istana cipanas

Salah satu istana kepresidenan Indonesia yaitu Istana Cipanas ternyata merupakan bekas rumah peristirahatan Gubernur Jenderal Belanda.

Sejarah Istana Cipanas memang sudah terbilang lama, sejak era penjajahan Belanda, kebetulan istana ini dibangun pada abad ke-18.

Pada 1742, Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Gustaaf Willem Van Imhoff melakukan ekspedisi ke kawasan Priangan (saat ini Jawa Barat).

Sebelumnya, dia sudah mencapai Buiten zorg (sekarang Bogor). Kawasan yang menjadi favorit orang Belanda lantaran berhawa sejuk.

Setelah itu, Van Imhoff sampai di Cisarua, Puncak, dan juga Cipanas. Dia langsung jatuh cinta pada kawasan ini dan berencana untuk membangun rumah peristirahatan.

Dia membuat sketsa sendiri rumah peristirahatan yang terinspirasi dari rumah musim panas di Eropa dengan memadukan arsitektur tropis. Rumah ini memadukan material kayu dan besi.

Pada 1746, rumah peristirahatan ini selesai dibangun. Van Imhoff sendiri meninggal di rumah ini pada 1750 setelah sakit selama dua bulan.

Istana Cipanas Menjadi Tempat Pernikahan Putra Presiden Susilo Bambang Yudhoyono

Rumah peristirahatan ini kemudian menjadi tempat liburan bagi segelintir Gubernur Jenderal Hindia Belanda. Mereka lebih memilih berlibur di Bogor yang lebih dekat.

Setelah Indonesia merdeka, sejumlah presiden juga menggunakan bangunan yang dikenal sebagai Istana Cipanas ini sebagai tempat peristirahatan.

Namun, para wakil presiden di era Presiden Soeharto yang lebih sering memakai istana ini untuk rehat sejenak.

Presiden Soekarno sering berada di istana ini untuk menulis pidato. Sementara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menikahkan putra keduanya, Edhie Baskoro Yudhoyono di istana ini pada 2011 lalu.

Istana Cipanas ini memang berfungsi seperti halnya di era penjajahan Belanda yaitu sebagai rumah peristirahatan petinggi negara. Istana ini jarang digunakan sebagai ajang pertemuan formal.

Hmm, ngomong-ngomong kalau kamu melewati kawasan Cipanas, jangan lupa untuk mampir ke sini ya biar kamu tahu seperti apa Istana Cipanas.

Jangan lupa membaca artikel Rumah123.com untuk mendapatkan berita, tips, atau panduan yang menarik mengenai properti, desain, hukum, hingga gaya hidup.

Saatnya kamu memilih dan mencari properti terbaik untuk tempat tinggal atau investasi properti seperti Kota Deltamas.

Bagikan:
3134 kali