OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Proyek Strategis Nasional yang sedang Dikerjakan saat Ini. Dari Bendungan hingga Jalan Tol!

01 Nopember 2023 · 3 min read Author: Shafira Chairunnisa

proyek strategis nasional

sumber: setkab.go.id

Meski sudah di penghujung masa pemerintahan Jokowi, ternyata pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) masih tetap dikerjakan. Simak apa saja proyek yang sedang dibangun di sini!

Melansir dari Indonesia.go.id, PT Waskita Karya masih terus melanjutkan pembangunan PSN yang belum selesai.

Ada cukup banyak pembangunan yang masih perlu dikerjakan, yakni enam bendungan, sembilan tol, proyek rentang irrigation modernization, proyek SPAM Regional Umbalan Jatim, dan proyek upgrading smelter Inalum.

Proyek tersebut kini memiliki progress yang beragam, ada yang hampir selesai dan ada yang baru saja dimulai.

Simak penjelasan terkait pembangunan Proyek Strategis Nasional Indonesia di bawah ini!

Progres Pembangunan Proyek Strategis Nasional

proyek strategis nasional jalan tol

sumber: bpjt.pu.go.id

Menurut Indonesia.go.id, sebagian Proyek Strategis Nasional telah mencapai 90 persen, tetapi ada pula yang baru mencapai 20 persen pada Oktober 2023.

Menurut SVP Corporate Secretary Waskita Karya Ermy Puspa Yunita, per tanggal 15 Oktober 2023, proyek PSN Bendungan telah mencapai:

  • Bendungan Temef paket 4: 83,6 persen
  • Bendungan Jlantah: 76,91 persen
  • Bendungan Rukoh paket 2: 66,79 persen
  • Bendungan Bener paket 2: 40,77 persen
  • Bendungan Jragug paket 1: 35,19 persen
  • Bendungan Rukoh: 20,63 persen

Proyek bendungan tersebut tetap dikerjakan agar nantinya dapat memenuhi suplai air kebutuhan rumah tangga dan industri, menunjang pembangunan listrik tenaga air, menghasilkan air baku, dan mengatasi banjir.

Sementara itu, proyek pembangunan tol rata-rata telah mencapai 90 persen.

Proyek yang sudah selesai adalah Tol Ciawi-Sukabumi seksi 2 yang telah diresmikan Jokowi, kemudian ada tol Cibitung-Cilincing seksi 2 yang telah capai 99,41 persen.

Di lain sisi, ada pula pembangunan tol dengan progress paling lambat adalah Tol KAPB paket II seksi 2 yang telah mencapai 56,12 persen.

Terakhir ada PSN upgrading smelter Inalum (94,90 persen), proyek rentang irrigation modernization (80,66 persen), dan proyek SPAM Regional Umbulan Jatim (82,43 persen).

“Melalui pengerjaan PSN, Waskita Karya turut mendorong pertumbuhan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja demi mendukung pembangunan Indonesia Sentris menuju Indonesia Maju 2045,” ujar Ermy melansir dari Indonesia.go.id, Rabu (1/11/2023).

PSN Telah Mencapai 70 Persen dari Keseluruhan Target

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, mengatakan dari 125 Proyek Strategis Nasional yang telah ditetapkan, per Juli 2023 pemerintah telah menyelesaikan 87 PSN atau 70 persen dari keseluruhan target.

Diharapkan pada akhir 2023, 24 proyek PSN lainnya dapat diselesaikan, termasuk pembangunan Kawasan Industri Terpadu Batang.

“Infrastruktur memegang peran dan kontribusi dalam rangka pertumbuhan negara kita. Tidak hanya menekan biaya logistik dan meningkatkan daya saing bangsa, tetapi juga untuk pemerataan pembangunan dan keadilan sosial,” kata Basuki, melansir dari Indonesia.go.id, Rabu (1/11/2023).

***

Semoga ulasannya bermanfaat, ya.

Yuk, dapatkan informasi beragam topik hanya di laman artikel.rumah123.com.

Untuk memperoleh berita terbaru, follow Google News Rumah123.com!

Jika sedang mencari rumah berbagai tipe dan harga yang sesuai kebutuhan, akses saja Rumah123.com.

Ya, kini mencari properti semakin mudah karena kami selalu #AdaBuatKamu.


Tag: , , , ,


Shafira Chairunnisa

Content Writer

Lulusan Hubungan Internasional di Universitas Katolik Parahyangan dan pernah bekerja sebagai jurnalis di media nasional. Sekarang fokus menulis tentang properti, gaya hidup, desain, dan politik luar negeri. Senang bermain game di waktu senggang.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA