OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

5 Contoh Cerita Fabel Bahasa Inggris dan Terjemahannya. Sangat Mendidik serta Menghibur!

28 Februari 2024 · 5 min read Author: Nik Nik Fadlah · Editor: M. Iqbal

cerita fabel bahasa inggris

cerita fabel bahasa inggris | Sumber: Freepik/brgfx

Cerita fabel bahasa Inggris biasanya berisi mengenai kisah-kisah hewan yang membawa pesan moral. Simak contohnya, yuk!

Menurut buku Fabel karya Dra. Rosmawati Harahap, cerita fabel adalah cerita berbentuk narasi yang biasanya menampilkan hewan berperilaku layaknya manusia.

Karakter yang hadir akan menyampaikan pelajaran moral dan seringkali dirumuskan secara gamblang di bagian akhir cerita.

Sementara, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), fabel adalah sebuah cerita pendek yang memiliki binatang sebagai tokoh utamannya.

Cerita fabel sendiri telah menjadi bagian dari budaya manusia sejak zaman dulu.

Jenis teks fiksi ini membawakan cerita yang sangat ringan tetapi dapat menghibur sekaligus mendidik anak-anak hingga orang dewasa.

Cerita fabel tidak hanya bisa dibaca dalam bahasa Indonesia saja, melainkan juga bahasa Inggris.

Nah, berikut contoh cerita fabel bahasa Inggris yang menarik untuk disimak!

Contoh Cerita Fabel Bahasa Inggris

1. Cerita Fabel Bahasa Inggris Singkat tentang Lebah Pemarah

The Story of The Angry Bee

One day in a crowded bee colony, there lived a very grumpy bee. Whenever something didn’t go his way, he would immediately get angry and sting anyone who dared to come near him.

At first, his friends tried to understand and help him, but because of his angry and aggressive attitude, they eventually began to avoid him.

The bee felt lonely and upset that no one wanted to be with her.

One day, the colony was attacked by a group of honey-hunting bees.

The rest of the bee friends worked together to defend their hive, but the grumpy bee was unable to join in as his rude attitude had made him an outcast.

Seeing her friends in danger, the grumpy bee felt remorse for her always angry and unfriendly attitude.

He realized that he had lost a lot due to his bad temper.

Artinya:

Pada suatu hari di sebuah koloni lebah yang ramai, hiduplah seorang lebah yang sangat pemarah. Setiap kali ada sesuatu yang tidak berjalan sesuai keinginannya, dia akan segera marah dan menyengat siapa pun yang berani mendekatinya.

Awalnya, teman-temannya mencoba untuk mengerti dan membantunya, tetapi karena sikapnya yang selalu marah dan agresif, akhirnya mereka mulai menjauhinya.

Lebah itu merasa kesepian dan kesal karena tidak ada yang mau bersamanya.

Suatu hari, koloni lebah itu diserang oleh kelompok lebah pemburu madu asli.

Teman-teman lebah yang lain bekerja sama untuk mempertahankan sarang mereka, tetapi lebah yang pemarah tidak dapat bergabung karena sikapnya yang kasar telah membuatnya diasingkan.

Melihat teman-temannya dalam bahaya, lebah yang pemarah merasa menyesal atas sikapnya yang selalu marah dan tidak ramah.

Dia menyadari bahwa dia telah kehilangan banyak hal karena temperamennya yang buruk.

2. Cerita Fabel Bahasa Inggris 2 Paragraf tentang Hewan yang Tidak Bersyukur

The Story of The Grasshopper, The Caterpillar and The Dragonfly Who Were Ungrateful

Once upon a time, in a beautiful field, there lived a grasshopper, a caterpillar and a dragonfly who were friends. The grasshopper worked diligently, while the caterpillar and dragonfly preferred to play. When the dry season came, the grasshoppers prepared by gathering food, while the caterpillars and dragonflies did not.

When food is scarce, starving caterpillars and dragonflies ask the grasshopper for mercy. The caterpillar and dragonfly learn from this experience. They began to work hard and be grateful for what they had. The grasshopper, caterpillar and dragonfly lived happily and prosperously in the field, learning about the importance of hard work and gratitude.

Artinya:

Kisah Belalang, Ulat dan Capung yang Tidak Pandai Bersyukur

Dahulu kala, di sebuah ladang yang indah, hiduplah belalang, ulat, dan capung yang bersahabat. Belalang rajin bekerja, sedangkan ulat dan capung lebih suka bermain. Saat musim kemarau tiba, belalang bersiap dengan mengumpulkan makanan, sedangkan ulat dan capung tidak.

Ketika makanan langka, ulat dan capung yang kelaparan meminta belas kasihan belalang. Ulat dan capung belajar dari pengalaman ini. Mereka mulai bekerja keras dan bersyukur atas apa yang mereka miliki. Belalang, ulat, dan capung hidup bahagia dan sejahtera di ladang, belajar tentang pentingnya kerja keras dan rasa syukur.

3. Teks Cerita Fabel Singkat 1 Paragraf Bahasa Inggris tentang Kancil yang Cerdik

Deer and Crocodile

Thirsty deer wanted to drink from the clear river, but there was a dangerous crocodile. Kancil pretended to talk loudly about Kancil’s many friends who wanted to drink. The scared crocodile pretended to be sleepy. The deer drank and left safely. Kancil learned that ingenuity and resourcefulness can avoid danger.

Artinya:

Kancil dan Buaya

Kancil yang haus ingin minum di sungai yang bersih, tapi ada Buaya yang berbahaya. Kancil berpura-pura berbicara keras tentang banyak teman Kancil yang ingin minum. Buaya yang ketakutan berpura-pura mengantuk. Kancil pun minum dan pergi dengan selamat. Kancil belajar bahwa kecerdikan dan akal bisa terhindar dari bahaya.

4. Contoh Cerita Fabel Panjang Bahasa Inggris tentang Perjuangan Kura-Kuracerita fabel bahasa inggris singkat

5. Contoh Cerita Fabel Hewan Singkat tentang Burung Kasuari yang Sombong

cerita fabel bahasa inggris panjang

***

Nah, itu dia sejumlah cerita fabel bahasa Inggris yang penuh pesan moral.

Baca juga ulasan mengenai kisah-kisah lainnya hanya di artikel.rumah123.com.

Agar tak ketinggalan berita terbaru, ikuti terus Google News kami, ya!

Yuk, segera wujudkan keinginan untuk memiliki rumah impian bersama Rumah123 dan dapatkan berbagai kemudahan seputar pengajuan KPR karena #SemuaAdaDisini!


Tag: , ,


Nik Nik Fadlah

Content Writer

Lulusan Ilmu Komunikasi Universitas Pasundan yang kini menjadi penulis di Rumah123 dan Berita 99. Memiliki pengalaman menulis di bidang kesehatan, gaya hidup, fashion, teknologi, pendidikan, hingga properti. Hobi membuat digital collage art.
Selengkapnya