The Manor di Los Angeles, Amerika Serikat (Rumah123/Daily Mail)

Rumah mewah ini bernama The Manor. Rumah ini berada di Holmby Hills, Los Angeles, California, Amerika Serikat.

Mau tahu berapa jumlah kamarnya? Ada 123 ruangan. Rumah dua lantai ini memiliki luas 5.200 meter persegi dan berdiri di atas lahan seluas 1,9 hektare. Rumah ini menjadi rumah pribadi paling luas di Los Angeles County.

Baca juga: Miliarder Termuda AS Jual Rumah Mewah, Mau Lihat Kayak Apa?

The Manor memiliki desain arsitektur ala kastil Prancis. Mendiang produser film Aaron Spelling membangun rumah ini pada 1988.

Spelling adalah produser yang merilis sejumlah film televisi top pada era 1980-an dan 1990-an seperti Dynasty, Charlie's Angels, The Love Boat, Fantasy Island, Beverly Hills 90210, dan Charmed.

Baca juga: Presenter Jay Leno Beli Rumah Mewah, Wah Kayak Apa Ya?

Biro arsitek James Langenheim & Associates mendesain rumah mewah ini. Pembangunan rumah ini menghabiskan biaya 12 juta dollar AS (Rp161 miliar).

Rumah ini memiliki basement alias ruang bawah tanah dan juga ruangan antara lantai dua dan bagian atap. Sementara fasilitas yang ada di rumah ini sungguh luar biasa.

Baca juga: Wow, Mewahnya Istana Putra Mahkota Arab Saudi, Paling Mahal di Dunia Lho!

Rumah ini memiliki ruang menonton yang luas, ruang bermain boling, tiga ruangan untuk membungkus hadiah, dua garasi yang masing-masing bisa menampung empat mobil, lapangan tenis, kolam renang, carport yang bisa memuat 16 mobil, serta lahan parkir yang bisa menampung 100 mobil.

Saat masih dimiliki oleh Spelling, istrinya Candy, memiliki satu ruangan khusus. Apa isinya? Hanya untuk koleksi boneka dan juga 400 figurine (boneka karakter).

Baca juga: Kayak Apa Sih Rumah Mewah Juragan Alibaba Jack Ma?

Spelling meninggal dalam usia 83 tahun pada 23 Juni 2006 akibat stroke. Rumah ini dijual oleh Candy pada 2009 dengan harga 150 juta dollar AS (Rp2 triliun). Saat itu, The Manor menjadi rumah termahal yang dijual di AS.

Pada Juli 2011, rumah ini terjual kepada sosialita berusia 23 tahun, Petra Ecclestone dengan harga 85 juta dollar AS (Rp1,1 triliun). Dia merupakan putri Bernie Ecclestone, bos dari Formula One.

Baca juga: Rumah Mewah Ini Pernah Jadi Kediaman Bos Reebok, Mau Lihat?

Rumah ini sempat masuk daftar jual pada Juli 2014 dengan harga 150 juta dollar AS (Rp2 triliun). Akhir 2016, rumah jual rumah ini naik menjadi 200 juta dollar AS (Rp2,6 triliun).

Pada Februari 2017, Jay Z dan Beyonce sempat melihat rumah ini. Kabarnya, pasangan penyanyi ini sedang mencari rumah baru.

Baca juga: Sssttt, Begini Cara Bikin Rumah Kamu Mirip Hotel Mewah

Hmm, rumah mewah dengan 123 kamar? Kalau main petak umpet, bakal ketemu nggak ya? Kalau ketemu kayaknya butuh waktu seminggu tuh.

Bagikan: 633 kali