Gaji Lulusan STIN Sumber: Papua Inside

Sekolah kedinasan kerap menjadi salah satu favorit bagi calon lulusan SMA, terlebih jaminan hidup sepanjang masa menjadi ganjaran penting.

Tak hanya menjadi TNI/Polri, minat calon siswa untuk memasuki dunia intelijen juga memiliki prospek yang sangat baik, terlebih gaji lulusan STIN ternyata cukup menjanjikan.

Meski memiliki gaji lulusan STIN cukup menjanjikan, namun mereka memiliki risiko pekerjaan yang cukup tinggi demi menjaga ketahanan negara.

Untuk diketahui, pendaftar Sekolah Tinggi Intelijen Negara ternyata cukup banyak bahkan menjadi salah satu yang paling favorit di Indonesia.

Layaknya sekolah kedinasan lainnya dengan reputasi mentereng, seperti apa gaji lulusan STIN dan jenjang karirnya seperti apa? Simak pembahasannya bersama-sama!

Pendidikan & Prospek Lulusan Sekolah Tinggi Intelijen Negara 

STIN Sumber: Suara.com

Jaminan hidup yang menjanjikan, ternyata ada dua jurusan penting dalam Sekolah Tinggi Intelijen Negara dengan pendidikan D-IV berikut ini secara lengkap : 

1. Jurusan Agen 

Sekolah Tinggi Intelijen Negara atau STIN merupakan salah satu sekolah kedinasan di Indonesia yang mempunyai program studi Agen Intelijen.

Jurusan ini mendidik dan mencetak para muridnya menjadi seorang agen dengan kemampuan intelijen yang cukup tinggi untuk ditempatkan di pemerintahan. 

Para praja STIN akan diberikan pola pikir yang inovatif untuk memecahkan masalah yang ada bahkan bersifat kompleks tentunya.

Agen ini memusatkan pada perkembangan dunia bisnis intelijen yang sangat dinamis dengan pendekatan akademis.

Prospek kerja untuk almamater STIN pada jurusan keagenan cukup menjanjikan dengan gaji lulusan STIN yang sangat baik. 

Tak hanya gaji lulusan STIN dari keagenan yang baik, ada beberapa jenjang karir yang bisa kamu jadikan pilihan antara lain : 

1. Intel Polisi

2. Intel Militer

3. Detektif

4. Investigator

5. Analisis Intelijen

2. Jurusan Intelijen 

Selain menjadi taruna Akademi TNI dan Kepolisian, Sekolah Tinggi Intelijen Negara bisa menjadi jalan yang baik untuk meniti karir sebagai anggota militer.

Dalam hal ini, perbedaan yang paling spesifik antara jurusan keagenan dan intelijen ada pada peranannya di masyarakat.

Pasalnya, jurusan intelijen lebih mengarahkan para siswa atau praja mereka untuk mengikuti pergerakan di belakang layar.

Untuk diketahui, jurusan intelijen ini kian diminati mengingat adanya percepatan teknologi maupun perubahan dunia intelijen yang sangat cepat.

Mereka memperoleh dukungan dari berbagai dorongan yang baik seperti teknologi internet, terorisme dan pengaruh politik terhadap perkembangan dunia.

Adapun, gaji lulusan STIN maupun prospek kerja yang menjanjikan tersebut dapat kamu ketahui antara lain : 

1. Polri (Intelkam) 

2. TNI (Badan Intelijen Strategis)

3. Badan Intelijen Negara 

4. Komisi Pemberantasan Korupsi 

5. Bea Cukai 

6. Kejaksaan Agung 

7. Kementerian Hukum dan HAM 

8. Imigrasi 

9. Pihak Swasta 

Melalui jenjang karir di atas, bisa dikatakan tugas seorang intelijen memiliki peranan khusus dalam menjaga ketahanan negara tak hanya berkaitan dari terorisme saja, melainkan juga mufakat kejahatan lainnya.

Kejahatan tersebut berkaitan dengan korupsi, penyelundupan bahkan kasus narkoba berskala besar menjadi kasus yang harus dituntaskan.

Daftar Gaji Lulusan STIN 

Prospek kerja yang sangat baik dengan gaji lulusan STIN yang nantinya bisa mempengaruhi gaji setiap bulannya.

Pastinya antara gaji lulusan STIN yang menjadi ASN antar instansi pastinya memiliki nominal yang berbeda satu sama lain.

Adapun, penempatan lulusan STIN disetarakan dengan golongan PNS yang berasal dari universitas dengan jenjang karir sarjana.

Tak hanya jenjang karir yang menjanjikan, semakin tinggi golongan PNS maupun pangkat dari gaji lulusan STIN maka nominal yang diperoleh semakin besar.

Umumnya, lulusan STIN tahap awal disetarakan dengan Golongan 3A atau Perwira Pertama dengan penugasan yang sudah ditentukan baik di BIN maupun instansi lainnya termasuk TNI/Polri.

Nominal gaji lulusan STIN dalam satuan pokok dapat dikatakan berkisar antara Rp1,3 - Rp5 jutaan per bulan.

Tunjangan Lainnya dari Gaji Lulusan STIN 

Tak hanya memperoleh gaji pokok, gaji lulusan STIN juga meliputi tunjangan maupun hak yang melekat dalam diri mereka.

Pasalnya, tunjangan kinerja dari lulusan STIN dengan prospek tersebut bisa memperoleh nominal mulai Rp1,96 juta sampai Rp26,32 juta per bulan yang disesuaikan oleh jenjang karir.

Adapun, tunjangan kinerja tersebut juga meliputi tunjangan berikut :

1. Tunjangan Suami/Istri (5% dari gaji pokok)

2. Tunjangan anak (2% dari gaji pokok) 

3. Tunjangan jabatan

4. Tunjangan makan 

5. Tunjangan jabatan 

Biaya perjalanan dinas

Dapat dikatakan gaji lulusan STIN memiliki nilai sangat besar, bahkan peminatnya juga tidak kalah banyak jika dibandingkan dengan anggota TNI/Polri.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang gaji lulusan STIN yang siap menjaga keamanan dan ketahanan negara.

Temukan informasi menarik seputar properti, selengkapnya di Rumah123

"Tilik keunggulan Elevee Tangerang di sini."

Bagikan:
691 kali