OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Tol Simpang Indralaya-Prabumulih Siap Beroperasi Menjelang Mudik Lebaran. Percepat Waktu Perjalanan!

21 Februari 2023 · 3 min read Author: Shafira Chairunnisa

tol simpang indralaya-prabumulih

Pemerintah mengebut pengerjaan beragam jalan tol menjelang lebaran tahun 2023. Salah satu proyek yang berhasil diselesaikan adalah tol Simpang Indralaya-Prabumulih di Sumatera.

Tingginya jumlah kendaraan di berbagai daerah Indonesia menjelang mudik lebaran membuat pemerintah kerap membangun jalan tol.

Dengan adanya jalan tol, perjalanan mudik bisa menjadi lebih cepat dan teratur sehingga kemacetan berkurang.

Salah satu proyek jalan tol yang dikabarkan akan selesai pada lebaran 2023 adalah Tol Simpang Indralaya-Prabumulih di Sumatera.

Simak berita selengkapnya terkait pembangunan infrastruktur ini di bawah ini!

Penyelesaian Pembangunan Tol Simpang Indralaya-Prabumulih

pembangunan tol simpang indralaya-prabumulih

sumber: kabarbumn.com

Melansir dari kompas.com, PT Hutama Karya (Persero) akan mengoperasikan Jalan Tol Simpang Indralaya-Muara Enim Seksi 1 Simpang Indralaya-Prabumulih.

Berdasarkan pernyataan dari Direktur Operasi III Hutama Karya, Koentjoro, pembangunan kini sudah hampir selesai dengan pencapaian 90,38 persen.

Koentojoro pun turut menyebutkan progress tol lainnya di Sumatera, seperti Tol Sigli-Banda Aceh (Sibanceh) Seksi 5 Blang Bintang-Kuro Baro dan Seksi 6 Kuro Baro-Simpang Baitussalam.

Kedua proyek ini kini sudah mencapai 97,97 persen serta 85,05 persen pembangunan.

“Sementara progres pembebasan lahan dari ketiga ruas ini rata-rata sudah mencapai lebih dari 97 persen. Sehingga, diperkirakan bisa selesai tepat waktu,” ujar Koentjoro, melansir dari kompas.com, Jumat (17/2/2023).

Berbeda dengan Tol Simpang Indralaya-Prabumulih yang bisa beroperasi menjelang mudik lebaran, Tol Sibanceh Seksi 5 dan 6 bisa dioperasikan setelah Sertifikat Laik Operasi (SLO) diterbitkan.

“Jika seksi 5 dan 6 sudah mengantongi SLO, maka Hutama Karya dapat mendukung arahan dari regulator untuk mengoperasionalkan jalan tol ini saat mudik Lebaran mendatang,” jelasnya.

Pelaksanaan Tahap Uji Laik Fungsi

pengerjaan tol simpang indralaya-prabumulih

sumber: mediaindonesia.com

Tahap Uji Laik Fungsi (ULF) penting dilakukan untuk memastikan semua spesifikasi teknis persyaratan dan fasilitas perlengkap jalan terpenuhi dengan baik.

Jalan harus sesuai dengan standar ketentuan serta kriteria yang telah berlaku, terutama pada aspek keamanan lalu lintas pengendara tol.

Setelah pengerjaan dan hasil evaluasi ULF selesai, maka SLO bisa terbit dan menjadi tanda jalan tol bisa dioperasikan untuk umum.

Perseroan sendiri telah mencatat bahwa ada lebih dari 2,6 juta kendaraan melintasi Jalan Tol Trans Sumatera (JTSS) pada mudik lebaran tahun lalu.

Hal ini membuat perusahaan dan pemerintah berkomitmen untuk memberi pelayanan terbaik pada pengendara jalan, khususnya pada mudik lebaran 2023.

Dengan adanya penambahan jalur tol yang bisa dilewati, diharapkan pengendara bisa mudik dengan aman, lancar, dan cepat tanpa harus takut celaka atau terkena macet.

***

Cek terus artikel seputar properti hanya di artikel.rumah123.com.

Akses laman Google News rumah123 sekarang juga untuk dapatkan artikel informatif lainnya!

Sedang mencari hunian impian seperti Mutiara Pancoran Mas di Pancoran Mas, Depok?

Cari pilihan rumah modern terbaik hanya di Rumah123.com, karena kami selalu #AdaBuatKamu.


Tag: , , , ,


Shafira Chairunnisa

Content Writer

Lulusan Hubungan Internasional di Universitas Katolik Parahyangan dan pernah bekerja sebagai jurnalis di media nasional. Sekarang fokus menulis tentang properti, gaya hidup, desain, dan politik luar negeri. Senang bermain game di waktu senggang.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA