bandara soekarno hatta

Pastinya kamu mengetahui bandara Soekarno-Hatta. Apa sih keunggulan mengenai hunian dekat bandara sehingga selalu menjadi fitur penjualan developer?

Bandara Soekarno Hatta menjadi bandara kebanggaan bagi masyarakat Indonesia. Tidak hanya bangunannya yang megah, tetapi fasilitas yang begitu lengkap dan modern.

Bandara Soetta atau bernama lengkap Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, berlokasi di kota Tangerang, Banten.

Secara geografis bandara ini berada di kecamatan Benda, Kota Tangerang yang menempel dengan wilayah Cengkareng, Jawa Barat.

Oleh karena itu, masyarakat menyebut bandara Cengkareng yang merujuk pada kode IATA, yaitu CGK.

Sejarah Bandara Soekarno-Hatta

Awal beroperasinya, bandara Soetta, menggantikan fungsi bandara Kemayoran di Jakarta Pusat. Bandara Kemayoran awalnya hanya untuk penerbangan domestik.

Tetapi, karena dianggap terlalu dekat lokasinya dengan basis militer  Indonesia, yaitu Bandara Halim Perdanakusuma tahun 1928 hingga 1974.

Sejak itu, bandara Kemayoran dinonaktifkan, dan Bandara Halim berfungsi untuk penerbangan militer, VVIP, charter, dan beberapa penerbangan domestik saja.

Nah, tahun 1970-an pemerintah mencari lokasi strategis untuk dijadikan bandara baru. Dan terpilihlah Tangerang Utara sebagai lokasi alternatif.

Lalu, pada akhir Maret 1975, terpilihlah arsitek Perancis Paul Andreu, yang juga merancang Bandar Udara Charles de Gaulle di Paris, Perancis.

Kemudian, dibangunlah Bandara Soekarno Hatta, dan menjadi bangunan yang sekarang. dengan beberapa penambahan serta renovasi di beberapa bagian.

Bandara Soekarno-Hatta disebut sebagai bandara tersibuk ke-18 di dunia menurut data Airports Council International, melampaui Bandara Changi di Singapura.

Ada 3 terminal di bandara Soetta, yang terbagi atas Terminal 1, Terminal 2 dan Terminal 3 yang terbagi atas maskapai penerbangan masing-masing.

Fasilitas Penunjang Bandara Soekarno-Hatta

Dahulu, kamu hanya bisa menggunakan bus Damri atau taksi untuk mencapai bandara. Namun kini, kamu bisa menggunakan Kereta Bandara Soekarno-Hatta.

KA Bandara memiliki rute sepanjang 37,6 km dan melayani sejumlah rute dengan waktu tempuh 55 menit.

Stasiun pemberangkatan melalui Stasiun Manggarai-Stasiun Sudirman Baru-Stasiun Duri-Stasiun Batu Ceper-Stasiun Bandara Sekarno Hatta.

Fasilitas lain yang terdapat di bandara adalah airport rent, dari movic, layanan aplikasi rental mobil yang menghubungkan pemilik dan penyewa secara online.

Keuntungan Hunian Dekat Bandara

Memiliki rumah atau dekat bandara menjadi nilai jual tersendiri. Berdasarkan lokasi yang strategis dan dekat Bandara Soekarno Hatta pasti memiliki harga sewa yang tinggi.

Hal inilah yang menjadi keuntungan jika memiliki properti di lokasi strategis seperti ini. Selain itu, hunian dekat bandara memiliki nilai investasi yang terus naik.

Berikut beberapa keuntungan memiliki hunian dekat bandara. Apalagi banyak developer yang memasarkan proyek dengan gimmick dekat bandara.

1. Bebas Banjir dan Macet

Menjadi akses utama masuk ke Indonesia, wilayah bandara tentunya harus bebas banjir dan macet sehingga hunian kamu pun akan berdampak karena dekat bandara.

Selain itu, jalan menuju bandara pun biasanya bebasa macet, karena memang dirancang untuk kondisi tersebut.

2. Kawasan Modern yang Maju

Keuntungan lain memiliki hunian dekat bandara adalah terintegrasi dengan berbagai fasilitas umum yang modern dan maju.

Karena bandara didesain dengan berbagai fasilitas lengkap untuk menunjang area sekitar bandara itu sendiri.

Misalnya saja KA Bandara dan beberapa fasilitas umum lainnya yang dapat menunjang mobilitas kamu sehari-hari.

3. Menghemat Waktu

Nah, buat kamu yang suka travelling. Memiliki hunian, baik itu perumahan atau apartemen tentu sangat menguntungkan.

Karena kamu dapat menghemat waktu jika harus menggunakan pesawat. Selain itu, tidak membuatuhkan waktu berjam-jam untuk mencapai bandara. Asyik bukan!

Rumah123.com pernah membahas mengenai infrastruktur besar seperti Pelabuhan Patimban dan dampaknya ke dunia properti.

Situs properti Rumah123.com selalu menghadirkan artikel dan tips menarik mengenai properti, desain, hukum, hingga gaya hidup.

Saatnya kamu memilih dan mencari properti terbaik untuk tempat tinggal atau investasi properti seperti The Grand Stand Apartemen.

Bagikan:
557 kali