doa keluar masjid

Sebagai umat muslim tentu kamu perlu mengetahui doa masuk masjid serta doa keluar masjid beserta artinya, plus adab ketika masuk dan keluar masjid.

Salat di masjid merupakan salah satu anjuran bagi umat muslim dalam menjalankan ibadah, baik salat wajib maupun sunah lainnya.

Tidak hanya itu, masjid juga bisa menjadi tempat untuk membaca Al Quran hingga mengadakan kajian, bisa digunakan untuk berbagai kegiatan keagamaan.

Sebagai rumah ibadah bagi muslim, tentu kamu perlu mengetahui adab apa saja yang perlu dilakukan ketika datang ke masjid.

Salah satu yang penting adalah membaca doa masuk masjid dan doa keluar masjid, yang merupakan pujian atau sholawat untuk Nabi Muhammad SAW dan keluarganya.

Tidak hanya itu, dengan doa tersebut kamu juga bisa memohon perlindungan Allah dari segala keburukan dan memohon ampun dari dosa yang telah diperbuat.

Bacaan Doa Masuk Masjid dan Doa Keluar Masjid

Dilansir dari berbagai sumber, berikut bacaan doa masuk masjid beserta artinya yang bisa kamu hapalkan ketika berkunjung ke masjid.

Sebelum memasuki masjid, disarankan untuk melangkahkan kaki kanan terlebih dahulu. Jadi, saat melangkah sambil membaca doa masuk masjid.

doa keluar masjid

Doa Masuk Masuk Masjid

A’udzu billahil ‘azhim wa biwajhihil karim wa sulthanihil qadim minas syaithanir rajim

Bismillahi wal hamdulillah, Allahumma shalli wa sallim ‘ala sayyidina muhammadin wa ‘ala ali sayyidinna muhammadin

Allahummaghfirli dzunubi waftahli abwaba rahmatik.

Artinya:

“Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Besar, kepada Dzat-Nya Yang Maha Mulia, dan kepada kerajaan-Nya Yang Sedia dari setan yang terlontar.

Dengan nama Allah dan segala puji bagi Allah. Hai Tuhanku, berilah shalawat dan sejahtera atas Sayyidina Muhammad dan atas keluarga Sayyidina Muhammad.

Hai Tuhanku, ampuni untukku segala dosaku. Bukalah bagiku segala pintu rahmat-Mu.”

Doa Keluar Masjid

Bacaan doa keluar masjid ini berisi permohonan perlindungan dari segala keburukan dan mapunan atas dosa-dosa kepada Allah.

Saat membaca doa ini, dibarengi dengan langkah kaki kiri untuk keluar masjid, berikut doanya:

A ‘udzu billahil ‘azhim wa biwajhihil karim wa sulthanihil qadim minas syaithanir rajim.

Bismillahi wal hamdulillah. Allahumma shalli wa sallim ‘ala sayyidina muhammadin wa ‘ala ali sayyidina muhammadin.

Allahummaghfirli dzunubi waftahli abwaba fadhlik.

Artinya:

“Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Besar, kepada Dzat-Nya Yang Maha Mulia, dan kepada kerajaan-Nya Yang Sedia dari setan yang terlontar.

Dengan nama Allah dan segala puji bagi Allah. Hai Tuhanku, berilah shalawat dan sejahtera atas Sayyidina Muhammad dan atas keluarga Sayyidina Muhammad.

Hai Tuhanku, ampuni untukku segala dosaku. Bukakanlah bagiku segala pintu kemurahan-Mu.”

Doa masuk masjid

Adab yang Perlu Dilakukan Saat ke Masjid

Tidak hanya perlu mengetahui doa masuk masjid dan doa keluar masjid saja, namun kamu juga perlu tahu adab saat mengunjungi masjid.

Beberapa adab berikut dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan melakukan adab yang diajarkan kamu menghormati masjid sebagai rumah ibadah.

1. Ketika masuk masjid ada baiknya sudah dalam keadaan bersih dari hadas, najis, hingga kotoran apa pun.

2. Menggunakan pakaian yang sopan, bersih dan menutup aurat. Selain itu, diusahakan menggunakan pakaian polos tanpa gambar, karena dikhawatirkan dapat mengganggu kekhusyukan saat sholat.

3. Menggunakan wewangian (tidak berlebihan) dan menghindari mengonsumsi makanan yang beraroma tidak sedap sebelumnya, seperti petai, jengkol, bawang, dan sebagainya.

4. Gunakan kaki kanan untuk melangkah masuk ke dalam masjid sambil membaca doa masuk masjid.

5. Saat keluar masjid, dahulukan kaki kiri sambil membaca doa keluar masjid.

6. Berniat untuk itikaf atau berdiam diri di masjid untuk beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah.

7. Tidak mengotori masjid, seperti membuang sampah, meludah, membuang dahak, dan lainnya. selain itu, dilarang untuk orang yang junub berdiam di masjid.

Sebagian pandangan ulama menyebutkan, bahwa wanita yang sedang haid atau nifas dilarang melintas di masjid.

Namun, ada pula pandangan yang memperbolehkan asal tidak mengotori/darah haid atau nifas tidak tercecer.

8. Jaga sikap dengan baik, tidak berkata kasar, berteriak, berbicara, atau sibuk bermain ponsel ketika di dalam masjid.

Itulah beberapa adab ketika mengunjungi masjid yang disertai dengan doa masuk masjid dan doa keluar masjid dan artinya. Semoga berguna.

Jangan lupa membaca artikel Rumah123.com untuk mendapatkan berita, tips, atau panduan yang menarik mengenai properti, desain, hukum, hingga gaya hidup.

Saatnya kamu memilih dan mencari properti terbaik untuk tempat tinggal atau investasi properti seperti Suncity Residence.

Bagikan:
1136 kali