OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Inspirasi dan Semangat Ciputra Group: Mencipta Kota, Merajut Kehidupan

04 Januari 2024 · 4 min read Author: Elmi Rahmatika

ciputra grup 1

Ciputra Group merupakan pengembang properti ternama yang sudah membangun banyak proyek di berbagai daerah Indonesia.

Bukan hanya sebagai pengembang properti saja, Ciputra Group kini dikenal sebagai grup usaha yang sudah berdiri lebih dari 40 tahun.

Tokoh utama di balik hadirnya Ciputra Group ialah mendiang Dr. (HC) Ir. Ciputra beserta keluarga.

Terlebih, almarhum Ciputra menjadi salah satu tokoh properti yang sangat penting di Indonesia karena berhasil mendirikan Real Estate Indonesia (REI) dan berperan besar dalam lahirnya sejumlah korporasi besar, seperti Grup Jaya dan Grup Metropolitan.

Sebagai salah satu grup usaha ternama di Indonesia, Ciputra Group mempunyai prinsip “Mencipta Kota, Merajut kehidupan.”

Prinsip tersebut kemudian didasarkan pada tiga nilai yang meliputi integritas, profesionalisme, dan entrepreneurship.

Alhasil, berbagai proyek yang dibuat pembangunannya berkelanjutan bagi masyarakat sekitar dan ikut aktif berkontribusi dalam kemajuan bangsa.

Pada saat ini, Ciputra Group memiliki bisnis utama sebagai pengembang properti berskala besar.

Seiring waktu, perusahaan tersebut telah berhasil memperluas bisnisnya ke berbagai sektor usaha yang rinciannya sebagai berikut:

  • Gedung perkantoran
  • Pusat perbelanjaan
  • Hotel
  • Apartemen
  • Fasilitas rekreasi
  • Fasilitas pendidikan
  • Fasilitas kesehatan
  • Asuransi
  • Pusat kesenian
  • Broker properti

Tak pelak, luasnya bisnis menjadikan Ciputra Group sebagai grup usaha terbesar sekaligus terdiversifikasi dari segi produk, lokasi, geografis, dan segmentasi pasar.

Visi dan Misi Perusahaan

ciputra grup 3

Lalu, apa visi dan misi perusahaan Ciputra Group?

Visi perusahaan adalah mengembangkan sebuah grup bisnis properti dengan semangat unggul dan penuh inovasi sehingga menciptakan nilai tambah dalam menyediakan kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat dan memberikan kemakmuran dan kesejahteraan bagi para pemangku kepentingan.

Sementara misinya menjadi yang terdepan dalam bisnis properti dengan menjadi yang paling unggul, profesional dan menguntungkan sehingga menjadi pilihan pertama bagi para konsumen serta menjadi tempat kerja yang paling menarik dan menantang bagi para karyawan.

Kemudian Ciputra Group ingin menjadi tempat investasi yang paling menguntungkan bagi para pemegang saham/investor dan mendukung program pemerintah dalam menciptakan lowongan kerja bagi masyarakat berumur produktif yang terus menerus memiliki keinginan untuk berinovasi dan memajukan Indonesia.

Lintas Waktu Proyek Ciputra Group sampai Saat Ini

ciputra grup 2

Karya atau proyek pertama Ciputra Group lahir tahun 1984 tatkala membangun CitraGarden City Jakarta.

Sampai saat ini, CitraGarden City Jakarta sudah diperluas menjadi sebuah township yang berkelanjutan.

Bukan proyek yang biasa saja, CitraGarden City Jakarta dibangun dengan ragam fasilitas mumpuni dan terbaik.

Beberapa fasilitas tersebut misalnya terdapat area komersial yang luas, rekreasi, pengolahan air, family club, fasilitas olahraga, ruang pertemuan, pasar tradisional dan modern, sekolah, serta tentunya fasilitas kesehatan.

Kemudian memasuki tahun 1990, PT Citra Habitat Indonesia mengubah nama menjadi PT Ciputra Development.

Keberhasilan dalam membangun CitraGarden City Jakarta melecut semangat untuk menggarap proyek perumahan berskala kota pertama di Surabaya.

Lalu lahirlah CitraLand Surabaya dan proyek komersial pertama Mal dan Hotel Ciputra pada tahun 1993.

Satu tahun berikutnya, tepatnya pada 1994, PT Ciputra Development melakukan penawaran umum perdana sehingga tercatat di Bursa Efek Jakarta.

Pada tahun yang sama, CitraRaya Tangerang resmi diluncurkan yang berstatus sebagai proyek berskala kota terbesar dengan luas 2.760 hektare.

Di tahun 1996, Ciputra Group resmi melakukan ekspansi bisnis untuk proyek luar negeri pertamanya yakni Ciputra Hanoi International City di Kota Hanoi, Vietnam, sebuah township terintegrasi dengan luas 301 hektar.

Tak cukup sampai di sana, pada tahun 2004 Ciputra Group mengembangkan bisnis ke luar Pulau Jawa lewat proyek CitraLand Banjarmasin di Kalimantan.

Satu tahun berselang atau pada 2005, Ciputra Group berekspansi ke Sumatera dengan membangun proyek CitraGarden Bandar Lampung.

Pengembangan bisnis ke luar Pulau Jawa juga ditandai dengan lahirnya proyek CitraLand Celebes Makassar di Sulawesi, pada tahun 2009.

Tidak hanya properti, Ciputra Group pada tahun 2011 membangun health care dengan mengoperasikan proyek Ciputra Hospital CitraRaya Tengerang. Lalu di tahun 2014, Ciputra Group kembali melakukan ekspansi bisnis ke luar negeri, dengan mengembangkan proyek Grand Shenyang International City, di Kota Shenyang, China.

Berikutnya pada tahun 2015, Ciputra Group melakukan terobosan mutakhir dalam teknik pengembangan reklamasi dengan proyek CitraLand City Losari Makassar.

Semangat Entrepreneurship

Cita-cita para pendiri dalam menyebarkan semangat entrepreneurship karena ingin mendorong lahirnya entrepreneur-entrepreneur baru di Indonesia dibuktikan dengan membangun Universitas Ciputra.

Universitas Ciputra merupakan lembaga akademik pertama yang dibangun dengan fokus pada pendidikan entrepreneurship.

Semangat itu pun terpancar dengan lahirnya 15 sekolah mulai dari taman kanak-kanak, sekolah dasar, sekolah menengah pertama, dan sekolah menengah atas.

Semua lembaga pendidikan tersebut berbasis kurikulum entrepreneurship secara terpadu.

***

Semoga bermanfaat, Property People.

Simak ulasan lainnya di artikel.rumah123.com.

Pantau perkembangan informasi terbaru di Google News dari Rumah123.

Temukan listing properti terbaik hanya di Rumah123.com karena kami selalu #AdaBuatKamu.

Cek sekarang juga!


Tag: ,


Elmi Rahmatika

Content Jr. Manager

Lulusan Sastra Inggris Universitas Pendidikan Indonesia yang suka menulis seputar gaya hidup dan sastra remeh-temeh. Sejak 2019 bergelut di dunia properti dan penulisan konten SEO di 99 Group. Di waktu senggang senang baca apa saja dan jalan-jalan.
Selengkapnya