OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

7 Cara Kirim Doa untuk Orang yang Sudah Meninggal. Mudah dan Penuh Makna!

13 Februari 2024 · 9 min read Author: Shafira Chairunnisa

cara mengirim doa untuk orang yang sudah meninggal

Salah satu pahala yang mengalir meski kamu sudah meninggal adalah doa anak saleh. Mari ikuti tata cara mengirim doa untuk orang yang sudah meninggal dalam ajaran Islam!

Dalam Islam, orang yang sudah meninggal sebaiknya kamu doakan agar mereka bisa masuk surga.

Doa yang dipanjatkan untuk orang meninggal akan memberikan cahaya dan kelapangan kubur.

Namun, bagaimana kira-kira cara untuk mengirimkan doa tersebut?

Ternyata cara kirim doa untuk orang yang sudah meninggal sangat mudah, lo!

Simak cara mengirimkan doa untuk orang yang sudah meninggal di bawah ini!

Cara Kirim Doa untuk Orang yang Sudah Meninggal 

doa untuk orang yang sudah meninggal

cara mengirim doa untuk orang yang sudah meninggal atau mengirim doa untuk orang yang sudah meninggal 

1. Berdoa Ketika Mendengar Kabar Duka

Cara mengirimkan doa untuk orang yang sudah meninggal pertama adalah berdoa ketika mendengar kabar duka.

Ketika ada kabar duka seseorang meninggal dunia, segera baca doa yang satu ini:

اِنَّا لِلّٰهِ وَاِنَّآ اِلَيْهِ رٰجِعُوْنَۗ

Latin: Innā lillāhi wa innā ilaihi rāji’ụn

Artinya: “Sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nyalah kami kembali.”

Doa ini memiliki arti manusia hanya bisa berpasrah dan menerima keputusan Allah ketika kematian datang.

2. Berdoa sambil Menyebutkan Nama Almarhum

Jangan lupa juga untuk menyebutkan nama almarhum ketika berdoa untuk mereka.

Hal ini agar doa jelas diperuntukkan untuk siapa.

Perilaku ini diajarkan oleh Imam Nawawi dalam Al Majmu.

Imam Nawawi berkata, “Pendapat pilihan kami adalah sampainya pahala bacaannya, jika seseorang meminta Allah untuk menyampaikan pahalanya.”

Hal ini juga diperjelas oleh Ibnu Sholah yang mengatakan hendaknya seseorang memperjelas kepada siapa doa yang mereka panjatkan.

3. Membacakan Surat Al Fatihah

Cara mengirimkan doa untuk orang yang sudah meninggal berikutnya adalah membacakan surat Al-Fatihah.

Selain surah Al-Fatihah, kamu bisa membaca doa untuk keluarga yang sudah meninggal, di bawah ini!

4. Doa Ketika Mendengarkan Kabar Duka

Selanjutnya, baca kembali doa ketika mendengarkan kabar duka cita.

Bukan innalillahi, ada doa lebih panjang yang sebaiknya kamu panjatkan.

Berikut adalah bacaan doanya:

Innalillahi wa inna ilaihi raji’un, wa inna ila rabbina lamunqalibun, allahummaktubhu ‘indaka fil muhsinin, waj’al kitabahu fi ‘illiyyiin, wakhlufhu fi ahlihi fil ghabirin, wa la tahrimnaa ajrahu wala taftinna ba’dahu.

Artinya: “Sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nya lah kami kembali. Dan sesungguhnya kepada Tuhan kamilah kami kembali. Ya Allah, tuliskanlah ia di sisi-Mu termasuk golongan orang-orang yang baik. Jadikanlah catatannya di ‘illiyyin. Gantilah ia di keluarganya dari orang-orang yang meninggalkan. Janganlah Engkau haramkan bagi kami pahalanya dan janganlah Engkau beri fitnah kepada kami sesudahnya.”

5. Doa untuk Orang yang Meninggal

Cara mengirimkan doa untuk keluarga yang sudah meninggal selanjutnya adalah dengan segera membaca doa untuk orang yang meninggal.

Terdapat doa untuk orang meninggal yang bisa kamu bacakan, berikut adalah contohnya untuk jenazah pria:

Allaahummaghfir lahu warham hu wa’aafi hii wa’fu anhu wa akrim nuzula hu wa wassi’ madkhola hu waghsil hu bilmaai wats-tsalji walbarodi wanaqqi hi minal khothooyaa kamaa yunaqqots tsaubul abyadlu minaddanasi wa abdil hu daaron khoiron min daari hi wa ahlan khoiron min ahli hi wazaujan khoiron min zaoji hi wa adkhil hul jannata wa ‘aidz hu min ‘adzaabil qobri wa fitnati hi wa min ‘adzaabin naar.

Artinya: “Ya Allah, ampunilah, rahmatilah, bebaskanlah dan lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkan, serta istri yang lebih baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke dalam surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya, dan dari siksa api neraka.”

6. Doa Tahlil untuk Orang yang Meninggal

cara mengirim doa untuk orang yang sudah meninggal tahlilan

cara kirim doa untuk orang yang sudah meninggal atau kirim doa untuk orang tua meninggal

Cara mengirimkan doa untuk orang yang sudah meninggal berikutnya adalah membaca doa tahlil.

Berikut adalah bacaan doa tahlil:

الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ حَمْدًا يُّوَافِى نِعَمَهُ وَيُكَافِىءُ مَزِيْدَهُ، يَا رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَنْبَغِيْ لِجَلَالِ وَجْهِكَ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ، سُبْحَانَكَ لَا نُحْصِى ثَنَاءً عَلَيْكَ أَنْتَ كَمَا أَثْنَيْتَ عَلَى نَفْسِكَ، فَلَكَ الحَمْدُ قَبْلَ الرِّضَى وَلَكَ الحَمْدُ بَعْدَ الرِّضَى وَلَكَ الحَمْدُ إِذَا رَضِيْتَ عَنَّا دَائِمًا أَبَدًا

Alhamdu lillaahi rabbil ‘aalamiin hamday yuwaafii ni-amahu wa yukaafi-u maziidah. Yaa rabaanaa lakal hamdu kamaa yambaghii lijalaali wajhika wa ‘azhiimi sulthaanik. Subhaanaka laa nuhshii tsanaa-a ‘alaika anta kamaa atsnaita ‘alaa nafsika falakal hamdu qablar ridha wa lakal hamdu badar ridha wa lakal hamdu idzaa radhiita annaa daa-iman abadaa.

Artinya: “Aku berlindung kepada Allah dari setan yang dilontar. Dengan nama Allah yang maha pengasih, lagi maha penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan seru sekalian alam sebagai pujian orang yang bersyukur, pujian orang yang memperoleh nikmat sama memuji, pujian yang memadai nikmat-Nya, dan pujian yang memungkinkan tambahannya. Tuhan kami, hanya bagi-Mu segala puji sebagaimana pujian yang layak bagi kemuliaan dan keagungan kekuasaan-Mu. Maha suci Engkau, kami tidak (dapat) menghitung pujian atas diri-Mu sebagaimana Kau puji diri sendiri. Hanya bagi-Mu pujian sebelum ridaa. Hanya bagi-Mu pujian setelah ridha. Hanya bagi-Mu pujian ketika Kau meridai kami selamanya.”

7. Doa untuk Kelapangan Kubur

Terakhir, bacakan doa kelapangan kubur untuk seseorang yang sudah meninggal.

Berikut adalah cara kirim doa untuk orang meninggal dengan membaca doa kelapangan kubur:

اللَّهُمَّ اِنَّهُ نَزَلَ بِكَ وَاَنْتَ خَيْرُ مَنْزُوْلٍ بِهِ وَاَصْبَحَ فـَـقِـيْرًا اِلـَى رَحْمَتِكَ، وَاَنْتَ غَنِيٌّ عَنْ عَذَابِهِ وَقـَـدْ جِئْنَاكَ رَاغِبِيْنَ اِلـَـيْكَ شُفـَـعَاءَ لـَـهُ، اللـّٰهُمَّ اِنْ كَانَ مُحْسِنًا فَزِدْ فِيْ اِحْسَانِهِ وَاِنْ كـَانَ مُسِيْئًا فَتَجَاوَزْ عَنْهُ وَلـَـقـِّـهِ بِرَحْمَتِكَ رِضَاكَ وَقِهِ فِتْنَةَ اْلقـَـبْرِ وَعَــَذابَهُ وَافْسَحْ لـَـهُ فِيْ قـَــبْرِهِ وَجَافِ اْلاَرْضَ عَنْ جَنْبَيْهِ وَلـَــقـِّـهِ بِرَحْمَتِكَ اْلاَمْنَ مِنْ عَذَابِكَ حَتَّى تَبْعَثَــهُ آمِنًا اِلـَى جَنَّتِكَ بِرَحْمَتِكَ يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Allahumma innahu nazala bika wa anta khairu manzuulin bihi waashabaha fawiran ila rahmatika, wa anta ghaniyyun ‘an adzabihi wa qad ji’naka raghibina ilaika syuf’a a lahu. Allahumma inkaana muhsinan fazid fii ihsanihi wain kaana musiinan farajawaz ‘anhu walaqqihi birahmatika ridhaka waqihi fitnatal qabri wa adzabahu wafsah lahu fii qabrihi wajafil ardha an janbaihi walaqqihi birahmatikal amna min ‘adzabika hatta tab’athasu aminna ila jannatika barahmatika yaa arhamarrahimiina.

Artinya: “Ya Allah, dia kembali kepada-Mu. Engkau adalah sebaik-baik tempat kembali. Ia membutuhkan rahmat-Mu. Sementara Engkau tidak perlu menyiksanya. Kami mendatangi-Mu seraya mengharap kepada-Mu agar dapat memberikan syafa’at baginya. Ya Allah, jika ia orang baik, maka tambahkanlah kebaikannya. Jika ia orang jahat, maka maafkanlah keburukannya. Pertemukan ia dan ridha-Mu berkat rahmat-Mu. Peliharalah ia dari fitnah dan azab kubur. Lapangkanlah kuburnya. Jauhkanlah dinding bumi dari kedua sisi badannya. Pertemukanlah ia dan keamanan berkat rahmat-Mu dari azab-Mu hingga Engkau membangkitkannya dalam keadaan aman menuju surga-Mu berkat rahmat-Mu, wahai Zat Yang Maha Pengasih.”

Cara Kirim Doa untuk Keluarga yang Sudah Meninggal

1. Kirim Doa untuk Ayah yang Sudah Meninggal

 doa untuk ayah yang sudah meninggal

kirim doa untuk anak laki-laki yang sudah meninggal atau cara mendoakan orang yang sudah meninggal

Berikut adalah cara mengirim doa untuk orang tua yang sudah meninggal atau cara mengirimkan doa untuk ayah yang meninggal:

Khushuushon ilaa ruuhi abii (sebut nama ayah) bin (sebut nama ayahnya). Allahumghfir lahu warhamhu wa ‘aafihi wa’fu ‘anhu, lahul faatihah.”

Artinya: “Terkhusus untuk ruhnya ayahku (sebut nama ayah) putranya (sebut nama ayahnya). Ya Allah ampunilah dia, kasihilah dia, selamatkanlah dia, dan maafkanlah dia, untuknya Al-Fatihah.” 

2. Kirim Doa untuk Ibu yang Sudah Meninggal

Berikut adalah cara kirim doa untuk ibu yang sudah meninggal atau cara mengirimkan doa untuk ibu yang sudah meninggal:

Latin: Khushuushon ilaa ruuhi ummii (sebut nama ibu) binti (sebut nama ayahnya). Allahumaghfir lahaa warhamhaa wa ‘aafihaa wa’fu ‘anhaa, lahal faatihah.

Artinya: “Terkhusus untuk ruhnya ibuku (sebut nama ibu) putrinya (sebut nama ayahnya). Ya Allah ampunilah dia, kasihilah dia, selamatkanlah dia, dan maafkanlah dia, untuknya Al-Fatihah.” 

3. Kirim Doa untuk Anak Laki-Laki yang Sudah Meninggal

cara mengirim doa untuk orang yang sudah meninggal untuk anak

cara mengirim doa untuk orang tua yang sudah meninggal atau kirim doa untuk orang tua yang sudah meninggal

Berikut adalah cara mengirimkan doa untuk anak laki-laki yang sudah meninggal:

Latin: Khushuushon ilaa ruuhi ibnii (sebut nama anak laki-laki). Allahumaghfir lahu warhamhu wa ‘aafihi wa’fu ‘anhu, lahul faatihah.

Artinya: “Terkhusus untuk ruhnya putraku (sebut nama anak laki-laki). Ya Allah ampunilah dia, kasihilah dia, selamatkanlah dia, dan maafkanlah dia, untuknya Al-Fatihah.”

4. Kirim Doa untuk Orang Meninggal Anak Perempuan

Berikut adalah cara mengirimkan doa untuk anak perempuan yang sudah meninggal:

Latin: Khushuushon ilaa ruuhi ibnati (sebut nama anak perempuan). Allahumaghfir lahaa warhamhaa wa ‘aafihaa wa’fu ‘anhaa, lahal faatihah.

Artinya: “Terkhusus untuk ruhnya putriku (sebut nama anak perempuan). Ya Allah ampunilah dia, kasihilah dia, selamatkanlah dia, dan maafkanlah dia, untuknya Al-Fatihah.”

5. Doa untuk Suami yang Sudah Meninggal

Berikut adalah cara mengirimkan doa untuk suami yang sudah meninggal :

Latin: Khushuushon ilaa ruuhi zaujiii (sebut nama suami) bin (sebut nama ayahnya). Allahumaghfir lahaa warhamhaa wa ‘aafihaa wa’fu ‘anhaa, lahal faatihah.

Artinya: “Terkhusus untuk ruhnya suamiku (sebut nama suami) putranya (sebut nama ayahnya). Ya Allah ampunilah dia, kasihilah dia, selamatkanlah dia, dan maafkanlah dia, untuknya Al-Fatihah.

6. Kirim Doa untuk Istri yang Sudah Meninggal

Berikut adalah cara kirim doa untuk istri yang sudah meninggal :

Latin: Khushuushon ilaa ruuhi zaujatii (sebut nama istri) binti (sebut nama ayahnya). Allahumaghfir lahaa warhamhaa wa ‘aafihaa wa’fu ‘anhaa, lahal faatihah.

Artinya: “Terkhusus untuk ruhnya istriku (sebut nama istri) putrinya (sebut nama ayahnya). Ya Allah ampunilah dia, kasihilah dia, selamatkanlah dia, dan maafkanlah dia, untuknya Al-Fatihah.

Doa untuk Orang yang Sudah Meninggal Sesuai Sunnah

Kamu yang ingin mengirimkan doa untuk orang yang sudah meninggal sesuai dengan sunnah Nabi Muhammad saw. berikut ada bacaannya:

إنَّا ِللهِ وإنَّا إلَيْهِ رَاجِعُوْن وَإِنَّا إليَ رَبِّنِا َلمُنْقَلِبُون الَلهُمَّ اكْتُبْهُ عِنْدَكَ ِفي اُلمحِسنِينِ وِاجْعَلْ ِكتابَهُ ِفي ِعلّيِّين وَاْخلُفْهُ في أَهْلِهِ في الغَابِرين وَلا تحَرِْمْنا أَجْرَهُ وَلاَ تَفْتِنَّا بَعْدَهُ

Innalillahi wa inna ilaihi raji’un, wa inna ila rabbina lamunqalibun, allahummaktubhu ‘indaka fil muhsinin, waj’al kitabahu fi ‘illiyyiin, wakhlufhu fi ahlihi fil ghabirin, wa la tahrimnaa ajrahu wala taftinna ba’dahu.

Artinya: Sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nya lah kami kembali. Dan sesungguhnya kepada Tuhan kamilah kami kembali. Ya Allah, tuliskanlah ia di sisi-Mu termasuk golongan orang-orang yang baik. Jadikanlah catatannya di ‘illiyyin. Gantilah ia di keluarganya dari orang-orang yang meninggalkan. Janganlah Engkau haramkan bagi kami pahalanya dan janganlah Engkau beri fitnah kepada kami sesudahnya.

FAQ Cara Kirim Doa untuk Orang yang sudah Meninggal

Bagaimana bacaan untuk mengirim doa untuk orang yang sudah meninggal?

Innalillahi wa inna ilaihi raji’un, wa inna ila rabbina lamunqalibun, allahummaktubhu ‘indaka fil muhsinin, waj’al kitabahu fi ‘illiyyiin, wakhlufhu fi ahlihi fil ghabirin, wa la tahrimnaa ajrahu wala taftinna ba’dahu.

Bagaimana cara mengirim Al Fatihah untuk orang yang sudah meninggal?

Langkah pertama dari rangkaian cara mengirim Al Fatihah untuk orang tua yang sudah meninggal adalah dengan mendatangi kubur atau makamnya. Kemudian, ucapkan salam pada ahli kubur dan baca Al Fatihah.

***

Itulah tata cara kirim doa untuk orang yang sudah meninggal dengan mudah dan penuh makna.

Temukan artikel menarik lainnya hanya di artikel.rumah123.com.

Cek juga informasi terkini dan bermanfaat di Google News Rumah123.

Jika sedang mencari hunian, Apartemen Emerald Bintaro mungkin bisa jadi pilihan menarik untuk kamu.

Dapatkan kemudahan untuk memenuhi kebutuhan properti di Rumah123 karena apapun hunian impian kamu #SemuAdaDisini.

Mau tanya dan ngobrolin properti lebih dalam dengan ahlinya? Cek saja Teras123!


Tag: , , , ,


Shafira Chairunnisa

Content Writer

Lulusan Hubungan Internasional di Universitas Katolik Parahyangan dan pernah bekerja sebagai jurnalis di media nasional. Sekarang fokus menulis tentang properti, gaya hidup, desain, dan politik luar negeri. Senang bermain game di waktu senggang.
Selengkapnya