jakarta international stadium

Tidak hanya ada campur tangan Anies Baswedan dalam proyek Jakarta International Stadium, tapi 4 Gubernur lainnya pun ikut andil. Ini penjelasannya. 

Wah, ternyata pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) adalah proyek yang direncanakan 11 tahun yang lalu atau sekitar 1 dekade.

Wah, artinya ini bukan hanya megaproyek seorang Anies Baswedang. Jika mundur ke sebelas tahun yang lalu, itu berarti 4 gubernur sebelumnya pun ikut andil dalam perencanaannya.

Kelima gubernur tesebut adalah Fauzi Bowo (2007-2012), Joko Widodo (20212-2014), Basuki Tjahaja Purnama (2014-2015), Djarot Saiful Hidayat (2017-2017), hingga Anies Baswedan (2017-2022).

Jakarta International Stadium

Sejarah Perjalanan Jakarta International Stadium

Prasetyoadi, seorang Managing Director PDW Architects yang juga Anggota Green Building Council Indonesia (GBCI) mengatakan, bahwa pembangunan JIS ini melalui proses yang cukup panjang.

Tak kurang dari 11 tahun adalah perhitungan proses desain hingga konstruksi, dan ditargetkan akan diresmikan pada tahun 2022 mendatang.

Stadion yang memiliki anggaran sebesar Rp4,08 triliun, memiliki luas 221.000 meter persegi dengan menggunakan rumput hybrid turf pada lapangannya.

Dilansir dari laman Kompas.com, Prasetyoadi menambahkan pada 2010 lalu, JIS dirancang dengan kapasitas 50.000 orang, dilengkapi dengan track atletik, tidak beratap dan berada di tengah jalan.

Sedangkan tahun 2019, daya tampungnya ditambah menjadi 80.000 penonton. Hal ini sama dengan kapasitas Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Senayan.

Tidak hanya itu, atap JIS pun dibuat otomatis buka-tutup dan lokasi yang berubah dengan bergeser ke arah barat.

Perubahan lain pun terjadi di tahun 2011-2013, di mana hasil karya PDW Architects yang memenangkan kompetisi, mengalami pengembangan desain, terutama interior yang dirancang oleh PT Arkonin.

Hingga 5 tahun kemudian, keseluruhan desain stadion dirancang ulang beberapa pihak, PT Jakarta Konsultindo, PT Malmass Mira Teknik, Buro Hapold, Timmy Setiawan dan Muhammad Gotto Wibowo dan Reza Kaedy dari PDW Architects.

Beberapa Transportasi Publik yang Terhubung JIS

Perkembangan yang sudah memasuki tahap fasad atau atau rupa bangunan ini diproyeksikan akan selesai tak lama lagi.

Jakarta International Stadium dirancang ramah pejalan kaki yang terintegrasi dengan berbagai layanan transportasi publik.

Di tahap awal, rencananya Bus Transjakarta akan beroperasi. Selanjutnya, akan direncanakan kerjasama dengan PT KAI (Persero) dan PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek (MITJ).

Sedangkan untuk jangka panjang, JIS akan terintegrasi dengan MRT dan LRT. Tidak hanya itu, stadion ini juga memiiliki lahan parkir yang bisa menampung 800 mobil di parkir VIP dan VVIP.

Situs properti Rumah123.com selalu menghadirkan artikel dan tips menarik mengenai properti, desain, hukum, hingga gaya hidup.

Saatnya kamu memilih dan mencari properti terbaik untuk tempat tinggal atau investasi properti seperti Trevista Park.

Bagikan:
223 kali