cara mengatasi pencemaran udara

Polusi udara kini telah menjadi isu global yang harus segera diatasi. Bagaimana caranya? Simak penyebab dan cara mengatasi pencemaran udara berikut ini.

Polusi atau pencemaran udara masih menjadi masalah yang harus segera di atasi, terlebih lagi di daerah perkotaan.

Bagi kamu yang tinggal di daerah perkotaan, pencemaran udara, seperti polusi bukanlah hal asing. Karena, hampir setiap saat terdapat polusi.

Apalagi kalau kamu tinggal di dekat jalan besar, pastinya terkena debu dan asap dari kendaraan.

Begitu juga halnya, kalau kamu tinggal di dekat kawasan industri, pastinya mengalami asap pembuangan dari pabrik.

Pada dasarnya, banyak cara mengatasi pencemaran udara yang dapat kamu lakukan, salah satunya dimulai dari diri sendiri dengan menggunakan produk ramah lingkungan.

Karena jika kualitas udara di lingkungan kamu tidak sehat, maka bukan tidak mungkin bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan.

Misalnya seperti gangguan pernapasan, iritasi mata atau kulit, hingga kanker paru-paru yang bisa menyebabkan kematian.

Penyebab Pencemaran Udara

Penyebab pencemaran udara yang terdapat di daerah perkotaan, umumnya berasal dari asap kendaraan bermotor.

Selain itu, penyebab lain pencemaran udara adalah berasal dari asap rokok. Meski sering disepelekan, asap rokok membawa pengaruh buruk bagi diri sendiri dan orang lain.

Asap pabrik dan limbah rumah tangga pun menjadi penyebab terjadinya pencemaran udara. Berbanding terbalik dengan udara di pedesaan.

Udara pedesaan sangat identik dengan suasana dan udara yang sejuk serta asri. Oleh karena itu, saat kamu menghirup udara di desa pastinya begitu segar.

Cara Mengatasi Pencemaran Udara

Beberapa usaha yang tepat untuk mengatasi pencemaran udara adalah mulai dari diri sendiri. Kamu bisa melakukan beberapa hal berikut yang dilansir dari beberapa sumber:

1. Menanam Tanaman Penangkal Polusi

Cara mengatasi pencemaran udara akibat asap pabrik atau cara mengatasi pencemaran udara akibat asap rokok dan penyebab lainnya adalah dengan menanam tanaman penangkal polusi.

Beberapa tanamannya antara lain seperti krisan, dracaena, lidah buaya, bambu, lidah mertua, lili, sirih gading, sri rejeki, dan spider plant.

Tanaman tersebut dipercaya dapat menyaring zat berbahaya dari polusi melalui pori-porinya.

Selain dapat menangkal polusi, tanaman tersebut dapat menjaga lingkungan kamu tampak lebih sejuk dan asri, sehingga udara yang kamu hirup pun akan lebih baik.

2. Memilih Produk Hemat Daya dan Ramah Lingkungan

Menggunakan peralatan yang hemat energi seperti lampu LED dan alat elektronik lainnya yang juga hemat energi, menjadi salah satu cara mengatasi pencemaran udara dan melindungi lingkungan.

3. Tidak Membakar Sampah

Membakar sampah adalah kegiatan yang paling sering dilakukan masyarakat Indonesia. Padahal ini salah satu penyebab pencemaran udara.

Cara mengatasi pencemaran udara akibat pembakaran adalah tentunya dengan tidak melakukan pembakaran. Hal ini dapat berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan.

4. Bersepeda dan Berjalan kaki

Cara mengurangi polusi udara di perkotaan adalah dengan bersepeda atau berjalan kaki. Dengan begitu, kamu dapat mengurangi pencemaran udara.

Selain itu, dengan bersepeda atau berjalan kaki, akan baik juga untuk kesehatan tubuh. Tapi, disarankan untuk menghindari jalan raya yang ramai atau padat, guna menghindari paparan polusi.

5. Kurangi Penggunaan Kendaraa Bermotor

Menggunakan transportasi publik adalah salah satu cara mengatasi pencemaran udara atau polusi. Namun, jika kamu harus menggunakan kendaraan bermotor bisa melakukan beberapa hal berikut.

a. Tidak menyalakan mesin terlalu lama saat sedang berhenti atau parkir.

b. Kendarai motor atau mobil dengan baik. Maksudnya, kurangi rem mendadak untuk menghemat bahan bakar, sehingga polusi udara pun akan berkurang.

c. Jika memungkinkan, cobalah beralih ke kendaraan listrik, meski memang saat ini masih mahal.

Hal yang paling penting sebagai cara mengatasi pencemaran udara adalah dengan meningkatkan kesadaran diri sendiri.

Kesadaran diri yang meningkat terkait pencemaran udara adalah langkah awal untuk mempengaruhi orang-orang sekitar agar ikut berkontribusi.

Rumah123.com juga pernah membahas mengenai cara mengatasi pencemaran tanah yang terjadi di sekitar rumah.

Ada juga artikel mengenai cara mengatasi pencemaran air, hal yang bisa terjadi kalau rumah dekat kawasan industri.

Situs properti Rumah123.com selalu menghadirkan artikel dan tips menarik mengenai properti, desain, hukum, hingga gaya hidup.

Saatnya kamu memilih dan mencari properti terbaik untuk tempat tinggal atau investasi properti seperti Waterfront Estates.

Bagikan:
444 kali