kota terkaya di indonesia

Kalau ada kota termiskin di Indonesia, pasti ada juga dong kota terkaya di Indonesia. Penasaran apa saja kota yang termasuk dalam kota terkaya?

Indonesia memiliki banyak sekali kota, mulai dari Sabang sampai Merauke. Sekitar 98 kota terdapat di Republik Indonesia, per tahun 2020.

Beragam suku, budaya, hingga berbagai hal unik dari setiap kota tersebut. Indonesia merupakan negara luas yang kaya akan hasil alamnya.

Oleh karena itu, banyak sekali hasil bumi serta kekayaan alam lainnya yang bisa dimanfaatkan oleh warganya.

Nah, karena kekayaan alam yang berlimpah, karena hal inilah, di Indonesia ada julukan kota terkaya di Indonesia?

Penasaran gak sih apa saja kota yang termasuk dalam urutan 34 provinsi terkaya di Indonesia .

10 Kota Terkaya di Indonesia

Kota terkaya di Indonesia ini berdasarkan PDRB atau Produk Domestik Regional Bruto per kapita masing-masing daerah.

PDRB, merupakan nilai tambah yang dihasilkan oleh seluruh unit usaha dalam suatu daerah tertentu.

PDRB per kapita merupakan gambaran rata-rata pendapatan yang diterima oleh setiap penduduk selama satu tahun di suatu wilayah atau daerah.

Berikut beberapa kota terkaya di Indonesia yang dilansir dari berbagai sumber, yuk dilihat.

1. Jakarta, DKI Jakarta

Jakarta sebagai ibu kota negara Indonesia menjadi  kota terkaya di Indonesia. Sebagai pusat pusat ekonomi, kota ini memiliki PDRB per kapita sekitar Rp692,24 juta.

2. Teluk Bituni, Papua Barat

Kota paling barat di Indonesia ini, menjadi kota terkaya ke 2 di Indonesia. Kota di Papua Barat ini kaya akan hasil tambang dan gas yang berlimpah. PDRB per kapitanya mencapai Rp457,93 juta.

3. Kediri, Jawa Timur

Kota di Jawa Timur ini menjadi kota terkaya ketiga karena memiliki industri pabrik berskala besar seperti Gudang Garam dengan PDRB per kapita Rp449, 23 juta.

4. Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau

Kepualauan Anambas merupakan kota penghasil gas dan minyak yang besar. Wilayah baru hasil pemekerasan di Kepulauan Riau ini memiliki PDRB per kapita mencapai Rp401, 86 juta.

5. Mimika, Papua

Mimika, Papua dikenal sebagai penghasil bahan tambang, seperti emas, perak, dan tembaga. PT Freeport adalah perusahaan tambang terbesar di Indonesia. Kota ini memiliki PDRB senilai Rp396,04 juta.

6. Kutai Timur, Kalimantan Timur

Wilayah Kutai Timur juga memiliki kekayaan alam yang berlimpah, salah satunya tambang batu bara yang terbesar di Indonesia, yang dikelola PT Bumi Resource Tbk. PDRB Kutai Timur adalah Rp347, 76 juta.

7. Kepulauan Seribu, DKI Jakarta

Kepulauan Seribu yang masih masuk dalam wilayah DKI Jakarta, memiliki PDRB per kapita Rp338,79 juta, yang didapat dari sektor pariwisatanya.

9. Bontang, Kalimantan Timur

Bontang kota terkaya di Indonesia urutan kesembilan memiliki PDRB per kapita Rp337, 95 juta. Sekarang menjadi kota industri paling penting di Kalimantan Timur, karena sebagai penggerak perekonomian.

9. Kepulauan Natuna, Kepulauan Riau

Kepulauan Natuna di Kepulauan Riau berada di kawasan Laut Cina Selatan, PDRB per kapita sebesar Rp274,20 juta yang di dapat dari sektor migas dan perikanan.

10 . Bengkalis, Riau

Kota Bengkalis memiliki letak yang strategis dan dilalui jalur perkapalan internasional menuju Selat Malaka.

Bengkalis mendapatkan sumber pendapatan terbesar dari sektor perkebunan dan migas, dengan PDRB perkapita senilai Rp263,8 juta.

Wah, ternyata banyak kota terkaya di Indonesia selain Jakarta ya. Hmm, kira-kira penduduknya memang sultan, orang tajir, dan crazy rich ya.

Sebelumnya, Rumah123.com juga sempat membahas mengenai kota ternyaman di Indonesia, kota terdingin di Indonesia, hingga kota terpanas di Indonesia.

Situs properti Rumah123.com selalu menghadirkan artikel dan tips menarik mengenai properti, desain, hukum, hingga gaya hidup.

Saatnya kamu memilih dan mencari properti terbaik untuk tempat tinggal atau investasi properti seperti Lugano Lake Park.

Bagikan:
928 kali