OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Tips Serta Cara Menjawab Kelebihan dan Kekurangan Saat Interview Kerja

14 September 2023 · 5 min read Author: Nik Nik Fadlah

Tips Serta Cara Menjawab Kelebihan dan Kekurangan Saat Interview Kerja

Sumber: Shutterstock.com

Bagi para kandidat yang melakukan tahapan seleksi pekerjaan, ada sejumlah cara menjawab kelebihan dan kekurangan saat interview. Berikut di antaranya!

Ketika melakukan interview kerja, salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan kepada kandidat adalah kelebihan dan kekurangan.

Pertanyaan yang satu ini memang sederhana, tapi cukup menjebak.

Bahkan tak jarang, banyak kandidat yang melamar pekerjaan dan cukup kesulitan untuk menjawabnya. 

Pada dasarnya, terdapat cara menjawab kelebihan dan kekurangan saat interview yang ampuh dan bisa kamu lakukan. 

Simak tips menjawab pertanyaan interview kerja di bawah ini, yuk!

Cara Menjawab Kelebihan dan Kekurangan Saat Interview

cara menjawab kelebihan dan kekurangan saat interview kerja

Sumber: Flexjobs.com

Menjawab pertanyaan dari recruiter seputar kelebihan dan kekurangan diri sendiri memang perlu dilakukan dengan hati-hati. 

Pasalnya, salah-salah dalam menjawabnya justru dapat membuatmu ditolak sebuah perusahaan, lo

Nah, agar dapat memberikan respons yang tepat, berikut cara menjawab kelebihan dan kekurangan saat interview yang bisa kamu praktikkan.  

  • Jawablah pertanyaan dengan jujur dan hindari berbohong. 
  • Sebisa mungkin kamu sudah berlatih atau menyiapkan jawaban sebelum interview dimulai. 
  • Tunjukkan kepada rekruter bahwa kamu memiliki keinginan yang kuat untuk bekerja pada perusahaan terkait. 
  • Fokuslah pada pertanyaan mengenai kelebihan diri sendiri. Akan lebih baik jika menceritakan pengalamanmu sebagai bukti untuk mendukung jawaban yang diberikan. 

Jawaban Pertanyaan Interview Kerja Kelebihan Diri Sendiri

Penting untuk diperhatikan bahwa ketika kamu memberikan jawaban mengenai kelebihan yang dimiliki pastikan untuk menjawabnya sesuai dengan pekerjaan yang kamu lamar. 

Cara menjawab pertanyaan interview tersebut dapat membuat rekruter lebih yakin untuk memilihmu. 

Nah, berikut sejumlah jawaban mengenai kelebihan diri sendiri yang bisa digunakan ketika wawancara kerja. 

1. Kemampuan Komunikasi yang Baik

“Saya memiliki kemampuan komunikasi yang baik, baik dalam berbicara maupun menulis. Saya percaya bahwa komunikasi yang efektif adalah kunci untuk memahami kebutuhan tim dan klien, serta mencapai tujuan bersama”.

2. Senang Belajar Hal Baru

“Saya senang mempelajari hal-hal baru dan selalu terbuka untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan saya. Saya percaya bahwa selama hidup, kita harus terus mempelajari hal baru setiap harinya, sekecil apapun itu”.

3. Percaya Diri Tinggi

“Kepercayaan diri yang tinggi membantu saya menghadapi tantangan dengan lebih baik. Saya yakin bahwa saya bisa mengatasi situasi apa pun dengan tekad dan kerja keras”.

4. Komitmen yang Kuat

“Saya memiliki komitmen yang tinggi terhadap pekerjaan dan proyek yang saya ambil. Saya selalu berusaha memberikan yang terbaik dan menyelesaikan tugas sesuai tenggat waktu”.

5. Kemampuan Interpersonal

“Saya memiliki kemampuan interpersonal yang baik, yang memungkinkan saya untuk berkolaborasi dengan beragam individu dengan berbagai latar belakang. Saya percaya bahwa hubungan yang baik dengan rekan kerja sangat penting dalam mencapai keberhasilan bersama”.

6. Kreativitas

“Saya cenderung berpikir kreatif dalam menemukan solusi untuk masalah. Kemampuan ini membantu saya melihat situasi dari berbagai sudut pandang dan menghasilkan ide-ide inovatif”.

7. Kemampuan Berkerja Mandiri dan dalam Tim

“Saya bisa bekerja secara mandiri dengan baik, tetapi juga sangat suka bekerja dalam tim. Saya percaya kolaborasi dapat menghasilkan hasil yang lebih baik daripada usaha individu”.

8. Fleksibilitas dan Konsistensi Kinerja

“Saya fleksibel dan siap beradaptasi dengan perubahan. Saya tetap konsisten dalam memberikan hasil terbaik, bahkan dalam situasi yang berubah-ubah”.

9. Passion dalam Bidang yang Dilamar

“Saya memiliki passion yang besar dalam bidang yang saya lamar, dan ini memotivasi saya untuk terus belajar dan berkembang dalam karier ini”.

10. Kemampuan Adaptasi dan Pembelajaran Cepat

“Saya dapat dengan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru dan cepat belajar hal-hal baru. Ini memungkinkan saya untuk menjadi produktif dalam waktu singkat setelah bergabung dengan tim atau organisasi”.

Jawaban Pertanyaan Interview Kerja Kekurangan Diri Sendiri

Selain pertanyaan tentang kelebihan, kamu juga mungkin akan ditanya mengenai kelemahanmu.

Berikut adalah beberapa contoh jawaban yang dapat digunakan untuk menjelaskan kelemahan dalam pekerjaan:

1. Terkadang Keras Kepala

“Saya memiliki sifat yang agak keras kepala dan terkadang sulit untuk melepaskan ide-ide atau pandangan tertentu. Namun, saya telah belajar untuk lebih terbuka terhadap masukan dan sudut pandang orang lain”.

2. Selalu Ingin Semuanya Sempurna

“Saya selalu ingin menjalankan tugas dengan sebaik mungkin, yang kadang-kadang membuat saya terlalu fokus pada detail kecil. Saya telah belajar untuk mengenali kapan saatnya untuk merinci dan kapan harus fokus pada hasil keseluruhan”.

3. Tidak Sabar dalam Menunggu Hasil

“Saya memiliki tingkat keinginan yang tinggi untuk melihat hasil segera. Terkadang, ini bisa membuat saya agak tidak sabar dalam menunggu perkembangan atau hasil yang membutuhkan waktu”.

4. Kurangnya Percaya Diri

“Terkadang, saya merasa kurang percaya diri dalam situasi tertentu. Untuk mengatasi ini, saya telah berusaha untuk terus meningkatkan pengetahuan dan keterampilan saya dalam area tersebut”.

5. Kemampuan Bahasa Inggris yang Masih Harus Diperbaiki

“Kemampuan berbahasa Inggris saya masih dalam tahap pengembangan. Namun, saya aktif berusaha untuk meningkatkannya melalui kursus dan praktik berbicara dalam bahasa Inggris”.

6. Kesulitan dalam Mendelegasikan Pekerjaan

“Saya cenderung merasa lebih nyaman jika saya pribadi yang menyelesaikan tugas-tugas penting. Tapi saya juga menyadari pentingnya delegasi dan sedang berusaha untuk meningkatkan kemampuan ini”.

7. Tidak Selalu Cepat Mengambil Keputusan

“Terkadang, saya memerlukan waktu ekstra untuk mempertimbangkan semua aspek sebelum mengambil keputusan. Namun, saya selalu berusaha untuk membuat keputusan yang paling tepat dalam situasi tersebut”.

8. Pengalaman yang Masih Terbatas

“Meskipun pengalaman saya dalam bidang ini masih terbatas, saya sangat tertarik untuk mendalaminya. Saya percaya diri bahwa dengan kemampuan belajar yang cepat, saya dapat mengatasi kurangnya pengalaman ini”.

9. Mudah Kecewa pada Diri Sendiri

“Saya memiliki standar yang tinggi untuk diri sendiri, dan terkadang saya bisa merasa kecewa jika hasil kerja saya tidak sesuai dengan ekspektasi. Namun, saya telah belajar untuk melihat kegagalan sebagai peluang untuk tumbuh dan belajar”.

10. Kurang Teratur

“Terkadang, saya bisa kurang terorganisir dalam mengelola waktu atau tugas-tugas harian. Untuk mengatasi ini, saya telah menggunakan tools seperti online organizer & calendar untuk membantu meningkatkan keteraturan saya”.

***

Itulah cara menjawab kelebihan dan kekurangan saat interview.

Temukan ulasan lain seputar pekerjaan hingga gaya hidup hanya di artikel.rumah123.com.

Untuk mendapatkan berita terupdate, ikuti terus Google News kami, ya.

Yuk, segera wujudkan keinginan untuk memiliki rumah impian bersama Rumah123 karena kami selalu #AdaBuatKamu.


Tag: ,


Nik Nik Fadlah

Content Writer

Lulusan Ilmu Komunikasi Universitas Pasundan yang kini menjadi penulis di Rumah123 dan Berita 99. Memiliki pengalaman menulis di bidang kesehatan, gaya hidup, fashion, teknologi, pendidikan, hingga properti. Hobi membuat digital collage art.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA