OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

7 Contoh Pidato Singkat 3 Paragraf Berbagai Topik. Lengkap!

08 Januari 2024 · 8 min read Author: Gadis Saktika · Editor: M. Iqbal

pidato singkat 3 paragraf

pidato singkat 3 paragraf | sumber: shutterstock.com

Membuat pidato singkat 3 paragraf memang tidak mudah karena kamu perlu memasukkan materi yang detail pada tulisan singkat. Namun begitu, kamu tetap bisa kok membuatnya dengan cara mengikuti contoh pidato singkat pada artikel ini!

Sebagai karya tulis sekaligus lisan, pidato kerap dibuat untuk memberikan pesan atau makna tertentu pada audiensnya.

Menurut Tasai pada penelitian Analisis Teks Pidato Mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia yang ditulis Nugroho (2018), pidato adalah salah satu wujud kegiatan berbahasa lisan yang memerlukan ekspresi gagasan dan penalaran.

Pembuatannya pun perlu didukung oleh aspek nonbahasa seperti ekspresi, wajah, kontak, pandang dan intonasi.

Biasanya, karya tulis ini memuat beberapa gagasan yang sesuai dengan tema sehingga bentuknya bisa panjang.

Namun, ada juga yang membuat pidato dalam kurang dari 5 paragraf yang pembahasannya bisa singkat, padat, dan jelas.

Seperti deretan contoh pidato singkat 3 paragraf berikut ini, meski dibuat dengan pendek, pembahasannya bisa disampaikan dengan mendetail, lo.

Adapun contoh tersebut bisa kamu lihat pada uraian berikut.

7 Contoh Pidato Singkat 3 Paragraf Berbagai Topik

pidato singkat 3 paragraf

sumber: unsplash.com

1. Contoh Pidato Singkat 3 Paragraf tentang Pendidikan

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Salam sejahtera bagi kita semua.Pada kesempatan yang baik ini, saya ingin mengajak kita semua untuk merenungkan kembali arti penting pendidikan. Pendidikan adalah kunci kemajuan suatu bangsa. Tanpa pendidikan, mustahil suatu bangsa dapat mencapai kesejahteraan dan kemakmuran. Pendidikan tidak hanya mengajarkan kita tentang ilmu pengetahuan, tetapi juga mengajarkan kita tentang nilai-nilai moral dan budi pekerti. Dengan pendidikan, kita dapat menjadi manusia yang berilmu, berakhlak mulia, dan berdaya saing.

Di Indonesia, pendidikan merupakan hak dasar setiap warga negara. Setiap anak berhak untuk mendapatkan pendidikan yang layak, tanpa memandang latar belakang sosial ekonominya. Pemerintah telah berupaya untuk meningkatkan akses pendidikan bagi seluruh masyarakat, tetapi masih banyak tantangan yang harus dihadapi. Oleh karena itu, kita semua perlu berperan aktif dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Kita dapat melakukannya dengan mendukung program-program pendidikan yang digulirkan pemerintah, serta dengan memberikan teladan yang baik bagi anak-anak kita.

Marilah kita bersama-sama berkomitmen untuk memajukan pendidikan di Indonesia. Dengan pendidikan yang berkualitas, kita dapat membangun bangsa yang maju dan sejahtera. Sekian pidato singkat ini. Semoga bermanfaat.

2. Contoh Pidato Singkat 3 Paragraf tentang Narkoba

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Yang terhormat Bapak/Ibu Guru,

Yang saya hormati Bapak/Ibu Wali Murid,

Dan yang saya banggakan para siswa-siswi sekalian,

Pada kesempatan yang baik ini, saya ingin menyampaikan pidato tentang bahaya narkoba. Narkoba adalah singkatan dari narkotika, psikotropika, dan obat terlarang. Narkoba adalah zat atau obat yang dapat mempengaruhi kondisi fisik dan psikis seseorang. Narkoba dapat menyebabkan ketergantungan dan dapat merusak kesehatan, baik fisik maupun mental.

Dampak narkoba sangatlah buruk. Narkoba dapat menyebabkan berbagai penyakit, seperti HIV/AIDS, hepatitis, dan kanker. Narkoba juga dapat menyebabkan gangguan mental, seperti halusinasi, delusi, dan gangguan jiwa. Selain itu, narkoba juga dapat menyebabkan berbagai masalah sosial, seperti kriminalitas, kekerasan, dan perceraian. Oleh karena itu, kita harus menjauhi narkoba. Jangan sekali-kali mencoba narkoba, karena narkoba adalah jalan menuju kehancuran.

Mari kita bersama-sama memerangi narkoba. Kita harus memberikan edukasi tentang bahaya narkoba kepada masyarakat, khususnya kepada generasi muda. Kita juga harus meningkatkan pengawasan terhadap peredaran narkoba. Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat.

Sekian dan terima kasih.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

3. Contoh Pidato Singkat 3 Paragraf tentang Kebersihan

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Bapak/Ibu guru yang saya hormati, serta teman-teman sekalian yang saya cintai.

Pada kesempatan yang baik ini, saya ingin menyampaikan pidato tentang kebersihan. Kebersihan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Kebersihan tidak hanya berkaitan dengan kebersihan diri, tetapi juga kebersihan lingkungan. Kebersihan diri sangat penting untuk menjaga kesehatan kita. Dengan tubuh yang bersih, kita akan terhindar dari berbagai penyakit.

Kebersihan lingkungan juga penting untuk menjaga lingkungan agar tetap sehat dan nyaman. Lingkungan yang bersih akan membuat kita merasa nyaman dan betah. Oleh karena itu, marilah kita bersama-sama menjaga kebersihan diri dan lingkungan kita. Beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk menjaga kebersihan diri antara lain, mandi secara teratur, mencuci tangan sebelum makan dan setelah menggunakan toilet, dan memakai pakaian yang bersih. 

Marilah kita mulai dari diri kita sendiri untuk menjaga kebersihan. Dengan menjaga kebersihan, kita dapat menciptakan lingkungan yang sehat dan nyaman untuk kita dan generasi mendatang.

Sekian pidato dari saya, semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

4. Contoh Pidato Singkat 3 Paragraf tentang Bullying

Selamat pagi, para hadirin yang terhormat. Saya berdiri di sini untuk berbicara tentang sebuah isu yang sangat serius dan merugikan, yaitu bullying. Bullying adalah perilaku negatif yang dapat merusak mental dan emosional seseorang. Ini bukan hanya masalah di sekolah, tetapi juga terjadi di berbagai lapisan masyarakat. Saat kita menyaksikan atau mengalami bullying, kita seharusnya tidak hanya menjadi penonton bisu, melainkan bersuara dan berdiri untuk membantu mereka yang menjadi korban.

Bullying memiliki dampak jangka panjang pada kesehatan mental dan kehidupan sosial individu yang terkena dampaknya. Anak-anak dan remaja yang mengalami bullying cenderung mengalami penurunan kepercayaan diri, depresi, dan bahkan dapat berdampak pada prestasi akademis mereka. Oleh karena itu, kita perlu bersama-sama berkomitmen untuk menciptakan lingkungan yang aman dan mendukung, di mana setiap individu dihargai dan dihormati tanpa memandang perbedaan.

Penting bagi kita semua untuk menjadi bagian dari solusi dan bukan bagian dari masalah. Pendidikan tentang bullying, empati, dan mengajarkan nilai-nilai toleransi merupakan langkah awal untuk mengatasi masalah ini. Mari kita bersama-sama mendidik generasi mendatang untuk menjadi pribadi yang penuh kasih sayang, menghargai perbedaan, dan berusaha menciptakan lingkungan yang bebas dari rasa takut dan intimidasi. Terima kasih.

5. Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 3 Paragraf 

pidato singkat 3 paragraf

sumber: unsplash.com

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Yang terhormat Bapak/Ibu Kepala Sekolah, Bapak/Ibu guru, serta teman-teman kelas 6 yang saya cintai. Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah Swt., yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua. Sehingga kita dapat berkumpul di sini dalam keadaan sehat wal afiat. Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya mewakili teman-teman kelas 6 ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak/Ibu guru yang telah membimbing dan mendidik kami selama enam tahun di sekolah ini.

Terima kasih atas ilmu pengetahuan yang telah diberikan kepada kami. Terima kasih atas segala bimbingan dan arahan yang telah diberikan kepada kami. Terima kasih juga atas teguran yang diberikan kepada kami, karena itu adalah bentuk kasih sayang Bapak/Ibu guru kepada kami. Kami juga ingin mengucapkan terima kasih kepada teman-teman kelas 6 yang telah menjadi sahabat kami selama enam tahun ini. Terima kasih atas kebersamaan dan dukungannya selama ini.

Perpisahan ini bukanlah akhir dari segalanya. Semoga kita semua dapat tetap menjaga tali silaturahmi ini. Semoga kita semua dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dan meraih cita-cita yang kita inginkan. Sekian pidato yang dapat saya sampaikan. Terima kasih atas perhatiannya.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

6. Contoh Pidato Singkat 3 Paragraf Bahasa Indonesia

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Salam sejahtera bagi kita semua. Pada kesempatan ini, saya ingin menyampaikan pidato singkat mengenai pentingnya menjaga kesehatan. Kesehatan adalah aset berharga yang perlu kita rawat dengan baik agar dapat menjalani kehidupan dengan penuh produktivitas.

Pertama-tama, kita perlu memahami bahwa menjaga kesehatan bukanlah hanya tanggung jawab pribadi, tetapi juga tanggung jawab bersama. Kebiasaan hidup sehat seperti pola makan yang seimbang, olahraga teratur, dan istirahat yang cukup merupakan langkah awal untuk mencegah berbagai penyakit. Melibatkan diri dalam kegiatan fisik dan memilih makanan bergizi adalah investasi jangka panjang bagi tubuh kita.

Kedua, penting untuk memiliki kesadaran diri tentang kesehatan mental. Kehidupan yang serba cepat dan stresor sehari-hari dapat berdampak negatif pada kesejahteraan jiwa. Oleh karena itu, menjaga kesehatan mental menjadi hal yang tak kalah pentingnya. Mencari dukungan dari keluarga, teman, atau profesional kesehatan mental bisa menjadi langkah bijak untuk mengatasi tekanan hidup. Semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

7. Contoh Pidato Singkat 3 Paragraf tentang Agama

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah Swt., yang telah memberikan kita nikmat iman dan Islam. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad saw., keluarga, dan para sahabatnya.

Hadirin sekalian, agama adalah pedoman hidup bagi umat manusia. Agama mengajarkan kita tentang kebaikan, kebenaran, dan moralitas. Agama juga mengajarkan kita tentang cara hidup yang harmonis dan damai. Dalam kehidupan sehari-hari, agama dapat memberikan kita banyak manfaat. Agama dapat menjadi sumber kekuatan dan ketenangan bagi kita. Agama juga dapat membantu kita untuk menghindari perbuatan-perbuatan yang buruk.

Oleh karena itu, marilah kita senantiasa mengimani agama kita masing-masing. Marilah kita mengamalkan ajaran-ajaran agama kita dalam kehidupan sehari-hari. Dengan mengamalkan ajaran agama, kita akan menjadi manusia yang lebih baik. Kita akan hidup dalam kedamaian dan kebahagiaan. Semoga Allah Swt. senantiasa membimbing kita untuk menjadi umat yang beriman dan bertakwa. Akhir kata, saya ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

***

Semoga bermanfaat, Property People.

Temukan informasi menarik lainnya, seperti contoh pidato tentang bullying di Berita.99.co.

Jangan lupa mengikuti Google News dari Berita 99.co Indonesia untuk mendapat informasi terbaru.

Mendapatkan rekomendasi rumah atau menjual rumah di www.99.co/id kini makin mudah #SegampangItu.


Tag: , ,


Gadis Saktika

Content Writer

Gadis Saktika adalah Content Writer di 99 Group yang sudah berkarier sebagai penulis dan wartawan sejak tahun 2019. Lulusan Bahasa dan Sastra Indonesia UPI ini senang menulis tentang etnolinguistik, politik, HAM, gaya hidup, properti, dan arsitektur.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA