dengan semangat dan nilai-nilai yang dia pelajari. Pondok pesantren Cahaya Ilahi tidak hanya memberikan Ali pendidikan agama, tetapi juga membentuknya menjadi individu yang tangguh, berempati, dan siap menghadapi dunia dengan kearifan yang ditanamkan oleh pondok pesantren.

***

Semoga artikel ini bermanfaat ya, Property People!

Jangan lupa juga untuk follow Google News kami agar selalu up to date.

Kunjungi juga www.rumah123.com jika sedang mencari rumah idaman untuk keluarga.

Tersedia berbagai pilihan terbaik dan promo menarik yang selalu #AdaBuatKamu!


Tag:


Kartika Ratnasari

Content Editor

Kartika Ratnasari adalah seorang Content Editor untuk Berita 99 dan Artikel Rumah123. Ia telah berkecimpung di dunia penulisan sejak tahun 2016. Lulusan Komunikasi UI ini sering menulis di bidang properti, keuangan, dan lifestyle.
Selengkapnya