cara membersihkan kolam renang

Mau hemat biaya membersihkan dan perawatan kolam renang? Nah, berikut beberapa cara membersihkan kolam renang sendiri dengan mudah dan hemat biaya.

Kolam renang adalah fasilitas yang menjadi impian banyak orang, meskipun, kolam renang adalah fasilitas standar untuk rumah mewah.

Tetapi, ada beberapa rumah yang tidak terlalu besar membuat kolam renang sederhana di halaman belakang rumah atau taman belakang rumah sempit.

Kalau memiliki kolam renang, tentu kamu juga harus teliti saat membersihkannya, merawat dan cara membersihkan kolam renang susah-susah gampang.

Beberapa orang mungkin seringkali memanggil jasa profesional untuk membersihkan kolam renang milik mereka.

Namun, untuk menghemat biaya perawatan kolam renang di rumah ada baiknya untuk melakukannya sendiri, mudah dan hemat biaya.

Mau tahu, bagaimana cara membersihkan kolam renang dan merawatnya? Cek tips dari Rumah123.com di bawah ini ya.

Cara Membersihkan Kolam Renang Sendiri

1. Sikat Kolam dan Ambil Kotoran

Sebelum mengambil kotoran yang ada di kolam, pastikan kamu untuk menyiapkan alat-alat pembersih terlebih dahulu, seperti:

A.Jaring daun atau skimmer

B. Sikat kolam

C. Tongkat teleskopik

Selanjutnya, kamu dapat membersihkan kolam menggunakan jaring daun yang dipasangkan pada tongkat teleskopik, lakukan secara teliti.

Untuk menghilangkan kotoran pada kolam renang, sikat dinding dan tangga kolam, lakukan hal ini, paling tidak setiap minggu.

2. Vacuum Kolam Renang

Setelah membersihkan dedaunan dan beberapa benda asing lainnya dari kolam, selanjutnya adalah menggunakan vacuum kolam renang.

Hal ini bertujuan untuk membersihkan lantai kolam renang, baik dari lumut ataupun jamur lainnya, tetapi penggunaan vacuum ini tidak disarankan jika terlalu sering.

Pasalnya, alat ini dapat merusak sistem penyaringan kolam, karena benda-benda seperti bebatuan yang ikut terhisap.

Nah, untuk menghemat biaya perawatan kolam, pilih vacuum penghisap kolam manual saja, lebih hemat dan juga awet ya.

Cara penggunaannya pun mudah seperti menggunakan penghisap debu atau kotoran pada karpet, pastinya kamu sering memakainya.

3. Cek Filter Kolam

Salah satu cara menjaga kebersihan kolam renang adalah dengan selalu mengecek filter kolam, hal ini tidak boleh dilupakan lo.

Setelah membersihkan kolam dengan vacuum, tahapan selanjutnya adalah memastikan filter kolam renang, pastikan tidak ada kotoran.

Jika terdapat kotoran atau sampah pada filter, hal tersebut dapat menyumbat filter air kolam renang, filter tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya.

Ambil langkah untuk membersihkan filter dari sampah, hal ini adalah salah satu cara untuk menghilangkan kotoran pada kolam renang.

4. Bahan Kimia Pada Kolam

Sebelum memberikan obat kolam renang seperti kaporit atau klorin, ada baiknya untuk mengukur kadar pH air kolam renang kamu terlebih dahulu.

Kamu bisa melakukannya menggunakan alat pengukur pH yang bisa didapatkan di toko online maupun offline, kadar pH kolam renang, harus berada antara 7,2 dan 7,6.

Jika kadar pH berada di luar angka tersebut, makan kamu perlu menambahkan atau mengurangi kadar pH, gunakan sesuai kebutuhan untuk menyesuaikan kadar pH pada kolam renang kamu.

Selain itu, kamu juga dapat memberikan tablet klorin pada air kolam untuk penjernihan air, tablet ini berfungsi untuk membunuh bakteri dalam air kolam dengan melepaskan klorin.

Tidak hanya itu, kamu juga harus menambahkan tablet klorin pada jarring pembersih kolam, automatic feeder dan floater.

Hal ini untuk memastikan semua perlengkapan kolam kamu tidak terkontaminasi oleh bakteri, ingat lo kamu dan anggota keluarga lainnya menggunakan kolam ini.

Semoga beberapa tips di atas bisa membantu kamu sebagai cara membersihkan kolam renang, ya, selamat mencoba.

Situs properti Rumah123.com selalu menghadirkan artikel dan tips menarik mengenai properti, desain, hukum, hingga gaya hidup.

Saatnya kamu memilih dan mencari properti terbaik untuk tempat tinggal atau investasi properti seperti Grand Wisata.

Bagikan:
271 kali