ceramah bulan ramadhan

Simak daftar ceramah singkat tentang bulan Ramadhan penuh berkah yang bisa kamu jadikan inspirasi tausiyah nan menyejukkan hati berikut ini!

Bulan Ramadan merupakan bulan penuh berkah dan ampunan, dimana segala pahala dan amal ibadah dilipatgandakan.

Tak hanya sekadar ibadah wajib, ibadah sunah yang kamu lakukan memiliki manfaat yang baik dengan berbagai amalan dan keutamaan.

Menjalankan salat tarawih menjadi salah satu bagian penting dalam menyempurnakan ibadah di bulan Ramadan.

Satu yang tidak boleh terlewatkan adalah berbagai ceramah singkat tentang bulan Ramadhan penuh berkah yang sarat akan makna.

Apa saja ceramah singkat tentang bulan Ramadhan penuh berkah yang dijamin menyejukkan hati untuk segala umat? Simak pembahasannya berikut ini!

Contoh Ceramah Singkat Tentang Bulan Ramadhan Penuh Berkah 

Kamu bisa pilih beberapa referensi ceramah singkat tentang bulan Ramadhan penuh berkah yang menyejukkan hati berikut ini: 

1. Ceramah Singkat Tentang Bulan Ramadhan Penuh Berkah Bertema Keikhlasan 

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Puji syukur kehadirat Allah yang maha kuasa karena karunianya kita semua dapat berkumpul dalam kesempatan yang mulia ini dengan nikmat iman dan nikmat islam penuh keberkahan bagi sesama.

Dalam kesempatan ini izinkan saya menyampaikan ceramah singkat bulan Ramadhan tentang ikhlas.

Rasulullah SAW menegaskan jika segala amal ibadah kita termasuk menjalani saum Ramadan penuh keikhlasan demi memperoleh rida Allah SWT semata.

Walau segenap jiwa dan raga bahkan pikiran terkuras jika tak menjalani penuh keikhlasan, pastinya semua amalan ibadah akan terasa sia-sia di mata Allah SWT.

Dengan demikian, maka sangat merugi orang yang sedekah sebanyak-banyaknya di bulan suci hanya karena demi konten dan terlihat dermawan.

Mulai sekarang, teman-teman hadirin sekalian diingatkan untuk kembali ke fitrahnya dalam beribadah, beramal saleh penuh keikhlasan dalam berbagai aktivitas khususnya di bulan suci Ramadan.

Demikian ceramah singkat tentang bulan Ramadhan penuh berkah mengenai keikhlasan dalam beribadah kepada Allah SWT.

Akhir kata, Jazakumullah Khairan Katsiran Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

2. Ceramah Singkat Tentang Bulan Ramadhan Penuh Berkah dengan Tema Pahala Salat Tarawih 

Ceramah singkat tentang Ramadhan Penuh Berkah Tarawih

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Hadirin sekalian yang dirahmati oleh Allah SWT yang sedang menjalani ibadah saum dan melaksanakan tarawih.

Dalam kesempatan ini, izinkan saya memberikan ceramah singkat tentang bulan Ramadhan penuh berkah mengenai pahala salat tarawih.

“Pada awal malam Ramadan Allah SWT akan mengampuni semua dosa yang tersembunyi dan yang terang-terangan, meninggikan derajat, membangun 50 ribu kota di surga untuk orang yang berpuasa.”

Di awal puasa Ramadan dosa-dosa kita akan diampuni dan ditinggikan derajatnya, jangan sampai kita melewatkan puasa Ramadan.

Mari kita sambut bulan suci yang mulia ini dengan rasa gembira dan semarak dengan memanjatkan syukur kepada ilahi atas rahmat dan karunia-Nya. 

Dimana kita diberi umur panjang untuk melaksanakan ibadah saum Ramadan sehingga menjadi lebih khusyuk dengan berlomba-lomba mencari pahala sebanyak-banyaknya.

Sungguh anugerah luar biasa yang diciptakan oleh Allah SWT untuk menjalankan ibadah puasa dengan baik dan menjadi kesempatan untuk terus memperbaiki diri.

Bukan hanya sekadar memperbaiki diri, segala ibadah dan amal saleh sepenuhnya digandakan dengan mempertebal iman dan hawa nafsu kita.

Semoga ceramah singkat tentang bulan Ramadhan penuh berkah ini bermanfaat, akhir kata Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

3. Ceramah Singkat Tentang Bulan Ramadhan Penuh Berkah dengan Tema Bersyukur

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Hadirin yang dimuliakan oleh Allah SWT.

Pada kesempatan ini izinkan kami untuk memberikan risalah ceramah singkat tentang cara bersyukur kepada Allah SWT.

Syukur memiliki berbagai dimensional dan warna yang berbeda khususnya dalam agama Islam, menjelaskan jika ini mempunyai peranan penting mengatur tindakan dari hati.

Jika melihat banyak fenomena dalam beberapa waktu ke belakang, tampak jelas bahwa salah satu akar masalah dari kekacauan adalah kurangnya rasa syukur yang dimiliki manusia dan jauh dari kematian.

Syukur yang benar pastinya akan melahirkan berbagai perilaku yang baik dan tepat sesuai dengan syariat.

Allah berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 152 dan 172, yang artinya antara lain sebagai berikut : 

“Maka ingatlah kepada-ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku dan janganlah kamu ingkar.”

Dalam satu ayat Allah berfirman yang artinya : 

“Wahai orang-orang yang beriman! Makanlah dari rezeki yang baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah jika kamu menyembah kepada-Nya.”

Dari ayat diatas menjelaskan dengan singkat betapa pentingnya bersyukur kepada Allah, atas keberkahan kita di bulan suci Ramadan.

“Sungguh menakjubkan urusan orang mukmin, semua urusan adalah baik baginya. Hal ini tidak didapatkan kecuali pada diri seorang mukmin. 

Apabila mendapatkan kesenangan, dia bersyukur, maka yang demikian itu merupakan kebaikan baginya. Sebaliknya jika tertimpa kesusahan, dia bersabar maka itu pula yang menjadikan kebaikan baginya.” (HR Muslim).

Dari surat An-Nisa Allah berfirman yang artinya : 

“Allah tidak akan menyiksamu jika kamu bersyukur dan beriman. Dan Allah maha mensyukuri dan maha mengetahui.”

Dari beberapa dalil di atas dapat dipetik pelajaran bahwa kita harus selalu bersyukur dalam berbagai keadaan, jangan sampai mengingkari nikmat-Nya.

Ceramah singkat tentang bulan Ramadhan penuh berkah tentang bersyukur saya akhiri, Jazakumullah Khairan Katsiran Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

4. Ceramah Singkat Tentang Bulan Ramadhan Penuh Berkah dalam Meraih Kemenangan

Ceramah singkat tentang Ramadhan Penuh Berkah Meraih Kemenangan

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh 

Dalam kesempatan yang berbahagia ini izinkan kami untuk memberikan tausiyah singkat tentang meraih kemenangan.

Bukan hanya sekadar meraih kemenangan saat mendekati Idulfitri tapi lebih dari itu, bahkan dapat dilakukan dari sekarang. 

Pasalnya, kamu bisa melakukan berbagai ibadah dan mencari amal saleh untuk bekal di akhirat kelak.

Bulan Ramadan menjadi kesempatan yang bagus untuk memperbanyak ibadah serta menggandakan pahala karena momentum ini adalah waktu yang tepat untuk memperoleh ampunan dari Allah SWT.

Tak hanya memperoleh ampunan dari Allah, segala pahala juga dilipatgandakan sehingga kamu bisa meraih Lailatul Qadar seakan-akan beramal lebih dari 1,000 bulan.

Sebelum memperoleh Lailatul Qadar, hadirin sekalian yang memiliki semangat pastinya bisa menjalani peribadatan salat malam di akhir Ramadan.

Karena dengan melakukan itikaf dan salat malam Allah akan terus menggandakan pahala dan menjauhi dari berbagai marabahaya. 

Demikian saya akhiri ceramah singkat mengenai meraih kemenangan di bulan Ramadan sejak dini, akhir kata Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh!

Demikian beberapa ceramah singkat tentang bulan Ramadhan penuh berkah yang bisa kamu jadikan referensi terbaik dalam menjalankan syiar.

Temukan informasi menarik lainnya seputar gaya hidup, selengkapnya hanya di artikel.rumah123.com

Kamu bisa wujudkan hunian idaman seperti LRT City Cibubur, hanya di Rumah123.com dan 99.co, yang pastinya #AdaBuatKamu!

Bagikan:
3653 kali