gunung di indonesia

Tertarik untuk naik gunung, tapi masih tergolong anak baru? Jangan khawatir, berikut ini ada beberapa gunung di Indonesia yang aman untuk pendaki pemula.

Kamu ingin bertualang di alam, misalnya ingin mendaki gunung? Namun, belum pernah sama sekali untuk melakukannya.

Tenang saja, ada sejumlah gunung di Indonesia yang bisa menjadi rekomendasi bagi para pendaki pemula.

Indonesia memiliki banyak sekali gunung, mulai dari yang mudah didaki hingga gunung tertinggi yang tentunya memerlukan keahlian khusus, gunung ini tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Banyak juga gunung di Indonesia yang bisa didaki. Namun, kamu perlu menyesuaikan tinggi gunung dengan kemampuan pendakian yang dimiliki.

Alih-alih ingin mendaki dan menikmati pemandangan indah di atas gunung, malah terjadi  hal-hal yang tidak diinginkan karena kelelahan, kedinginan, dan lainnya.

Nah, bagi kamu pendaki pemula, ada beberapa gunung di Indonesia yang bisa coba untuk didaki yang terletak di pulau Jawa.

Rekomendasi Gunung di Indonesia untuk Pendaki Pemula

Buat kamu yang baru memiliki hobi mendaki dan ingin ke salah satu gunung di pulau Jawa, berikut beberapa gunung yang aman didaki bagi pemula yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Gunung Nglanggeran

Rekomendasi pertaama nama gunung di Indonesia beserta lokasinya yang aman untuk pemula adalah Gunung Nglanggeran dengan ketinggian 700 mdpl (meter di atas permukaan laut).

Gunung yang terletak di Yogyakarta ini memiliki jalur yang landai dan jalan setapak dari batu, sehingga cocok untuk pemula.

2. Gunung Pancar

Gunung di Indonesia yang bisa didaki untuk pemula lainnya adalah gunung Pancar di Sentul, Bogor, Jawa Barat dengan 800 mdpl.

Untuk mendaki gunung Pancar kamu tidak perlu banyak persiapan, karena track yang mudah serta banyak terdapat fasilitas seperti berkuda dan bersepeda.

3. Gunung Munara

Gunung Munara berlokasi di kawasan Bogor, Jawa Barat dengan ketinggian 1.119 mdpl. Bagi pemula, salah satu gunung di Indonesia ini cocok untuk pemula.

Namun, kamu harus tetap berhati-hati, masalahnya saat memasuki kawasan puncak, medan gunung Munara cukup terjal.

4. Gunung Andong

Gunung Andong terletak di Magelang, Jawa Tengah yang terkenal sebagai salah satu gunung yang ramah bagi pemula, dan memiliki ketinggian 1.726 mdpl.

Kamu bisa menaklukan gunung Andong hanya dalam waktu 2 jam, tetapi waktu tersebut tergantung kecepatan mendaki, ya.

5. Gunung Kencana

Gunung di Indonesia selanjutnya adalah, gunung Kencana dengan ketinggian 1.796 mdpl yang berada di wilayah Bogor, Jawa Barat.

Memiliki jalur yang landai dan ramah bagi pendaki pemula, gunung ini menyuguhkan pemandangan kebun teh sepanjang jalur.

6. Gunung Panderman

Gunung yang memiliki ketinggian 2.045 mdpl ini, terletak di kota Batu, Jawa Timur dan menjadi rekomendasi selanjutnya.

Bagi kamu yang pemula, jalur pendakian gunung Panderman cukup landai dan mulus, hingga hampir tidak ada rintangan sama sekali.

7. Gunung Ungaran

Gunung yang berada di Semarang, Jawa Tengah dan dengan ketinggian 2.050 mdpl, memiliki tiga puncak, yaitu Gendol, Botak, dan Ungaran.

Kamu bisa melihat kota Semarang dari puncak Ungaran, dan juga menyaksikan Gunung Sumbing, Telomoyo, Merbabu, Merapi Sumbing dan Sindoro.

8. Gunung Papandayan

Kamu pasti tertarik mendaki gunung Papandayan yang terletak di Garut, Jawa Barat ini. Memiliki ketinggian 2.329 mdpl, Papandayan memiliki jalur yang landai dan pemandangan yang cantik luar biasa.

Salah satu spot favorit Papandayan adalah pemandangan hutan mati yang indah, serta kebun bunga edelweis yang cantik.

9. Gunung Bromo

Selain sebagai tempat wisata, Gunung Bromo di Jawa Timur termasuk dalam 10 nama gunung di Indonesia yang aman didaki bagi pemula.

Memiliki ketinggian 2.329 mdpl, Bromo termasuk dalam kawasan Taman Nasional Tengger Semeru dengan segala keindahannya.

10. Gunung Ijen

Terletak di kota Banyuwangi, Gunung Ijen menjadi 5 nama gunung di Indonesia yang direkomendasikan bagi pemula.

Memiliki tinggi 2.443 mdpl, Gunung Ijen sangat populer dengan blue fire-nya dan kawah belerang yang cantik. Dijamin gak akan menyesal, deh.

Wah, kalau kamu memang ingin mendaki gunung pertama kalinya, sederetan gunung di Indonesia ini bisa menjadi rekomendasi.

By the way, Indonesia memiliki banyak gunung berapi lo, tentunya kamu harus paham bagaimana mitigasi bencana dan menyelamatkan diri.

Rumah123.com pernah membahas mengenai mitos Danau Ranu Kumbolo di Gunung Semeru, Jawa Timur. Kamu harus tahu lo.

Situs properti Rumah123.com selalu menghadirkan artikel dan tips menarik mengenai properti, desain, hukum, hingga gaya hidup.

Saatnya kamu memilih dan mencari properti terbaik untuk tempat tinggal atau investasi properti seperti Cimanggis Golf Estate.

Bagikan:
363 kali