OK

7 Mukjizat Nabi Musa AS, dari Membelah Lautan Hingga Mengubah Harta Fir'aun Jadi Batu

29/05/2022 by Adhitya Putra

mukjizat nabi musa membelah laut merah

Banyak mukjizat Nabi Musa alaihissalam yang diberikan oleh Allah Ta’ala, sebagai bukti dan ciri-ciri kenabian dan kerasulannya. Apa saja mukjizatnya?

Kisah Nabi Musa alaihissalam (as) dalam menghadapi Raja Firaun yang terkenal zalim tidak terlepas dari bantuan Allah Ta’ala melalui mukjizat.

Arti mukjizat adalah perkara di luar kebiasaan yang dilakukan oleh Allah melalui para nabi dan rasul-Nya, untuk membuktikan kebenaran kenabian.

Dalam Al-Qur’an telah disebutkan salah satu keistimewaannya adalah tongkat Nabi Musa as yang dapat membelah lautan.

Lantas, apa saja mukjizat Nabi Musa as? Yuk mari menyimak ulasannya dalam artikel ini.

Deretan Mukjizat Nabi Musa yang Disebutkan dalam Al Quran

mukjizat nabi musa mengubah tongkat jadi ular

(Sumber: Sindonews.com)

1. Tangannya Memancarkan Sinar Putih

Dalam QS Al-Qasas : 32, disebutkan

“Masukkanlah tanganmu ke leher bajumu, dia akan keluar putih (bercahaya) tanpa cacat, dan dekapkanlah kedua tanganmu ke dadamu apabila ketakutan.

Itulah dua mukjizat dari Tuhanmu (yang akan engkau pertunjukkan) kepada Firaun dan para pembesarnya. Sungguh, mereka adalah orang-orang fasik.”

2. Tongkat Menjadi Ular

Kemudian, mukjizat Nabi Musa lainnya adalah mampu mengubah tongkat menjadi ular atas pertolongan Allah Ta’ala.

Hal ini sebagaiman firman Allah sebagai berikut:

Dan lemparkanlah tongkatmu.” Maka ketika dia (Musa) melihatnya bergerak-gerak seakan-akan seekor ular yang (gesit), dia lari berbalik ke belakang tanpa menoleh.

(Allah berfirman), “Wahai Musa! Kemarilah dan jangan takut. Sesungguhnya engkau termasuk orang yang aman. (QS Al-Qasas: 31).

3. Mampu Membelah Laut Merah

Mukjizat Nabi Musa as selanjutnya adalah dapat membelah Laut Merah, dengan tongkatnya atas izin Allah Ta’ala.

Hal ini sebagaimana terdapat dalam Al Quran QS. Thaha ayat 77:

“Dan sesungguhnya telah Kami wahyukan kepada Musa, “Pergilah kamu dengan hamba-hamba-Ku (Bani Israil) di malam hari.

Maka, buatlah untuk mereka jalan yang kering di laut itu, kamu tak usah khawatir akan tersusul dan tidak usah takut (akan tenggelam).”

4. Meluapkan Sungai Nil

Pada surat Al-A’raf ayat 133 disebutkan kisah bencana yang melanda Fir’aun sebagai hukuman dari Allah Ta’ala.

“Maka, Kami kirimkan kepada mereka topan, belalang, kutu, katak, dan darah (air minum berubah menjadi darah) sebagai bukti-bukti yang jelas, tetapi mereka tetap menyombongkan diri dan mereka adalah kaum yang berdosa.”

5. Mengeluarkan Air dari Batu

Mukjizat Nabi Musa as lainnya adalah beliau dapat membuat batu memancarkan 12 sumber mata air dengan memukulkan tongkatnya atas bantuan Allah Ta’ala.

“Pukulah batu itu dengan tongkatmu!” Maka memancarlah dari (batu) itu dua belas mata air. Setiap suku telah mengetahui tempat minumnya masing-masing.” (QS. Al-A’raf :160).

6. Menjadikan Harta Fir’aun jadi Batu

Tidak hanya mengeluarkan air dari batu saja, Nabi Musa juga berdoa kepada Allah Ta’ala untuk menghilangkan harta benda milik Fir’aun.

“Musa berkata. ”Ya Tuhan kami. sesungguhnya Engkau telah memberi kepada Fir’aun dan pemuka-pemuka kaumnya perhiasan dan harta kekayaan dalam kehidupan dunia. 

Akibatnya mereka menyesatkan (manusia) dari jalan Engkau. Ya Tuhan kami. binasakanlah harta benda mereka, dan kunci matilah hati mereka”. (QS. Yunus: 88).

7. Menghukum Fir’aun dengan Kemarau

Melihat kejahatan keji yang dilakukan Fir’aun, Nabi Musa berdoa kepada Allah untuk menghukum sang raja kejam itu.

“Dan sungguh, Kami telah menghukum Fir’aun dan kaumnya dengan (mendatangkan musim kemarau) bertahun-tahun dan kekurangan buah-buahan, agar mereka mengambil pelajaran.” (QS. Al-A’raf: 130).

Nah, itulah deretan mukjizat Nabi Musa as yang diriwayatkan dalam Al Quran. Semoga informasi ini bermanfaat!

Baca juga ulasan mengenai nama 25 Nabi dan Rasul beserta kisahnya, hanya di artikel.rumah123.com.

Kalau ingin cari rumah impian, kamu bisa menelusuri berbagai rekomendasi terbaiknya di Rumah123.com dan 99.co, karena kami #AdaBuatKamu.


Tag: , ,


Adhitya Putra

Adhitya Putra

Penulis Rumah123.com yang sedang menekuni peran sebagai Jurnalis di bidang properti. Merasa antusias dengan penulisan SEO dan fotografi bergenre hitam putih.