Bandar Udara Halim Perdana Kusuma_Resize Sumber : Wikipedia

Semenjak 1 Januari 2022 lalu, Bandar Udara Halim Perdana Kusuma yang berlokasi di Jakarta Timur ditutup sementara terkait revitalisasi yang dilakukan oleh Pemerintah Pusat.

Hal ini menyebabkan sejumlah penerbangan domestik dipindahkan sementara waktu dari Bandar Udara Halim ke wilayah terdekat lainnya.

Untuk mengatasi situasi ini, Kementerian Perhubungan sudah menyiapkan beberapa opsi Bandara lainnya yang bisa menampung penerbangan menuju Halim.

Setidaknya ada 3 nama Bandar Udara yang telah disiapkan oleh Kementerian Perhubungan.

Lokasinya dimana saja?

Yuk, langsung saja kita simak daftar lengkapnya berikut ini.

3 Bandar Udara Pengganti Halim Perdanakusuma

bandar udara pondok cabe Sumber: Liputan6

Melansir CNN Indonesia, Kementerian Perhubungan menyebut Bandara Pondok Cabe dan Bandara Budiarto, Curug, Tangerang Selatan akan menjadi pengganti selama revitalisasi Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati menjelaskan pemilihan dua bandara tersebut karena posisinya yang tidak jauh dari Bandar Udara Halim Perdana Kusuma .

"Bandara yang terdekat dengan Halim, dan infrastruktur serta fasilitasnya memadai," terang Adita, melansir CNN Indonesia, Kamis (30/12/2021).

Selain kedua bandara tersebut, Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) juga akan digunakan sebagai bandara pengganti.

Adita menuturkan penggunaan bandara pengganti akan mulai dilakukan setelah Peraturan Presiden (Perpres) tentang Revitalisasi Bandara Halim terbit.

"Begitu Perpres tentang revitalisasi (Bandara) Halim terbit akan segera dilaksanakan," tambah Adita.

Tambahan informasi, Bandar Udara Halim Perdanakusuma akan ditutup semenjak 1 Januari 2022 lalu untuk keperluan revitalisasi. 

Hal ini dilakukan sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo menyatakan salah satu alasan revitalisasi itu yakni kualitas landasan pacu atau runway telah menurun.

"Bahwa Bandara Halim akan ditutup mulai 1 Januari. Ini adalah perintah pak presiden, karena pak presiden merasakan betul runway-nya sudah kasar," terang Fadjar saat media gathering di Jakarta, Rabu (22/12/2021) lalu.

Ia mengatakan revitalisasi juga akan dilakukan untuk memperluas military appron, renovasi gedung VVIP, dan terminal. 

Hal itu membuat beberapa satuan TNI AU yang berada di Bandara Halim akan dipindahkan sementara waktu.

Nah, itulah 3 Bandara pengganti sementara Bandar Udara Halim Perdanakusuma yang tengah dilakukan renovasi.

Semoga informasi di atas bermanfaat, ya!

Jika kamu sedang mencari rumah, apartemen, tanah atau yang lainnya di marketplace properti tepercaya dan aman, bisa mengunjungi laman Rumah123.com dan 99.co untuk mendapatkan penawaran terbaik seperti di Cendana House Tangerang.

Buka lembaran baru dan wujudkan impianmu, kami selalu #AdaBuatKamu.

Jangan sampai ketinggalan untuk mendapatkan berita dan tips terbaru mengenai dunia properti dalam negeri serta mancanegara di artikel Rumah123.com.

Bagikan:
338 kali