OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Pembangunan Infrastruktur IKN Gencar, Beberapa Perusahaan Swasta Siap Membantu

03 Juli 2023 · 2 min read Author: Samala Mahadi

pembangunan ikn perusahaan swasta

sumber: detik.com

Pembangunan infrastruktur di ibu kota baru semakin lancar setelah pemerintah melibatkan sektor swasta dalam pembangunan IKN. Berikut berita selengkapnya!

Belum lama ini, pemerintah mengeluarkan kebijakan soal keterlibatan perusahaan swasta dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

Tujuan utamanya adalah sebagai proyek stratetis yang bisa mendukung kemajuan pembangunan serta mempersiapkan modal IKN di masa depan.

Selain itu, melansir dari okezone.com, pemerintah juga berharap keterlibatan perusahaan swasta bisa mewujudkan pemerataan ekonomi, keadilan sosial, serta pembangunan berwawasan lingkungan.

Salah satu perusahaan swasta yang turut membantu pembangunan IKN adalah Lippo Group.

Perusahaan Swasta Tertarik Membantu Pembangunan Infrastruktur IKN

pembangunan ikn

sumber: pu.go.id

Melalui keterangan tertulisnya, Direktur Eksekutif Lippo Group, John Riady, mengemukakan ketertarikannya untuk berkontribusi dalam pembangunan IKN.

“Pembangunan IKN berorientasi kepentingan jangka panjang. Saya pastikan Lippo Group akan berkontribusi dalam pembangunan IKN. Memang, ada banyak suara skeptis, tapi Lippo telah berkomitmen untuk berperan aktif dalam program jangka panjang ini,” kata John, seperti dilansir dari Sindonews, Senin (3/7/2023).

Rencananya, Lippo Group akan membantu membangun infrastruktur pendidikan dan kesehatan di IKN.

Melansir sumber yang sama, keputusan ini ditempuh Lippo Group setelah melihat konsistensi pemerintahan Jokowi dalam mengeksekusi pembangunan ibu kota negara baru.

“Pemerintah juga menjamin kelanjutan proyek IKN. Presiden juga telah meneken Peraturan Pemerintah Nomor 6/2023 tentang Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran yang berlaku sejak Februari 2023. Mari kita dukung langkah strategis pemerintah,” lanjut John.

70 Perusahaan Swasta Ajukan Komitmen Investasi di IKN

Menurut pemberitaan industriproperti.com, sekitar 70 perusahaan swasta telah mengekspresikan ketertarikan mereka untuk berinvestasi di IKN.

Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono, menyatakan, beberapa perusahaan bahkan datang dari luar negeri.

“Ini termasuk 11 pernyataan dari perusahaan Malaysia yang baru-baru ini disampaikan pada kami di hadapan Presiden RI Joko Widodo dan Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim,” tegasnya.

Bambang juga menjelaskan bahwa pendidikan dan kesehatan bukan satu-satunya sektor yang mengundang banyak investor.

Beberapa sektor lain yang berpeluang menarik investor lokal dan mancanegara adalah industri, teknologi kota cerdas, transportasi futuristik, pertanian, serta energi baru.

Sektor-sektor di atas dipandang bisa membantu IKN menjadi pusat ekonomi baru di Indonesia.

***

Semoga bermanfaat ya, Property People!

Temukan panduan KPR dan artikel menarik lainnya di Google News Rumah123.

Jangan lupa tengok artikel.rumah123.com untuk menemukan berita terbaru seputar properti.

Pastikan juga membuka laman Rumah123.com untuk menemukan hunian impian.

Beli rumah jadi lebih mudah karena kami selalu #AdaBuatKamu!


Tag: ,


IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA