OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

11 Perusahaan Malaysia Minat Investasi di IKN, Ini Daftar Lengkapnya!

12 Januari 2023 · 3 min read Author: Nik Nik Fadlah

Perusahaan Malaysia Minat Investasi di IKN

Bukan hanya Korsel saja, sejumlah perusahaan Malaysia ini juga tertarik untuk berinvestasi di IKN dan telah menyerahkan surat kerja sama. Apa saja daftarnya?

Ibu Kota Nusantara (IKN) menjadi magnet baru bagi kalangan investor. 

Setelah sebelumnya, Korea Selatan (Korsel) menawarkan minat untuk membangun proyek transportasi canggih di IKN, kali ini Malaysia juga mengikuti jejak Korsel berinvestasi di ibu kota baru. 

Pihak Malaysia sendiri telah menekan surat ketertarikan atau Letter of Intent (LOI) pada beberapa waktu lalu dan disambut baik oleh Otorita IKN (OIKN). 

Adapun, LOI ini diajukan oleh sebelas perusahaan asal Malaysia.

Lantas, apa saja perusahaan Malaysia yang tertarik untuk berinvestasi di IKN?

11 Perusahaan Malaysia Berminat Investasi di IKN

perusahaan malaysia berinvestasi di ikn

Sumber: Asiatoday.id

Berdasarkan data yang dihimpun dari berbagai sumber, sebelas perusahaan yang berkomitmen untuk berinvestasi di IKN di antaranya adalah Tenaga Nasional Berhad hingga Pharmaniaga Berhad.

Kemudian Carsome, Boustead Properties Berhad, Berjaya Corporation Berhad, Protasco Berhad (HCM engineering), Protasco Berhad (i2 Energy), serta Reneuco Berhad.

Selanjutnya, Olympic Cable Company (OSK Group), Success Electronics & Transformer Manufacturer Sdn. Bhd (SETM), dan Alliance MEP (Sarawak) Sdn. Bhd.

Kepala Otorita IKN (OIKN) Bambang Susantono mengatakan, OIKN akan menindaklanjuti LOI tersebut dengan segera. 

Setelah menerima LOI, OIKN akan memberikan jawaban dengan melampirkan beberapa dokumen, termasuk Surat Perjanjian Kerahasiaan (Non-disclosure Agreement/NDA).

“Setelah NDA ditandatangani, OIKN akan memberikan data pendukung dan data teknis kepada calon investor,” kata Bambang dikutip dari laman Liputan6.com. 

Presiden Jokowi dan PM Malaysia Hadiri Serah Terima LOI

serah terima loi dari pihak malaysia

Sumber: Nna.jp

Pada Senin (09/01/2023), Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim menyaksikan serat terima LOI investor Malaysia di Istana Kepresidenan Bogor. 

Adapun, LOI tersebut diserahkan oleh Menteri Perindustrian dan Perdagangan Internasional Malaysia, Tengku Zafrul bin Tengku Abdul Aziz kepada Bambang Susantono. 

Presiden Jokowi sendiri menyambut niat baik pihak Malaysia dalam membangun ibu kota negara baru. 

“Sebelas Letter of Intent  (LoI) telah ditandatangani oleh sektor swasta Malaysia dan diserahkan kepada Otoritas IKN yang bergerak di bidang elektronik, kesehatan, pengelolaan limbah, konstruksi, dan properti,” ujar Jokowi dikutip dari Bisnis.com.

Dengan adanya serat terima LOI dari investor Malaysia, hingga saat ini sudah ada sekitar 71 investor yang telah menyerahkan surat ketertarikan.

Tiga di antaranya bahkan sudah mendapatkan Surat Izin Prakasa Proyek (SIPP) dari pemerintah.

***

Itulah informasi mengenai sebelas perusahaan Malaysia yang tertarik dengan IKN. 

Bagaimana tanggapan Property People terkait hal ini?

Temukan informasi menarik lainnya seputar IKN hanya di artikel.rumah123.com.

Jangan lupa juga untuk terus mengikuti akun Google News kami agar tak ketinggalan berita terbaru, ya.

Sedang mencari hunian dengan lokasi strategis seperti di Jakarta Garden City?

Yuk, cari tahu selengkapnya di Rumah123.com dan wujudkan kemudahan untuk memiliki hunian impian karena kami selalu #AdaBuatKamu.


Tag: ,


Nik Nik Fadlah

Content Writer

Lulusan Ilmu Komunikasi Universitas Pasundan yang kini menjadi penulis di Rumah123 dan Berita 99. Memiliki pengalaman menulis di bidang kesehatan, gaya hidup, fashion, teknologi, pendidikan, hingga properti. Hobi membuat digital collage art.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA