OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

7 Contoh Cerpen Anak SD Singkat dan Pesan Moralnya untuk Meningkatkan Imajinasi

20 Nopember 2023 · 7 min read Author: Emier Abdul Fiqih P

kumpulan cerpen anak sd

Untuk mengasah kreativitas anak, kamu bisa membacakan cerpen anak SD yang kami rangkum pada artikel berikut ini!

Cerita pendek atau cerpen adalah sebuah karya yang dinikmati oleh banyak kalangan, tak terkecuali yang masih duduk di Sekolah Dasar (SD).

Cerpen Anak SD umumnya memiliki alur cerita yang ringan dan hanya berfokus pada suatu kejadian.

Sementara tokoh-tokoh yang ada dalam ceritanya tidak terlalu banyak seperti cerita pendek yang dikhususkan untuk pembaca dewasa.

Agat makin memahami cerpen anak SD, kamu perlu membaca langsung ceritanya.

Sebelum melihat contoh cerpen singkat, pahami dulu apa itu cerpen!

Pengertian Cerpen

Menurut buku Pembelajaran Cerpen oleh Saifur Rohman, cerpen adalah karya sastra yang dituangkan dalam bentuk cerita rekaan yang singkat.

Jadi, cerpen singkat merupakan cerita yang selesai dibaca dalam sekali duduk.

Unsur cerpen terdiri dari unsur instrinsik dan unsur ekstrinsik seperti unsur peristiwa, plot, tema, tokoh, latar, dan sudut pandang.

Nah, karena bentuknya yang pendek maka cerpen menuntut penceritaan yang ringkas.

Dari sekian banyak cerpen, cerpen anak menjadi salah satu hal yang menarik untuk disimak.

Cerpen anak berkaitan dengan tema cerpen yang sederhana dan mudah dipahami oleh anak sekolah yang duduk di sekolah dasar.

Yuk, langsung saja simak dongeng pendek untuk anak SD di bawah ini!

Contoh Cerpen Anak SD dan Pesan Moralnya

1. Cerpen Anak SD Kelas 4: “Petualangan si Kucing Penjaga Toko”

cerpen anak sd kelas 4

ilustrasi contoh cerpen anak sd kelas 4, cerpen anak sd tentang persahabatan 

Suatu hari di sebuah desa kecil, ada seorang kucing bernama Coco yang menjaga sebuah toko sembako. Coco adalah kucing yang sangat baik dan ramah kepada semua pelanggan yang datang.

Di suatu malam, ketika Coco sedang tidur di toko, ia mendengar suara aneh. Ternyata, ada tikus nakal yang mencoba mencuri keju dari rak toko. Coco pun terbangun dan mengejar tikus itu. Mereka berdua berlari di sekitar area toko.

Akhirnya, Coco berhasil mengejar tikus itu hingga tikus tersebut menyerah dan berjanji tidak akan mencuri keju di toko sembako. Coco mengajarkan kepada tikus tentang pentingnya berbuat baik dan jujur. Dari hari itu, toko sembako Coco jadi lebih aman dan ia mendapat teman baru, yakni si tikus.

2. Cerpen Anak SD Kelas 5: “Si Paman Tukang Memperbaiki Mainan”

Jerry adalah seorang anak laki-laki yang sangat suka bermain dengan mainannya. Sayangnya, salah satu mainan favoritnya, rusak. Jerry sangat sedih karena ia tidak bisa memperbaikinya sendiri.

Meski begitu, Jerry tahu ada seseorang yang dapat membantunya, yaitu Paman John, seorang tukang memperbaiki mainan. Jerry akhirnya membawa robotnya kepada Paman John, yang dengan senang hati membantu Jerry.

Selama beberapa hari, Paman John bekerja dengan keras untuk memperbaiki robot milik Jerry. Ketika akhirnya selesai, Jerry sangat bahagia karena robotnya kembali berfungsi dengan normal. Jerry pun belajar bahwa terkadang ia perlu meminta bantuan orang lain ketika tidak bisa menyelesaikan sesuatu sendiri.

3. Cerpen Anak SD tentang Persahabatan: “Hari Pertama Sekolah Baru”

cerpen anak sd tentang persahabatan

ilustrasi contoh cerpen anak sd kelas 4, cerpen anak sd tentang persahabatan

Hari Senin itu adalah hari pertama di sekolah baru bagi Alya. Ia merasa sangat gugup dan cemas. Ketika tiba di sekolah, Alya melihat banyak anak-anak yang asing baginya.

Namun, kemudian, ia bertemu dengan teman sekelas barunya, yakni Hendi. Hendi sangat ramah dan mengajak Alya bermain. Mereka berdua menjadi teman baik sejak saat itu. Mereka berdua selalu belajar dan bermain bersama. Alya belajar bahwa ketika kita terbuka dan ramah kepada orang lain, kita bisa mendapat teman-teman yang baik.

4. Cerpen Anak SD tentang Pendidikan: “Petualangan Kiki dan Buku Ajaib”

Di sebuah desa kecil, tinggal seorang anak bernama Kiki yang mempunyai hobi membaca. Kiki mempunyai buku ajaib yang bisa membawanya ke tempat-tempat ajaib dalam dunia cerita.

Suatu hari, Kiki membuka buku ajaibnya dan tiba-tiba terhisap ke dalam buku tersebut. Ia kemudian berada di suatu tempat yang berwarna-warni, dengan hewan-hewan yang bisa berbicara dan pohon-pohon yang dapat bernyanyi.

Setelah berjalan-jalan, Kiki bertemu dengan rusa pintar yang ingin belajar berhitung tetapi tidak tahu bagaimana caranya. Dengan bantuan Kiki, mereka berdua menjelajahi hutan belajar untuk bertemu dengan pohon yang tumbuh buku-buku pelajaran.

Rusa tersebut sangat senang karena dia akhirnya bisa belajar berhitung, membaca, dan menulis. Kiki dan si rusa bermain sambil belajar sehingga proses belajarnya jadi lebih menyenangkan.

Setelah waktu bersama berakhir, Kiki kembali ke dunianya. Dia membawa buku ajaib itu dan memberikannya pada si rusa. Sejak saat itu, si rusa rajin belajar dan jadi rusa yang sangat pintar.

5. Cerpen Anak SD Kelas 6: “Planet Kecil”

cerpen anak sd kelas 6

ilustrasi cerpen anak sd kelas 1, cerpen anak sd kelas 6

Di suatu galaksi jauh, terdapat sebuah planet kecil yang dikenal dengan nama Lumina. Planet tersebut dihuni oleh makhluk-makhluk kecil yang disebut Luminians. Salah satunya adalah Zara, seorang petualang yang penasaran dengan alam semesta.

Suatu hari, saat Zara sedang menjelajah hutan di Lumina, ia menemukan sebuah bola kristal aneh. Bola kristal tersebut menyala begitu terang dan mengeluarkan suara seperti meminta tolong.

Oleh karenanya, Zara pun penasaran dan memutuskan untuk memegang bola kristal itu. Hal yang ia tak tahu adalah tiba-tiba saja Zara terhisap ke dalam bola kristal tersebut dan muncul di planet lain yang jauh lebih besar dibanding Lumina. Kini, Zara berada di Planet Terra, planet yang sangat mirip dengan bumi.

Di Planet Terra, Zara bertemu dengan kumpulan anak. Mereka menyambut Zara dengan ramah dan menjelaskan bahwa bola kristal yang dipegang Zara adalah alat komunikasi luar angkasa yang hilang dari pesawat ruang angkasa mereka.

Zara dan anak-anak tersebut bekerja sama untuk mencari bahan-bahan yang dibutuhkan untuk memperbaiki bola kristal. Mereka pun menjelajahi hutan, sungai, dan gunung. Selama perjalanan, Zara belajar banyak hal tentang Terra dan persahabatan.

Akhirnya, mereka berhasil memperbaiki alat komunikasi dan Zara bisa kembali ke Lumina. Sebagai ucapan terima kasih, Zara memberikan buah khas Lumina sebagai tanda persahabatan.

Dengan perasaan sedih, Zara meninggalkan teman-teman barunya di Planet Terra. Meski begitu, dia mendapatkan cerita dan pengalaman yang luar biasa, serta sebuah persahabatan yang akan selalu diingatnya.

6. Cerpen Anak SD tentang Keluarga: “Petualangan Keluarga Kecil”

Di sebuah desa kecil, tinggal satu keluarga kecil yang hidup bahagia. Keluarga tersebut berisikan ayah, ibu, dan dua anak, Bima dan Dina. Mereka adalah keluarga yang selalu saling mendukung satu sama lain.

Setiap hari, keluarga ini melakukan kegiatan bersama. Mereka sering kali piknik di taman, bermain permainan papan, dan kadang-kadang membuat kue bersama di dapur. Semua kegiatan itu selalu dilakukan dengan ceria dan penuh tawa.

Namun, suatu hari, ibu jatuh sakit dan harus beristirahat di rumah sakit. Keluarga kecil itu menjadi sedih karena ibu adalah pusat kebahagiaan mereka.

Tanpa ragu, Bima dan Dina membantu ayah merawat rumah dan menjenguk ibu yang sedang sakit setiap hari. Mereka menunjukkan kasih sayang dan perhatian mereka kepada ibu. Ini dilakukan untuk memastikan bahwa ibu merasa dicintai dan tidak sendirian.

Setelah beberapa waktu, ibu pulang dari rumah sakit. Keluarga kecil itu kini jauh lebih kuat dan lebih bersatu dari sebelumnya. Mereka belajar bahwa dalam kesulitan, keluarga adalah tempat di mana kita menemukan kekuatan dan dukungan.

7. Cerpen Anak SD Kelas 1: “Budi dan Kucing Ajaib”

cerpen anak sd kelas 1

ilustrasi cerpen anak sd kelas 1, cerpen anak sd kelas 6

Budi adalah seorang anak laki-laki yang sangat suka bermain di halaman rumahnya. Suatu hari, ketika sedang bermain, Budi menemukan kucing kecil yang berbeda dari kucing biasa. Kucing itu berwarna putih dengan bintik-bintik warna biru yang berkilau.

Tak hanya punya warna yang unik, kucing tersebut ternyata bisa berbicara. Kucing itu memperkenalkan dirinya kepada Budi. Namanya adalah Mimi. Mimi mengajak Budi berpetualang ke dalam dunia ajaib.

Mereka masuk ke dalam hutan ajaib yang penuh dengan hal-hal yang tidak mungkin terjadi di bumi seperti pohon yang dapat berbicara, hewan yang mengenakan pakaian, dan masih banyak lainnya. Sepanjang hari, keduanya bermain dengan riang gembira sampai akhirnya matahari mulai tenggelam.

Budi dan Mimi pun kembali ke rumah. Budi sangat senang dan tidak sabar menunggu petualangan berikutnya dengan Mimi. Sebelum Mimi pergi, dia berjanji akan kembali keesokan harinya untuk petualangan yang lebih seru.

***

Itulah contoh cerpen anak sekolah yang singkat dan mudah dipahami.

Semoga pembahasan contoh dongeng pendek untuk anak SD di atas dapat bermanfaat bagi Property People.

Pantau terus artikel cerita pendek lainnya hanya di artikel.rumah123.com dan Google News kami.

Kunjungi situs properti www.rumah123.com, untuk beli properti incaran karena kami pasti #AdaBuatKamu.

Referensi:

  • Rohman, Saifur. 2020. Pembelajaran Cerpen. Bumi Aksara

**gambar cover: shutterstock


Tag: , ,


Emier Abdul Fiqih P

Content Writer

Menjadi penulis di 99 Group sejak 2022 yang berfokus pada artikel properti, gaya hidup, dan teknologi. Lulusan S2 Linguistik UPI ini sempat berprofesi sebagai copy editor dan penyunting buku. Senang menonton film dan membaca novel di waktu senggang.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA